Response Time

A. Definisi

Waktu tanggap yg diberikan oleh interface ketika user mengirim permintaaan ke kompute. Atau
Waktu yang dibutuhkan setelah user mengawali aktivitas input sampai komputer dapat menampilkan hasil respon.

B. Tujuan

Optimasi kinerja pada komputer

C. Prinsip

  • Waktu ideal dari response time tidak lebih dari 2 detik.
  • Memberikan suguhan informasi kepada user secara konsisten.
  • Mengoptimalkan layout, seusai dengan tugasnya.

D. Kriteria Kinerja yang Diuji Response Time

  • Fairness 
    Proses-proses diperlakukan sama yaitu mendapat jatah waktu layanan pemroses yang sama dan tidak ada proses yang tidak kebagian layanan pemroses sehingga mengalami startvation.
  • Efisiensi
    atau utilisasi pemroses dihitung dengan perbandingan (rasio) waktu sibuk pemroses. Sasaran penjadwalan adalah menjaga agar pemroses tetap dalam keadaan sibuk sehingga efisiensi mencapai maksimum.
  • Turn Around Time
    Adalah waktu yang dihabiskan dari saat sebuah fungsi yang mulai masuk ke sistem sampai proses       diselesaikan sistem. Waktu yang dimaksud adalah waktu yang dihabiskan di dalam sistem.
    Turn arround time = waktu eksekusi + waktu menunggu
  • Throughput
    Jumlah kerja atau jumlah job yang dapat diselesaikan dalam satu unit waktu. Sasaran penjadwalan adalah memaksimalkan jumlah job yang diproses per satu interval waktu. Lebih tinggi angka throughput, lebih banyak kerja yang dilakukan oleh sistem.

E. Faktor Pengaruh Response Time

  • Jumlah pengguna
    Semakin banyak jumlah pengguna maka akan semakin lambat. Meskipun demikian,di dalam waktu waktu puncak (peak load periods) jumlah pengguna bisa melebihi rata-rata hasil estimasi tersebut sehingga dapat menurunkan performance. Bagaimana dan seberapa besar suatu jaringan memberikan response dapat dikatakan sebagai ukuran dari performance jaringan.
  • Kompleksitas interaksi
    Sebuah input yang memiliki rangkaian perintah yang panjang dapat memengaruhi respon time komputer. Contoh : perbandingan waktu respon saat membuka program notepad dengan Photoshop.
  • Keahlian user dalam mengoperasikan perangkat
    User yang ahli akan lebih paham langkah yang harus diambil sehingga respon menjadi lebih singkat. Contoh : seorang programmer lebih cepat mengoperasikan komputer dibandingkan tukang siomay.
  • Kecepatan proses data
    Kecepatan data Internet :
    google.com dan youtube.com, dalam membuka url web browser tersebut terlihat perbedaan banyak data yang diproses, dan memengaruhi kecepatan respon.
    Kecepatan data Read and Write :
    saat data mengalir dari/kesebuah tempat penyimpanan, kecepatan akses ditentukan oleh seberapa cepat kemampuan read dan write.
  • Jenis media transmisi
    Kabel merupakan komponen fisik jaringan yang paling rentan dan harus diinstalasi secara cermat dan teliti, walaupun kabel bukanlah sesuatu yang begitu menarik dan biasanya segera dilupakan orang begitu selesai diinstalasi. Namun begitu jaringan terkena masalah, maka kabel merupakan komponen pertama yang diperiksa, karena kemungkinan besar masalah timbul pada komponen ini.
    Kabel digolongkan ke dalam media transmisi yang terpandu. Untuk media transmisi yang terpandu, kapasitas transmisi, dalam hal bandwidth atau data rate, tergantung secara kritis pada jarak dan keadaan media apakah point-to-point atau multipoint, seperti Local Area Network (LAN). Tiga media yang terpandu yang secara umum digunakan untuk transmisi data adalah twisted pair, coaxial dan fiber optic (serat optik).
  • Kemampuan dari perangkat itu sendiri
    Contoh Laptop dengan Spesifikasi tinggi (gaming), dengan laptop lawas dan spesifikasi rendah, waktu respon time akan terlihat jelas.

F. Faktor Pengaruh Ekspektasi User Response Time

  • Pengalaman sebelumnya yang dilakukan oleh user mengenai waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas tertentu.
    Ketika waktu respon cepat, maka user akan merasa puas. Ketika waktu respon rendah, maka user bisa jadi berfikir bahwa ada yang salah dengan software tsb.
  • Ragam individu dan tugas yang bervariasi.
    Pengguna awam cenderung mau menunggu dibandingkan pengguna yang sudah handal
  • User sangat adaptif
    Maksudnya, user cederung mau menerima penundaan waktu respon yang lama, namun hal tersebut akan membuat kepuasan dan kinerja user menjadi menurun.

G. Nilai Response Time yang Baik

  • Display rate yang optimal tergantung pada kebutuhan user.
  • Waktu respon dalam setiap pergantian suatu proses tidak boleh melebihi 2 detik.
  • Buat kemudahan dalam pembelajaran dan penggunaan dibandingkan timbal balik waktu tanggap berdasarkan pengalaman dan ekspetasi user.
  • Waktu respon harus konsisten dengan ekspetasi user.
  • Kelola ekspetasi user dengan feedback.
  •  0,1 detik adalah batas waktu agar pengguna merasa bahwa sistem bereaksi seketika, artinya tidak diperlukan umpan balik khusus kecuali untuk menampilkan hasilnya.
  • 1.0 detik adalah batas waktu agar pemikiran pengguna untuk tetaptidak terganggu, meski pengguna akan memperhatikan penundaan tersebut. Biasanya, tidak ada umpan balik khusus yang diperlukan selama penundaan lebih dari 0,1 dan kurang dari 1,0 detik.
  • 10 detik adalah batas untuk menjaga perhatian pengguna terfokus pada dialog. Untuk penundaan yang lebih lama, pengguna akan cenderung melakukan tugas lain sambil menunggu proses yang lebih lama, pengguna akan cenderung melakukan tugas lain samil menunggu proses sebelumnya selesai, jadi mereka harus diberi umpan balik yang menunjukkan kapan komputer tersebut mengharapkan untuk dilakukan.

H. Kelebihan & Kekurangan

 KELEBIHANKEKURANGAN
CEPAT1. User merasa puas dengan kinerja komputer
2. User bisa menjadi lebih produktif
1. User menjadi ceroboh
2. Tingkat pemahamam terhadap informasi yang disajikan rendah
LAMBAT1. Memudahkan dalam memahami informasi yang disajikan terutama bagi pengguna awam.
2. Karena mempermudah  dalam memahami informasi, sehingga meminimalisir kecerobohan/kesalahan  user. 
1. User frustasi
2. Waktu terbuang untuk menunggu
3. User menjadi gelisah dan tidak fokus terhadap perkerjaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *