Cara Melindungi Kamera Anda dalam Cuaca Buruk

Cara Melindungi Kamera Anda dalam Cuaca Buruk, cuaca buruk seharusnya tidak menyurutkan Anda untuk menggunakan keterampilan fotografi Anda. Hujan dan angin dapat menambah dimensi yang menyenangkan untuk gambar apa pun. Berikut ini beberapa kiat untuk menjaga perlengkapan Anda tetap aman dalam kondisi yang tidak sehat.

Cara Melindungi Kamera

Cara Melindungi Kamera

Simpan baterai di saku atau sarung tangan hangat saat tidak digunakan. Ketika suhu turun, begitu juga umur baterai Anda. Hal itu cara melindungi kamera Anda agar tetap awet dan bagus. Sangat penting bahwa Anda menjaga baterai Anda hangat, dan hanya memasukkannya ke kamera Anda bila diperlukan. Bawa baterai cadangan. Sebab ketika baterai Anda saat ini mati. Nonaktifkan fokus otomatis yang memakan energi jika tidak diperlukan.

Kondisi Cuaca

Kondisi cuaca yang tidak dapat dijelaskan dapat meminta baterai independen, kamera manual sebagai pilihan terbaik. Bungkus kamera Anda dalam kantong plastik saat tidak digunakan. Satu masalah dengan cuaca dingin adalah kelembaban yang berlebihan di udara. Ini diperparah ketika bergerak dari kondisi dingin langsung ke kondisi hangat misalnya dari dingin di luar ke ruangan yang hangat.

Hasil kondensasi akan membuat kabut lensa Anda dan dapat merusak kamera Anda. Dengan menempatkan kamera Anda dalam kantong plastik sebelum memasuki ruangan yang hangat, Anda memastikan kelembaban mengembun pada tas daripada di kamera Anda. Jika Anda tidak memiliki kantong plastik, biarkan kamera Anda menjadi hangat secara perlahan. Biarkan di dalam ruangan yang tidak dipanaskan untuk pemanasan, atau alternatifnya, gunakan pengering rambut pada pengaturan sedang.

Bagi mereka yang menggunakan kamera film, majukan dan putar ulang film secara perlahan. Dalam kondisi dingin, memajukan dan memutar film dapat membangun tingkat listrik statis yang cukup untuk menciptakan percikan dalam kamera Anda, meninggalkan ‘sambaran petir’ di film Anda.

Bungkus Kamera

Bungkus kamera Anda dalam kantong plastik atau berinvestasi dalam pelapis hujan. Melindungi perlengkapan foto Anda dari hujan adalah masalah. Cukup membungkus kamera Anda dalam kantong plastik atau bahkan topi mandi biasa akan memungkinkan Anda untuk melihat tampilan melalui plastik dan mengoperasikan tombol yang biasa sambil menawarkan perlindungan dasar. Temukan bagian depan lensa ketika saatnya tiba untuk mengambil gambar. Sebagai alternatif, berinvestasi dalam pelapis hujan untuk fit yang lebih sesuai.

Tempatkan paket nasi atau sachet silika gel dalam kotak peralatan foto Anda. Beras atau gel silika akan menyerap uap air dari udara. Gunakan payung untuk melindungi peralatan Anda dari hujan. Jangan gunakan payung berwarna karena ini dapat mempengaruhi warna gambar Anda.

Bagaimana Cara Melindungi Kamera Anda dalam Cuaca Buruk?

Bersihkan Peralatan

Bersihkan peralatan dengan handuk setelah digunakan. Handuk sangat berharga untuk mengering setelah mandi hujan. Waspadai pantai berpasir dalam cuaca berangin. Jika pasir menemukan jalannya ke kamera Anda, itu bisa sangat merusak. Gunakan filter UV atau tudung lensa untuk melindungi lensa Anda dari pasir atau puing-puing yang lepas. Gunakan payung untuk bertindak sebagai kaca depan.

Baca Juga : http://student.blog.dinus.ac.id/fatku/2018/09/13/cara-membersihkan-sensor-kamera/

Jika Anda menggunakan tripod, timbang dengan sesuatu yang berat untuk mencegahnya terjungkal atau bergetar, seperti ransel. Menggunakan jaring yang diisi dengan batu yang longgar juga akan berhasil. Atau, bor lonjakan ke tanah dan pegang tripod ke bawah menggunakan tali. Ini akan tergantung pada jenis tanah dan ini akan melindungi kamera Anda. Nah inilah tips cara melindungi kamera Anda di cuaca buruk yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat

Skip to toolbar