Cara Membersihkan Sensor Kamera Digital Anda

Cara Membersihkan Sensor Kamera Digital Anda, pembersihan sensor kamera digital, jika Anda memaafkan permainan pun, adalah masalah “sensitif”. Dibutuhkan kesabaran dan pemahaman akan sifat halus dari sensor itu sendiri. Beberapa model kamera self-cleaning seperti beberapa yang dibuat oleh Canon melakukan pekerjaan yang baik dari “menghilangkan debu” atau setidaknya menjaga debu dari merusak gambar Anda.

Sensor Kamera digital

Putuskan apakah Anda ingin melakukan dry atau basah bersih. Pembersihan kering dapat dilakukan dengan perangkat bohlam seperti blower roket Giotto atau dengan sikat yang diisi statis & nbsp; seperti Arctic Butterfly dan kamera digital. Pembersihan sebaiknya dilakukan di ruangan yang bebas debu. Anda tidak perlu berada di ruangan dengan setelan putih seperti orang-orang yang bekerja pada chip komputer tetapi di ujung lain spektrum.

Tempat Terbaik

Jangan pergi ke luar saat berangin atau ke meja kopi Anda sementara anak-anak mengalami perang bantal di kamar.  Intinya, tempat terbaik mungkin di suatu tempat seperti meja ruang makan sementara tidak ada orang lain di sana dan rumah itu relatif bersih dan tenang. Di beberapa rumah kamar mandi juga merupakan tempat yang baik. Harus ada cahaya yang cukup. Anda akan dapat melihat debu pada sensor jika Anda memantulkan cahaya overhead dari permukaannya yang mengkilap.

Konsultasikan manual pemilik Anda untuk “mirror lockup”. Fungsi ini, sesuai namanya, akan mengunci cermin dari arah ketika Anda menekan tombol pelepas rana pada kamera Anda dan membiarkannya di sana sampai rana ditekan lagi.

Anda dapat memilih untuk menempatkan kamera Anda pada pengaturan “bohlam”. Ini memungkinkan cermin kamera untuk tetap berdiri sampai Anda memilih untuk menutupnya. Silakan baca panduan kamera Anda untuk mempelajari cara mengatur eksposur bulb. Kamera Nikon memiliki mirror-up untuk fungsi pembersihan yang merupakan cara terbaik untuk mengunci cermin Anda.

Sikat Statistik

Untuk dry clean pegang kamera di atas kepala Anda dan, berhati-hatilah untuk menjauhkan nosel dari sensor, hancurkan debu. Saat menggunakan sikat statis pastikan baterai sudah cukup diisi. Aktifkan dan berikan perangkat kesempatan untuk membangun muatan statis sebelum menyikat sensor Anda.

Jika bersih kering tidak menghapus semua puing-puing maka saatnya untuk membersihkan basah. Anda perlu menggunakan lap bebas serat, sering disebut sebagai “pec pad” dan cairan pembersih cepat kering. Bantalan Pec adalah 99,99% bantalan serat bebas yang non-abrasif dan tidak akan merusak atau menggores sensor Anda.

Bagaimana Cara Membersihkan Sensor Kamera Digital Anda?

Cairan Pembersih

Cairan pembersih umumnya berbasis metanol, mudah terbakar dan berbahaya sehingga Anda harus berhati-hati. Beberapa tempat bahkan tidak akan mengirimkan barang-barang ini melalui pos karena peraturan tentang pengiriman “bahan berbahaya”. Ada beberapa alternatif untuk produk berbasis metanol tetapi tidak begitu bagus.

Jika Anda akan bepergian dengan pesawat dengan cairan pembersih Anda, Anda mungkin memiliki masalah kecuali itu dalam kemasan aman / tidak beracun bersertifikat. Dalam semua kasus, gunakan produk-produk ini di area yang berventilasi baik, jangan menghirup uap dan tidak membawanya pada kulit, pakaian, atau perabotan apa pun.

Baca Juga : http://student.blog.dinus.ac.id/fatku/2018/09/13/cara-merawat-kamera-tetap-terjaga/

Anda harus mendapatkan tongkat Popsicle kayu atau pisau garpu plastik fleksibel, sendok, apa pun. Tidak masalah yang mana, karena Anda akan menggunakan ujung pegangan. Anda juga membutuhkan selotip untuk perawatan kamera digital. Anda akan menempatkan pec pad di tangan Anda dan letakkan pegangan ke tangan Anda di atasnya sehingga ujung pegangan (atau tongkat Popsicle) terletak di tengah pad.

Skip to toolbar