5 Ciri Kepribadian Sanguinis yang Populer

Sebagian dari Anda mungkin sudah mengetahui bahwa ada ahli psikologi yang membagi kepribadian manusia menjadi 4, salah satunya kepribadian sanguinis. Kepribadian ini kerap disebut sebagai kepribadian populer karena kemampuannya dalam hal persuasi dan menjadi pusat perhatian.

Seorang sanguinis juga sangat suka menjalin relasi dan senang berbicara. Nah, jadi apa saja ciri-ciri kepribadian ini?

Karakter yang dimiliki kepribadian sanguinis

Anda yang berada di sekitar orang dengan kepribadian sanguinis mungkin menyadari bahwa mereka sangat percaya diri dan penuh energi, tak heran bila para sanguinis menjadi demikian populer.

Di bawah ini beberapa karakter khas yang umumnya dimiliki oleh seorang sanguinis.

1. Senang bercerita dan didengarkan

Sepanjang hidup, Anda mungkin menemukan teman yang sekali mengungkapkan perasaannya. Jenis teman yang tidak sungkan menceritakan persoalan hidupnya, kepada orang asing sekalipun. Mungkin teman Anda memiliki kepribadian sanguinis.

Senang bercerita merupakan salah satu ciri sanguinis. Tak hanya itu, ketika bercerita, seorang sanguinis akan terlihat sangat antusias. Didengarkan dan menjadi pusat perhatian akan membuat sanguinis sangat gembira.

Karakter ini bisa menjadi dua sisi mata uang. Memberikan dampak positif sebab sanguinis dapat mengungkapkan gagasannya dengan mudah. Di sisi lain, mereka juga riskan terjebak untuk menjadi jumawa dan enggan mendengar pendapat orang lain.

2. Suka menjalin relasi

Ciri lain dari kepribadian sanguinis adalah suka menjalin relasi. Menjalin pertemanan merupakan hal yang sangat mudah bagi sanguinis. Mereka dapat berteman dengan siapa pun dari latar belakang apa pun.

Pembawaan mereka yang hangat mendukung hal ini. Orang mudah suka dan jatuh hati kepada seorang sanguinis, sehingga banyak sekali orang yang suka berteman dengannya.

Sayangnya, sanguinis cepat merasa bosan. Jika menurutnya sang lawan bicara kurang menarik, ia tak segan untuk beralih kepada orang lain. Pertimbangan yang transaksional seperti ini, membuat sanguinis mudah merasa kesepian meski memiliki banyak teman.

3. Hampir selalu optimis

Bila ada hal yang jarang sekali Anda lihat dari seseorang dengan kepribadian sanguinis, pastilah memandang sesuatu dengan pesimis. Sanguinis senang melihat segala hal dari sisi yang baik.

Bagi mereka, hidup merupakan pengalaman yang menyenangkan dan perlu dinikmati. Tidak heran, saat berada di samping sanguinis, Anda akan merasa hidup menjadi ringan dan mudah, sebab mereka memang sangat playful.

Cara pandang yang optimis ini membuat sanguinis sangat mudah beradaptasi. Mereka tidak mudah terkejut dengan berbagai perubahan. Dengan cara pandangnya yang optimis, mereka dapat segera menyesuaikan diri.

4. Mempunyai energi yang besar

Seorang sanguinis sangat suka terlibat di dalam kelompok, dibanding kegiatan yang sifatnya individual. Hal ini terkait dengan kesukaan mereka dalam menjalin relasi dan rasa ingin tahu yang tinggi.

Dalam rangka beraktivitas dalam kelompok, kadang sanguinis dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain atau bergantian menemui orang lain, dalam satu hari. Bagi kepribadian lain, hal tersebut pasti terlihat sangat melelahkan, namun sanguinis tidak merasakannya.

Kepribadian sanguinis diberikan semangat dan energi yang meluap. Mereka hampir selalu terlihat riang gembira dan seperti tidak memiliki rasa lelah.

5. Sangat impulsif

Impulsif merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sanguinis. Seseorang dengan kepribadian sanguinis sulit sekali mengendalikan keinginannya.

Sering kali mereka membuat keputusan yang mendadak, tanpa dipertimbangkan secara matang. Beberapa di antaranya, bahkan dapat merugikan diri mereka sendiri.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar