Manfaat Garam Inggris untuk Kesehatan yang Tidak Boleh Dilewatkan

Sudah pernah mendengar tentang garam inggris atau garam Epsom? Garam jenis ini ternyata telah banyak digunakan untuk relaksasi. Penggunaannya pun sederhana, Anda hanya perlu mencampur garam ke dalam bak mandi dengan air hangat, setelah itu Anda dapat memperoleh efek relaksasi dari berendam dengan garam inggris.

garam inggris

Garam inggris sekilas memiliki rupa yang sama dengan garam meja pada umumnya. Namun, garam ini bukan merupakan penyedap masakan, karena rasa yang dikandungnya pun adalah rasa pahit. Kandungan di dalam garam inggris antara lain magnesium dan sulfur yang dapat bermanfaat bagi tubuh.

Tidak hanya digunakan sebagai pelengkap ketika mandi berendam, garam inggris juga umumnya ditambahkan dalam aspirin atau obat pencahar.

Manfaat garam inggris untuk kesehatan

Telah dijelaskan, bahwa kandungan dalam garam inggris adalah magnesium dan sulfat. Ketika garam dilarutkan, maka partikel dari dua kandungan tersebut dapat diserap oleh kulit. Walaupun begitu, penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk membuktikan keefektifan manfaat dari garam inggris ini.

Ada pun manfaat garam inggris yang banyak dipercaya orang adalah:

  • Mengurangi stres

Kandungan magnesium di dalam garam inggris mampu meningkatkan neurotransmiter pada otak. Senyawa kimiawi tersebut kemudian dapat memengaruhi emosi seseorang. Tidak hanya itu, ia juga berperan untuk membantu agar tidur lebih nyenyak dan mengurangi stres.

  • Menghilangkan migrain

Migrain atau sakit kepala sebelah dapat menghambat kegiatan Anda sehari-hari. Salah satu cara untuk menghilangkannya adalah dengan berendam dalam air yang dicampur dengan garam inggris.

Garam ini dapat membantu untuk mengendurkan otot-otot di sekitar tulang tengkorak dan mampu memberikan efek rileks, sehingga sakit kepala akan hilang.

  • Mengatasi susah buang air besar

Sembelit akibat susah buang air besar dapat diatasi dengan mengonsumsi garam inggris. Walaupun begitu, Anda perlu untuk memerhatikan dosis pada kemasan. Tidak lupa, berkonsultasilah terlebih dulu dengan dokter jika ingin mengonsumsi garam ini.

  • Meredakan nyeri dan bengkak pada sendi

Bagi yang menderita penyakit asam urat atau rheumatoid arthritis, tentu familier dengan kondisi nyeri dan bengkak pada sendi.

Kandungan magnesium pada garam inggris dipercaya dapat membantu untuk membuang racun yang memicu rasa nyeri dan bengkak ini. Manfaat garam ini juga dapat diperoleh bagi yang mengalami nyeri otot setelah berolahraga.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar