Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan

Memasuki musim hujan, ini tandanya setiap pemilik kendaraan harus mengetahui beberapa tips merawat mobil saat musim hujan. Yang terpenting, tips ini akan memberikan panduan bagi pemilik kendaraan untuk merawat mobilnya saat musim hujan.

Seperti yang Anda ketahui, mobil dan kendaraan lain sangat rentan terhadap air hujan.

Anda lagi cari toyota jogja? Yuk dapatkan kualitas maksimal harga toyota jogja murah pada tautan tersebut, silahkan bisa diklik saja.

Pasalnya, air hujan memiliki kandungan asam yang kemudian bercampur dengan partikel kotoran di jalan, serta sampah yang berserakan di jalan sehingga menyebabkan kerusakan pada mobil jika tidak dibersihkan.

Oleh karena itu, pemilik kendaraan harus rajin membersihkan mobilnya sesegera mungkin setelah digunakan, dan mengetahui beberapa tips merawat mobil saat musim hujan yang akan dibahas lengkap di artikel ini.

Tips Perawatan Mobil Saat Musim Hujan

Setelah pada pembahasan sebelumnya anda sudah mengetahui bahaya air hujan bagi mobil, maka pada pembahasan kali ini anda akan menemukan tips perawatan mobil saat hujan.

Yang penting, tips merawat mobil saat musim hujan sangat dibutuhkan, di antaranya:

Segera keringkan mobil

Tips perawatan mobil saat musim hujan pertama yaitu segera keringkan mobil segera setelah hujan.

Jangan biarkan air hujan mengering di dalam mobil. Sebab, hal itu bisa membuat mobil lebih cepat rusak, tepatnya pada lapisan pelindung mobil.

Selain itu, air hujan yang masih mengering di dalam mobil juga dapat menimbulkan efek jangka panjang berupa karat dan lumut pada lapisan cat.

Hal ini bisa terjadi, karena air hujan mengandung asam dan garam yang dapat merusak lapisan dan komponen mesin mobil.

Oleh karena itu, untuk mencegah hal tersebut terjadi, sebaiknya segera cuci mobil Anda dengan sampo mobil khusus hingga bersih, baru setelah mobil turun hujan.

Bersihkan kaca depan mobil secara teratur

Selanjutnya, Anda juga harus rutin membersihkan kaca depan mobil. Tips perawatan mobil saat hujan harus dilakukan, agar kaca depan mobil tetap bersih dan jernih.

Caranya dengan mengelap kaca depan mobil Anda, setelah digunakan atau saat hujan, dan AC tetap berjalan pada suhu yang sangat dingin saat hujan.

Sebab, akan membantu Anda membersihkan kaca depan, dari embun yang menempel di kaca akibat hujan.

Namun selain cara di atas, Anda juga bisa merawat kaca depan agar bening, dengan cara mengoleskan sampo kecil pada chamois yang lembab, lalu seka kaca searah.

Periksa komponen mesin

Komponen mesin menjadi salah satu hal yang tidak boleh dilupakan, sebagai tips perawatan mobil saat musim hujan.

Pasalnya, air hujan dapat dengan mudah masuk ke komponen mesin yang memiliki celah.

Jadi, sebaiknya periksa bagian-bagian mesin dan pastikan, jika tidak ada komponen mesin yang terganggu, segera setelah terkena air hujan.

Segera bersihkan karpet mobil

Langkah keempat adalah membersihkan karpet, karena tips merawat mobil saat musim hujan adalah suatu keharusan.

Bagaimana tidak, karena segera membersihkan karpet mobil dapat mencegah timbulnya jamur dan bau pada karpet.

Yang mana jamur dan bau tidak sedap biasanya muncul karena pengguna masuk ke dalam mobil saat hujan yang menyebabkan karpet menjadi basah, kotor kemudian lembab.

Untuk mencegah atau menangkal hal tersebut, Anda bisa meletakkan karpet ekstra yang berguna untuk menutupi lantai mobil agar tidak kotor, basah dan lembab yang menyebabkan berjamur.

Selain itu, Anda juga bisa mencuci karpet secara rutin, minimal seminggu sekali, untuk menjaga kebersihan karpet.

Semprotkan mobil dengan cairan silikon

Tips perawatan mobil saat musim hujan kelima, adalah menyemprot mobil dengan cairan silikon.

Bagi anda yang belum mengetahuinya, cairan silikon merupakan pelumas semprot karet khusus, yang berguna untuk melembabkan dan melumasi kaca serta pintu mobil.

Dengan menyemprot mobil dengan cairan silikon maka karet kaca akan lebih awet dan tidak mudah rusak.

Pasalnya, karet kaca yang sering terkena hujan dan panas cenderung lebih cepat rusak. Selain itu, air hujan tidak hanya dapat merusak eksterior mobil, tetapi juga interiornya.

Jadi, penyemprotan cairan silikon pada karet kaca mobil dapat membantu karet kaca lebih awet dan tahan lama.

Skip to toolbar