Selain Covid-19, Beberapa Penyakit Juga Mengincar Golongan Darah A

Apakah benar Virus Corona menyerang korbannya berdasarkan dengan tipe golongan darah tertentu? Menurut peneliti, golongan darah seseorang mungkin membuat mereka lebih rentan untuk terpapar penyakit Covid-19 yang disebabkan oleh virus corona jenis baru tersebut. Tenaga medis di China yang telah mengambil semua darah pasien yang dinyatakan terkena virus corona mengkonfirmasi bahwa prosentase tertinggi yang terkena virus corona adalah orang yang memiliki golongan darah A. Suatu penelitian juga menyebutkan bahwa COVID-19 lebih rentan menyerang orang yang memiliki golongan darah A dibandingkan dengan tipe golongan darah lainnya.

Para peneliti mengatakan bahwa orang dengan golongan darah A perlu meningkatkan imunitas daya tahan tubuh mereka untuk mengurangi terinfeksinya virus corona. Menurut seorang naturopati, Peter J.D. Adamo, orang dengan golongan darah A memang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih sensitif ketimbang golongan darah lainnya.

Dari jumlah korban yang meninggal di Wuhan, pasien dengan golongan darah A lebih banyak dibandingkan korban dengan golongan darah lainnya. Lebih dari seperempat atau sekitar 4 persen kematian yang terjadi akibat virus corona menimpa mereka yang bergolongan darah A. Dalam populasi normal, orang yang memiliki golongan darah A dan tidak terinfeksi hanya 34 persen.

Oleh karenanya, pasien dengan golongan darah A akan membutuhkan pengawasan yang lebih intensif dan lebih ketat mengingat sistem imun tubuh mereka yang lemah. Namun hal ini masih dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai hubungan antara tipe golongan darah dengan penularan covid-19. Bukan berati semua orang yang mudah terkena virus corona memiliki golongan darah A karena penelitian ini dijadikan sebagai peringatan untuk selalu memperkuat perlindungan diri agar tidak mudah terinfeksi. Para peneliti juga menghimbau pemerintah dan tenaga kesehatan untuk mempertimbangkan perbedaan golongan darah saat merawat pasien yang terpapar COVID-19.

Selain mudah terpapar virus corna di tengah pandemi ini, golongan darah A juga sebenarnya rentan terkena berbagai penyakit lain ketimbang mereka yang memiliki golongan darah lain. Dilihat dari anjuran pola makan saja, orang dengan golongan darah A disarankan untuk mengurangi asupan daging dan memperbanyak asupan sayur, buah, dan maknan organik segar. Pola makan itu amat menentukan kondisi kesehatan si golongan darah A. Jika pola makannya terganggu, mereka cenderung akan gampang sakit.

Nah, berikut ini ada beberapa penyakit lain yang begitu “favorit” bagi mereka yang memiliki golongan darah A, di antaranya:

  • Penyakit kanker lambung dan kanker pankreas

Hasil studi yang melibatkan lebih dari 50.000 orang dengan rentang usia antara 40 sampai 70 tahun menunjukkan bahwa orang dengan golongan darah A, B dan AB memiliki risiko tinggi mengalami kanker lambung daripada golongan darah O. Selain itu, tinjauan medis juga mencatat bahwa orang dengan golongan darah A, B, dan AB berpotensi mengalami kanker pankreas.

  • Penyakit malaria

Fakta: Hasil pengamatan para peneliti menemukan bahwa protein spesifik yang dikeluarkan oleh parasit malaria cenderung mengikat lebih erat pada sel darah merah golongan A daripada golongan O. Bisa diartikan bahwa golongan darah A lebih rentan mengalami gangguan yang lebih berat saat terkena penyakit malaria dibandingkan dengan orang dengan golongan darah O.

  • Diabetes tipe 2

Fakta: Penelitian yang dilakukan pada lebih dari 82.000 wanita menemukan bahwa diabetes tipe 2 lebih mungkin berkembang pada mereka dengan golongan darah A dan B dibandingkan golongan darah O.

  • Penyakit kardiovaskular

Fakta: Hasil penelitian yang melibatkan lebih dari 62.000 wanita dan 27.000 pria menunjukkan, orang dengan golongan darah A memiliki risiko mengalami penyakit kardiovaskular sebanyak 5 persen lebih tinggi dari pada golongan darah O. Tetapi angka kejadian penyakit jantung bawaan terlihat lebih rendah pada pemilik golongan darah A jika dibandingkan dengan golongan darah O.

Penyakit kardiovaskular adalah kondisi yang terjadi akibat penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah sehingga menyebabkan serangan jantung, nyeri dada (angina), atau stroke. Beberapa penyakit yang dikategorikan sebagai penyakit kardiovaskular adalah:

  • Penyakit pembuluh darah, seperti penyakit jantung koroner.
  • Gangguan irama jantung, yang disebut aritmia.
  • Gagal jantung.
  • Penyakit katup jantung.

Itulah kira-kira beberapa kemungkinan kondisi kesehatan yang lebih mudah menyerang orang-orang dengan golongan darah A. Jika Anda memiliki golongan darah A, fakta di atas bukan berarti membuat Anda jadi takut, panik, atau pasrah. Kenyatan itu justru harus membuat Anda termotivasi untuk hidup lebih sehat lagi dengan menjalankan segala prosedur yang telah dirancang oleh para ahli di bidang kesehatan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar