Cara Mengatasi Badan Menggigil karena Demam

badan menggigil dapat disebabkan oleh berbagai faktor

Menggigil merupakan reaksi di mana otot mengalami kontraksi berulang agar suhu tubuh dapat meningkat. Reaksi badan menggigil ini terjadi saat tubuh mengalami kedinginan maupun infeksi. Menggigil dapat terjadi dengan atau tanpa demam. Kondisi tubuh yang menggigil tanpa demam dapat terjadi disebabkan oleh udara yang dingin, sedangkan menggigil yang disusul dengan demam dapat menjadi pertanda bahwa tubuh sedang melawan virus, plasmodium, atau bakteri yang sedang menyerang tubuh Anda.

Adapun beberapa kondisi gangguan kesehatan yang memiliki gejala menggigil antara lain adalah flu (influenza), meningitis, pneumonia, gangguan virus atau bakteri gastroenteritis, sinusitis, malaria, infeksi saluran kemih, dan radang tenggorokan.

Adapun beberapa penyebab badan menggigil adalah sebagai berikut:

1. Demam

Seseorang dikatakan mengalami demam bila suhu tubuhnya melebihi 37,7 derajat celcius. Demam sebenarnya bukanlah penyakit, melainkan mekanisme tubuh untuk melawan infeksi. Kondisi ini juga bisa terjadi saat organ tubuh Anda mengalami peradangan, atau ketika Anda mengalami reaksi alergi.

2. Hipoglikemia (gula darah rendah)

Rendahnya kadar gula darah dapat memengaruhi kinerja tubuh Anda dan membuat badan tiba-tiba menggigil. Ini merupakan respons tubuh yang lazim setelah Anda tidak makan dalam waktu lama atau bila tubuh tidak mampu mengelola gula darah dengan benar. Inilah mengapa penderita diabetes lebih sering mengalami badan menggigil, sebab tubuhnya tidak dapat menjaga kestabilan kadar gula dalam darah.

3. Pemberian bius setelah operasi

Meskipun belum diketahui penyebab pastinya, suhu tubuh Anda dapat menurun selama operasi berlangsung. Begitu operasi selesai dan Anda kembali sadar, tubuh Anda akan kembali menyesuaikan suhunya ke angka normal sehingga menimbulkan efek menggigil.

4. Efek samping konsumsi obat-obatan

Obat-obatan terkadang dapat menimbulkan efek samping, termasuk membuat badan tiba-tiba menggigil. Anda juga dapat mengalami hal ini saat mengonsumsi obat-obatan bebas, suplemen, produk herbal, bahkan obat-obatan yang telah diresepkan oleh dokter dengan dosis yang salah.

5. Hipotiroidisme

Hipotiroidisme ditandai dengan ketidakmampuan kelenjar tiroid untuk memproduksi hormon dalam jumlah yang diperlukan guna melangsungkan metabolisme tubuh. Kondisi ini dapat meningkatkan sensitivitas tubuh Anda terhadap suhu dingin sehingga membuat badan menggigil tiba-tiba.

Akan tetapi, menggigil bukanlah satu-satunya tanda hipotiroidisme. Gejala lainnya pun dapat muncul, seperti:

  • naiknya berat badan tanpa sebab yang jelas
  • wajah tampak membengkak
  • otot lemah, nyeri, atau kaku
  • kuku, kulit, dan rambut kering
  • timbulnya kecenderungan depresi
  • sembelit

Cara atasi badan menggigil

Badan menggigil biasanya terjadi karena adanya udara dingin yang menghampiri tubuh Anda. Guna mengatasinya, Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami. Seperti jahe yang diolah ke dalam bentuk minuman hangat. Jahe memiliki karakter yang panas dan sedikit pedas. Dengan karakter yang dimilikinya ini, jahe dipercaya dapat menghangatkan tubuh, dan membantu tubuh mengatasi kedinginan. Adapun manfaat jahe lainnya adalah untuk memperkuat tubuh setelah kehilangan darah, dan meningkatkan denyut nadi yang lemah dan lambat.

Jika menggigil yang terjadi pada Anda disertai dengan suhu tubuh menjadi hangat, Anda juga dapat mengonsumsi jahe. Jahe mengandung antibakteri yang dipercaya dapat membantu dalam meredakan demam, batuk, dan beberapa gejala umum lainnya. Anda dapat membuat minuman yang terbuat dari jahe di rumah seperti baik dalam bentuk minuman jahe panas atau dicampur dengan teh.

Bila menggigil disusul kemudian oleh demam, maka Anda juga bisa mengonsumsi teh dengan campuran Echinacea. Herba yang satu ini dipercaya dapat membantu tubuh menurunkan demam dan mengatasi infeksi dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Setelah itu, jika Anda merasa demam, ingatlah untuk mengonsumsi cukup air mineral. Minum air dapat membantu tubuh membuang racun atau kuman dari dalam tubuh. Selain itu, minum air dapat membantu Anda dalam mengembalikan fungsi tubuh secara perlahan dan mengatur suhu tubuh Anda.

Setelah beberapa cara mengatasi menggigil dan demam di atas, untuk mengatasi demam yang ringan cobalah untuk banyak-banyak beristirahat. Demam merupakan salah satu cara tubuh memberitahu bahwa tubuh Anda telah bekerja keras. Oleh karena itu, Anda memerlukan lebih banyak energi untuk melawan kuman yang masuk ke dalam tubuh.

Ketika tubuh Anda menggigil, cobalah untuk memerhatikan gejala lainnya yang muncul. Karena meski menggigil merupakan tanda bahwa tubuh Anda kedinginan, menggigil yang disertai gejala lain juga dapat menjadi tanda adanya penyakit yang mungkin lebih serius di dalam tubuh Anda. Disarankan untuk konsultasi ke dokter bila penanganan menggigil dan demam dengan cara di atas tidak membaik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar