Menu Sarapan Pengganti Manfaat Air Lemon Hangat

Manfaat air lemon hangat yang dapat memperlancar pencernaan sampai memperkuat imunitas tubuh membuat jenis minuman tersebut kerap menjadi pilihan banyak orang sebagai peneman sarapan. Namun, tidak jarang pula orang-orang yang yang menghindari mengonsumsi air lemon hangat dengan berbagai alasan, mulai dari memiliki penyakit maag dan kepercayaan terkait anggapan bahwa vitamin dalam lemon akan menghilang ketika dicampur air hangat. 

Jika Anda termasuk yang enggan megonsumsi air lemon, sebenarnya banyak pilihan lain yang bisa menggantikan manfaat air lemon hangat. Pasalnya, kunci khasiat dari lemon hangat adalah vitamin C. Artinya, dengan mengonsumsi vitamin C yang tinggi dari berbagai makanan dan minuman lain pun dapat memberikan khasiat yang tidak kalah hebat dengan air lemon hangat. 

Berikut ini adalah beberapa pilihan menu yang bisa Anda terapkan untuk menjadi pengganti air lemon hangat. Berbagai menu ini cocok menemani aktivitas makan pagi Anda sehingga ketika mengonsumsinya, Anda menjadi bersemangat dan sehat untuk menjalani tumpukan aktivitas harian. 

  1. Strawberi Milkshake 

Campuran susu dan buah stroberi sungguh akan membuat pagi Anda menjadi sangat menyenangkan. Campuran rasa manis dan asam berpadu lembut diserta manfaat yang tidak kalah hebat dibandingkan air lemon hangat. Pasalnya, stroberi mengandung antioksidan tinggi yang bisa menghindarkan Anda dari berbagai infeksi akibat virus maupun bakteri. Strober yang menjadi komponen utama minuman untuk sarapan Anda juga memiliki kandungan vitamin C yang bahkan lebih tinggi dari lemon!

  1. Jus Jambu Biji 

Jambu biji dengan daging berwarna merah akan sangat memberikan Anda khasiat menjalani hari yang sibuk. Pasalnya, jambu biji tunggal memiliki kandungan 126 miligram vitamin C untuk tiap buhanya. Artinya, satu buah jambu biji sudah bisa memenuhi kebutuhan vitamin C harian hingga 140 persen. Anda mungkin tidak terlalu suka menyantap langsung jambu biji karena ribet untuk memisahkan daging dan bijinya. Menjadikannya jus jambu biji menjadi pilihan yang terbaik untuk sarapan Anda. 

  1. Salad Brokoli 

Salad untuk pagi hari tentunya menjadi makanan yang sungguh menyehatkan. Apalagi jika Anda menggunakan brokoli sebagai komponen utamanya. Salad brokoli bisa menggantikan manfaat air lemon hangat. Pasalnya dalam 100 gram brokoli, Anda bisa memenuhi kebutuhan vitamin C harian sampai 90 persen. Brokoli juga kaya menyehatkan kulit dan mencegah peradangan, di mana fungsi tersebut kerap diandalkan orang-orang sehingga mengonsumsi air lemon hangat.

  1. Mashed Potato 

Menu sarapan baiknya tidak terlalu keras sehingga lebih modal diolah dalam usus dan lambung. Alih-alih menggunakan nasi sebagai sumber karbohidrat, Anda dapat menggantinya dengan mashed potato yang memiliki teksur lebih lembut dan rasa yang pastinya lebih lezat. Mashed potato juga memiliki manfaat yang tidak kalah dengan segelas air lemon hangat. Makanan yang terbuat dari satu jenis umbi-umbian ini tinggi akan vitamin C dan kalsium sehingga membuat imunitas Anda terjaga. 

  1. Pepaya 

Anda terbiasa mengandalkan manfaat air lemon hangat sebagai obat pencahar di pagi hari? Namun, Anda juga bisa menggantinya dengan mengonsumsi buah pepaya. Jenis buah tropis yang satu ini memiki kandungan vitamin C sebesar 95,6 miligram untuk tiap porsi 100 gramnya. Jumlah tersebut sudah melampaui angka kecukupan vitamin C harian. Dengan vitamin C yang berlimpah, sistem pencernaan pun akan lebih lancar dan Anda tidak akan kesulitan membuang air besar. 

*** 

Jangan terpatok pada satu jenis sumber gizi. Manfaat air lemon hangat memang banyak dan menakjubkan. Namun, jika diminum tiap hari bisa jadi Anda merasa bosan. Menggantinya dengan menu sarapan lain yang memiliki manfaat serupa di atas dapat menjadi penepis rasa bosan tersebut. 

Skip to toolbar