Ragam Manfaat Buah Cermai untuk Kesehatan Pencernaan

Jika Anda tinggal dan besar di daerah yang banyak terdapat buah ceremai, mungkin Anda tak akan pernah bisa melupakan rasa masamnya. Buah kecil berbentuk bulat dengan pola permukaan berlekuk ini memang menebarkan sensasi kecut ke sekujur mulut ketika dimakan. Namun, di balik itu, manfaat buah cermai ternyata baik untuk kesehatan pencernaan.

Ceremai merupakan tumbuhan yang bisa tumbuh di mana saja. Hampir di seluruh Indonesia mengenal buah ini sebagai bahan manisan. Memang untuk mengonsumsi buah ini lebih enak jika diolah terlebih dahulu ketimbang dimakan mentah-mentah begitu saja.

Ternyata, buah ceremai tidak hanya masam dan segar dijadikan manisan. Kandungan nutrisi di dalamnya memungkinkan buah yang masuk ke dalam keluarga beri-berian ini memiliki banyak manfaat. Salah satunya telah disinggung di awal, yakni baik untuk kesehatan pencernaan.

Kandungan vitamin C buah ini sangat tinggi. Begitupun dengan vitamin A, B1, B6, dan vitamin B9. Buah cermai juga kaya mineral, seperti kalsium, kalium atau potasium, magnesium, fosfor, kromium, tembaga, dan mangan. Dalam buah ini juga terdapat flavonoid, quercetin, dan tanin.

Selain itu, buah ini juga diketahui kaya akan antioksidan, enzim, dan serat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain buahnya, bagian kulit batang, kayu dan daun tanaman ini juga mengandung nutrisi untuk pengobatan tradisional.

Adapun manfaat buah cermai untuk kesehatan pencernaan, sejauh yang diketahui manusia di antaranya adalah:

  • Baik untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Buah cermai juga penting dimasukkan dalam menu diet Anda yang tengah berjuang menurunkan berat badan. Selain rendah kalori, buah ini juga kaya serat yang akan membantu Anda menurunkan berat badan lebih efektif.

  • Meredakan Konstipasi dan Diare

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kandungan mineral yang lengkap dan tingginya serat larut air di dalam buah cermai sangat berkhasiat untuk melancarkan BAB dan mengatasi konstipasi. Dengan memakan langsung buah cermai muda, seseorang bisa terhindar dari gangguan BAB.

Manfaat buah cermai ini juga bersifat astringent yang dapat meredakan rasa mulas atau sakit akibat diare. Makan buah ini juga baik untuk melancarkan pencernaan.

  • Sembelit

Sembelit adalah kondisi di mana seseorang sulit untuk buang air besar. Sembelit terjadi lantaran penderitanya kekurangan serat dalam tubuh. Untuk mengatasi itu, cobalah sesekali mengonsumsi buah ceremai. 

Dikatakan bahwa salah satu manfaat buah ceremai adalah menyehatkan sistem pencernaan seseorang. Pasalnya, di dalam ceremai terdapat serat yang baik bagi tubuh dan bermanfaat untuk membantu proses buang air besar dan masalah pencernaan lainnya.

  • Baik untuk Lambung

Cermai kaya serat, polifenol, dan air. Hal itu membuat cermai memiliki sifat anti-inflamasi yang membuatnya sebagai penawar dari sakit perut. Mengonsumsi satu sendok teh jus cermai pada waktu perut kosong, dapat mengobati tingkat keasaman dalam lambung.

***

Dilihat dari beberapa manfaat buah ceremai untuk kesehatan di atas, menjadi amat disayangkan jika saat ini tanaman tersebut semakin sulit kita temukan. Pasalnya, kita mungkin kehilangan akses terhadap buah yang penting tersebut.

Padahal jika di sekitar kita masih terdapat banyak pohon ceremai, kita bisa dengan mudah mendapat “obat” alami bagi kesehatan pencernaan dan tak menutup kemungkinan mendapatkan manfaat lain daripadanya.

Andai benar manfaat buah ceremai relevan terhadap kesehatan tubuh manusia. Tidak ada salahnya, lho, kita mulai menanam kembali pohon ceremai di sekitar lingkungan kita. Selain dapat memanfaatkan bagi kesehatan, lingkungan juga akan menjadi lebih teduh karena pohon ini dapat tumbuh dengan daun yang rimbun.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar