Ciri-ciri Orang Bersifat Rendah Hati

Sifat rendah hati berarti bersikap sederhana terdahap peran diri sendiri, tidak melebih-lebihkan dan menganggap lebih hebat dari pada orang lain. Sayangnya, saat ini sifat rendah hati menjadi hal yang kian langka. Terlebih di area media sosial yang membentuk perilaku masyarakat yang ingin pamer segala hal dengan polesan tidak sesuai kenyataan. Semua orang memiliki sudut pandang, pemikiran dan sifat yang berbeda-beda.

sifat rendah hati

Nah, saat Anda dihadapkan dengan berbagai macam karakter seseorang, Anda tidak jarang akan mudah merasa nyaman dengan salah satunya. Seseorang dengan karakter rendah hati jelas akan bisa membaur dalam segala situasi dan lawan bicara. Berikut ciri-ciri orang yang bersifat rendah diri

  • Mampu terbuka pada sudut pandang orang lain
  • Anda akan menyadari saat berbuat kesalahan
  • Tidak menentang orang lain yang menentang Anda
  • Anda sering dianggap sebagai pemimpin di tempat kerja
  • Mampu berkompromi dengan orang lain maupun keadaan
  • Bisa memiliki hunungan dengan orang lain semua pandangan yang berbeda
  • Mampu menekan ego yang Anda miliki

Tips agar memiliki sifat rendah hati

  1. Sadar diri

Setiap orang di dunia ini adalah bagian dari alam semesta yang begitu besar. Ibaratnya, sadar diri bahwa Anda bukanlah pusat dari alam semesta. Dengan menanamkan pola pikir ini, seseorang tak akan lagi merasa paling penting atau egois dan semakin bisa menghargai keberadaan orang lain

  • Jangan mengharapkan apresiasi

Untuk menjadi rendah hati, seseorang sebaiknya berbicara sesedikit mungkin hal tentang dirinya. Dengan cara apapun, mulai dari pamer terang-terangan hingga humblebrag yaitu pamer yang dibungkus dengan kerendahan hati palsu. Dengan demikian, tak akan ada harapan untuk mendapat apresiasi atau pujian dari orang lain.

  • Jangan lelah meminta kritik

Ada kalanya seseorang merasa apa yang dikerjakannya sudah “sempurna” hanya karena tidak mendengar kritik atau masukan dari orang lain. Untuk mewujudkan sifat rendah hati, lakukan hal yang sebaliknya. Minta kritik atau masukan dari orang yang terdekat sekaligus jujur.

Jangan ragu menanyakan apakah Anda sudah rendah hati, apa kelemahan, dan apa yang perlu dilakukan agar menjadi sosok yang lebih empati. Dengan menanyakan hal-hal ini, bisa diketahui seberapa area yang bisa dikembangkan dari sifat yang dimiliki selama ini.

  • Jangan membela diri

Secara alami, ketika seseorang mendapatkan kritik atau masukan akan merespons dengan pembelaan diri. Tahan untuk tidak melakukan ini. Meski kritik atau masukan yang didengarkan tidak menyenangkan, cari waktu untuk menghadapinya sebagai momen untuk belajar dan bertumbuh.

Pahami betul bahwa untuk mewujudkan sifat rendah hati, perlu waktu dan usaha yang konsisten. Terbukalah untuk belajar dan menerima masukan dengan ikhlas. Merespons masukan dengan pembelaan diri justru tidak akan efektif.

  • Empati terhadap orang lain

Akar dari kerendahan hati adalah rasa empati terhadap orang lain. Ada dua bagian krusial dari rasa empati, yaitu kemampuan untuk melihat sesuatu lewat perspektif orang lain sekaligus menghormati keberadaan orang lain. Dengan membangun rasa empati, di saat yang sama sifat rendah hati akan terbentuk.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar