Apa yang Mesti Dilakukan ketika Cinta Tidak Direstui?

Siapapun ingin hidup bersama pasangannya dengan restu dari orangtua. Namun, bukan rahasi jika banyak kasus cinta tidak direstui karena berbagai hal. Apakah Anda termasuk ke dalam kelompok pasangan yang saat ini sedang galau karena menanti restu yang tidak kunjung datang?

Tidak direstuinya suatu hubungan tentu bukan tanpa sebab. Namun, ketidaksetujuan orangtua terkait hubungan Anda dan pasangan juga bukan berarti menjadi akhir dari cerita Anda berdua. Banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk bisa memutuskan berjuang atau menyerah terkait hubungan yang sedang Anda jalani. 

Namun sebelum itu, ada beberapa hal yang mesti Anda tempuh untuk meyakinkan diri Anda bahwa cinta Anda harus diperjuangkan dengan ada atau tidaknya restu. Cobalah melakukan hal-hal di bawah dan temukan sendiri final dari kisah kasih Anda bersama pasangan.

  1. Cek Kembali Motivasi Hubungan 

Ceklah kembali motivasi hubungan Anda bersama pasangan. Apakah apa dan pasangan hanya senang bersama menghabiskan waktu tanpa memikirkan masa depan? Atau justru sebaliknya, Anda dan pasangan sangat serius untuk bisa menyatukan hubungan percintaan ke dalam bentuk rumah tangga. 

Jika Anda tidak memikirkan masa depan dengan si dia, tidak ada restu dari orangtua sangat mudah diterima dan dilakukan. Namun jika Anda ingin serius dan melanjutkan ke jenjang rumah tangga, berpikirlah bagaimana cara melunakkan hati orangtua agar memperoleh restu. 

  1. Benarkah Dia Adalah The One

Jika motivasi sudah diketahui, pahami pula arti kehadiran pasangan bagi Anda. Apakah Anda menganggap pasangan hanya sebagai teman untuk menghabiskan waktu bersenang-senang dan berbagai suka? Atau bisa jadi, Anda merasakan sosok belahan jiwa pada diri pasangan sehingga mau bersama dia dalam suka dan duka?

Jika Anda mengganggap pasangan adalah belahan jiwa atau the one, hubungan yang Anda jalin akan sangat kuat. Anda tidak hanya mau menerima kelebihannya, namun juga kekurangan. Yang Anda harapkan bukan hanya bersenang-senang dengannya, namun selalu ada dalam suka dan duka. Jika semua alasan itu ada pada pasangan Anda, jangan ragu untuk terus memperjuangkan dia. 

  1. Tanyakan Alasan Orangtua 

Orangtua Anda mungkin sudah mengungkapkan ketidaksetujuannya pada hubungan Anda pasangan. Namun, jangan terburu-buru memberontak. Pasti ada alasan kuat mengapa cinta tidak direstui orangtua. 

Berbagai hal dapat menjadi alasan ketidaksetujuan, mulai dari yang prinsip maupun tidak prinsip. Jika dasar penolakan orangtua karena alasan yang prinsipal, cobalah mempertimbangkan kembali hubungan Anda dan pasangan masih memungkinkan untuk dilanjutkan atau tidak. Namun jika dasar penolakan lebih kea rah ketidaksukaan terhadap sikap ataupun kondisi, Anda bisa mencoba berargumen mengenai hal tersebut dan berusaha memperjuangkan cinta Anda. 

  1. Dengarkan Pendapat Orang Lain 

Seringkali cinta membuat Anda buta dan tuli. Anda hanya menatap dan mendengar pasangan sehingga logika tidak bisa berjalan dengan baik. Karena itulah, ada baiknya Anda juga mencari pendapat dari orang lain jika terhadang cinta tidak direstui. Tentunya orang lain yang dimaksud di luar orangtua Anda. 

Pendapat orang lain bisa menjadi alasan netral untuk keberlanjutan hubungan Anda dan pasangan. Tanyakan kepada orang lain yang Anda percaya mengenai sehat tidaknya hubungan Anda dan memungkinkan tidaknya untuk dilanjutkan atau tidak. Orang dari luar yang tidak berada dalam hubungan bisa melihat lebih jelas mengenai hubungan yang Anda jalani dan bisa memberikan komentar yang lebih membuka mata. Dari situ, Anda bisa memperoleh pertimbangan yang matang terkait mau tidaknya hubungan tersebut dilanjutkan. 

*** 

Yang tidak boleh terlupa, tanyakan pula ke pasangan Anda apakah dia siap menjalani cinta tidak direstui? Apapun keputusan Anda mengenai nasib hubungan, semua akan sia-sia jika pasangan memiliki pandangan yang tidak sejalan. 

Skip to toolbar