5 Gerakan Workout di Rumah agar Tubuh Tetap Sehat

Berolahraga setiap hari tidak hanya untuk menurunkan berat badan saja, tetapi juga membuat badan menjadi bugar dan sehat. Saat ini, tidak semua orang memiliki kesempatan untuk berolahraga di gym sehingga memiliki melakukan workout dirumah. Jika Anda melalukannya dengan benar dan konsisten, maka workout dirumah pun akan sama efektifnya dengan olahraga di gym.

Gerakan workout dirumah yang bisa Anda coba

Buat pemula, workout biasanya dilakukan sekitar 15 menit. Melakukan workout di rumah bisa membuat Anda lebih menghemat waktu dan biaya. Gerakan-gerakan yang dilakukan juga tidak sulit, namun pastikan Anda memiliki ruangan yang cukup untuk Latihan. Berikut berbagai gerakan workout dirumah yang bisa Anda coba:

  1. Stationary lunge

Saat melakukan gerakan workout ini, Anda harus berdiri dengan kaki kanan di depan. Pastikan telapak kaki kanan menapak di lantai, sementara jari-jari kiri menyentuh lantai dengan jinjit. Kemudian tekuk kedua lutut hingga lutut kiri menyentuh lantai, sementara itu lutut kanan sejajar dengan paha. Lalu, angkat kembali tubuh pada posisi awal dan ulangi gerakan itu dengan sisi kaki yang berbeda.

  • Bridge

Gerakan bridge ini dilakukan pada posisi berbaring telentang dengan kedua lutut yang ditekuk. Pastikan telapak kaki menapak pada lantai dan lengan berada di samping tubuh. Setelah itu, angkatlah bokong dan paha dengan menumpu pada kaki dan punggung. Lalu, turunkan kembali dan ulangi gerakan tersebut hingga beberapa kali.

  • Squat

Squat menjadi gerakan workout di rumah yang banyak dilakukan. Anda hanya perlu berada di posisi berdiri dengan jarak kaki selebar bahu dan lengan lurus ke depan. Kemudian, dorong bokong ke bawah hingga kedua lutut menekuk seolah-olah sedang duduk di kursi. Lalu, kembali pada posisi awal dan ulangi gerakan ini beberapa kali.

  • Push-up

Letakkan kedua telapak tangan dan jari-jari kaki pada lantai untuk menopang tubuh sehingga membentuk garis lurus dari kepala hingga kaki. Tekuklah siku untuk menurunkan tubuh ke lantai lalu dorong kembali ke atas dan ulangi gerakan ini beberapa kali.

  • Forearm plank

Posisikan diri Anda melakukan plank di mana kedua lengan kedua jari-jari kaki menempel pada lantai untuk menompang tubuh. Tubuh Anda pun harus membentuk garis lurus dari kepala hingga kaki. Selanjutnya, tekuk kedua lutut hingga menyentuh lantai, tapi pastikan punggung bagian bawah dan pinggul tidak turun. Tahan posisi ini selama 30 detik sampai 1 menit, dan ulangi beberapa kali.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar