Perbedaan antara ERP & eWMS untuk Pergudangan Anda

Perbedaan antara ERP & eWMS untuk Pergudangan Anda! Dalam suatu perusahaan yang bergerak dibidang jual beli pasti mempunyai produk dalam jumlah tertentu yang siap untuk dijual. Untuk itu dibutuhkan lokasi khusus  dalam perusahaan untuk kegiatan keluar masuk barang dan untuk menyimpan produk tersebut yang disebut sebagai gudang.

Baca juga Artikel Lain di : http://student.blog.dinus.ac.id/fatku/

 eWMS untuk pergudangan, manajemen pergudangan

eWMS untuk pergudangan, manajemen pergudangan

Untuk menghindari terjadinya kekacauan saat melakukan aktivitas pergudangan, dibutuhkan suatu program yang akan mengatur segala kegiatan yang ada di dalam gudang. Kegiatan pergudangan tersebut meliputi pengepakan, pengiriman, penerimaan barang, penyimpanan, dan pengecekan fisik barang. Ada dua program yang bisa digunakan, yaitu ERP dan eWMS untuk mengatasi hal tersebut. Agar mengetahui perbedaan antara ERP dan eWMS, simak penjelasan di bawah ini.

ERP atau Enterprise Resource Planning adalah aplikasi yang digunakan untuk  mengawasi manajemen akun, manajemen produksi, serta manajemen bagian pengadaan barang. Sedangkan WMS (Warehouse Management System) adalah suatu program eWMS untuk pergudangan, manajemen pergudangan yang bertujuan mengontrol kelancaran segala aktivitas yang terjadi di dalam gudang.

ERP bertujuan untuk memastikan kelancaran arus informasi yang diperoleh antara rekening, administrasi dengan SDM dan bagian produksi. WMS sendiri diciptakan untuk menyediakan prosedur yang menyeluruh dalam hal pergudangan secara komputerisasi untuk menangani masalah penerimaan dan pengiriman barang. Selain itu WMS juga mengelola fasilitas penyimpanan, mengelola stok barang yang tersedia pada saat pengambilan, pengepakan dan pengiriman barang.

Manfaat yang diperoleh saat menggunakan WMS adalah, dengan adanya eWMS untuk pergudangan, manajemen pergudangan yang ada dalam suatu perusahaan bisa mempercepat proses transaksi, bisa mengetahui semua transaksi dan jumlah stok dengan cepat dan akurat setiap saat. Selain itu, dengan WMS bisa mengatur lokasi penyimpanan barang yang ada dalam gudang secara optimal hanya dengan menggunakan tool yang ada dalam sistem.

Sedangkan manfaat yang diperoleh dengan menggunakan ERP adalah adanya peningkatan dalam hal pengambilan keputusan dan tindakan yang diambil oleh manajemen. Selain itu juga melancarkan arus informasi antara berbagai departemen sehingga produktivitas mengalami peningkatan juga.

Dalam hal tampilan, pada ERP tampilannya lebih luas, tidak hanya untuk pelanggan dan penjualan saja yang ditampilkan. Tapi tampilan ERP mencakup keseluruhan bisnis yang dijalankan dalam suatu perusahaan. Berbeda dengan WMS yang hanya berkutat di sekitar kegiatan gudang saja.  eWMS untuk pergudangan, manajemen pergudangan yang tersedia tampilannya meliputi stok barang, transaksi dan surat jalan serta resi pengiriman barang.

Saat menggunakan ERP, suatu perusahaan bisa terbantu hampir disemua aspek bisnis perusahaan. Karena ERP bisa menstandarisasi proses bisnis itu sendiri mulai dari bagian pemasaran, penjualan, pengiriman, keuangan dan distribusi serta manajemen proyek sehingga mampu menyusun suatu informasi yang sangat berguna bagi perusahaan.

Dengan menggunakan WMS, suatu perusahaan bisa lebih mengoptimalkan tenaga kerja yang ada di bagian gudang. eWMS untuk pergudangan, manajemen pergudangan yang ada pada suatu gudang di perusahaan bisa mengurangi waktu proses pencarian barang sampai dengan pengecekan stok karena semua bisa dicek melalui WMS tanpa harus melihat data manual.

Area pergudangan yang berfungsi untuk menyimpan barang dalam waktu tertentu untuk didistribusikan ke suatu tempat berdasarkan permintaan pasti membutuhkan dokumen yang untuk mencatat dan mengarsipkannya. Dengan mengetahui perbedaan antara ERP & eWMS untuk pergudangan anda diharapkan agar tidak terjadi kekacauan pada saat ada barang yang masuk, keluar maupun saat pengecekan stok

Skip to toolbar