Tiktok Tidak Bisa Login

Tiktok merupakan media paling laris untuk saat ini dan telah mengalahkan popularitas Instagram. Tiktok juga memiliki ratusan ribu pengguna aktif di seluruh belahan dunia manapun.

Selain itu aplikasi Tiktok paling banyak digemari anak-anak remaja hingga dewasa. Walaupun aplikasi Tiktok kepopulerannya tinggi, Tiktok juga sama dengan aplikasi jejaring sosial lainnya yang masih terdapat bug.

Bug tersebut terkadang membuat pengguna merasa tidak nyaman. Salah satu bug yang berhasil kami temui terletak pada halaman Login Tiktok. Jadi halaman tersebut tidak bisa digunakan untuk login, meskipun sudah memasukkan username dan password yang benar.

Nah untuk itulah kami berikan cara mengatasi tiktok tidak bisa login yang kami rangkum dari situs Teknohow:

#1. Hapus Cache dan Data Tiktok

Langkah pertama yang harus kalian lakukan untuk mengatasi tiktok tidak dapat login adalah menghapus cache dan data pada aplikasi tiktok. Aplikasi tiktok yang sudah lama kamu gunakan akan ada banyak file cache dan data menumpuk, hal ini dapat mengganggu kinerja aplikasi Tiktok.

Terkadang aplikasi tiktok kalian akan berhenti sendiri bahkan saat mau login pun tidak bisa. Untuk menghapus cache dan data tiktok, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka pada menu Pengaturan Android
  2. Kemudian pilih Manajemen Aplikasi
  3. Setelahnya cari dan ketuk pada aplikasi Tiktok
  4. Lanjutkan mengetuk opsi “Hapus Data” lalu pilih Yes
  5. Terus ketuk “Hapus Cache” lalu pilih Yes

Dengan menghapus data dan cache aplikasi Tiktok, maka aplikasi tersebut akan kembali pada kondisi awal. Sehingga masalah login yang tidak bisa tadi dapat teratasi.

Namun pembersihan data akan berdampak pada kehilangan pengaturan pada aplikasi Tiktok.

#2. Update Tiktok

Langkah kedua ini caranya sangat sederhana, kalian hanya perlu memperbarui aplikasi Tiktok. Pembaruan akan berlangsung menggunakan Playstore.

Aplikasi tiktok yang jarang diperbarui akan menyebabkan kerusakan pada bagian-bagian tertentu, contohnya seperti halaman login ini yang tidak bisa kalian gunakan.

Pada dasarnya pembaruan tiktok bertujuan untuk mengatasi kerusakan-kerusakan yang terjadi pada aplikasi sebelumnya. Sehingga saat kalian memperbarui Tiktoknya maka kerusakan tersebut akan hilang dan kalian pun bisa menikmati aplikasi Tiktok dengan nyaman.

Nah bagi yang belum tau cara memperbarui tiktoknya, berikut langkah-langkahnya:

  • Step #1: Buka Playstore
  • Step #2: Ketikkan “Tiktok” dikolom pencarian
  • Step #3: Ketuk tombol yang bertuliskan “Update”
  • Step #4: Tunggu proses download updatenya selesai
  • Step #5: Buka aplikasi Tiktok

Setelah membuka aplikasi tiktok, saatnya kalian memasukkan informasi login pada halaman Login di aplikasi Tiktoknya. Semoga berhasil login ya.

#3. Ganti Jaringan

Karena masalah utama ini terletak pada bagian halaman login dan halaman ini memerlukan koneksi internet, maka kalian dapat mengganti jaringan yang kalian gunakan.

Apabila kalian menggunakan Wifi, coba deh ganti ke jaringan seluler kalian. Apabila jaringan seluler aja masih belum bisa, mungkin saja karena faktor sinyal yang kurang kuat. Jadi membuat kalian harus mengganti simcard dan pindah ke provider lain yang jaringannya stabil serta kuat.

Untuk setiap jaringan didaerah kalian masing-masing tentu memiliki perbedaan dari daerah yang kami tinggali. Sementara itu kalian harus memastikan bahwa jaringan yang paling kuat yang mana terus membeli simcard dari provider tersebut.

#4. Memastikan Server Tiktok

Tiktok kan media jejaring sosial online yang membutuhkan server untuk berjalan dan bisa digunakan pengguna. Oleh karena itu kalian perlu memastikan terlebih dahulu bahwa server yang dipakai tiktok itu tidak bermasalah atau sedang Down time.

Sebainya periksa Down Time tiktok melalui situs https://downdetector.com/status/tiktok/. Disana akan ada statistik yang menunjukkan kinerja server Tiktok sedang mengalami gangguan atau tidak.

Cara menandainya adalah dengan cara melihat grafiknya menunjukkan keatas atau kebawah. Jika kebawah maka server tiktok sedang down time sedangkan keatas server tiktok tidak bermasalah.

Nah itulah tadi cara mengatasi tiktok tidak bisa login di hp, semoga bermanfaat.

Skip to toolbar