1234 Street Name, City Name, United States
(123) 456-7890 info@yourdomain.com

Cara Cek Tagihan Listrik Melalui Aplikasi Pembayaran Elektronik

Listrik telah menjadi kebutuhan bagi kehiduan modern untuk memudahkan berbagai kegiatan sehari-hari. Bagi manusia modern pasti tidak bisa membayangkan hidup tanpa listrik. Namun untuk mendapatkan energi listrik, setiap bulan Anda harus membayar sesuai dengan daya yang digunakan. 

Pernahkan Anda kaget dengan jumlah tagihan yang harus dibayar? Hal tersebut biasanya dialami pelanggan listrik pasca bayar. Agar tidak mengalami hal yang demikian, ada baiknya melakukan cek tagihan listrik sebelum melakukan pembayaran ke loket PLN. Dengan demikian Anda bisa mempersiapkan dana sesuai dengan tagihan.

Melakukan pengecekan listrik kini semakin mudah karena dapat dilakukan secara online. PT PLN telah memberikan fasilitas layanan yang mudah yakni melalui situs resmi PLN di https://layanan.pln.co.id/, layanan call center, SMS hingga aplikasi PLN Mobile. Selain layanan resmi PLN informasi tersebut juga daat diakses di beberapa platform aplikasi dengan mudah dan bahkan langsung melakukan pembayaran.

Aplikasi Cek Tagihan Listrik asca Bayar 

Ada beberapa aplikasi selain yang disediakan PT PLN. Aplikasi tersebut dapat dengan mudah diunduh secara gratis di Playstore atau Appstore. Beberapa aplikasi berikut bahkan memungkinkan Anda langsung melakukan pembayaran. Berikut aplikasi yang dapat digunakan untuk cek tagihan listrik pasca bayar:

  • Aplikasi LinkAja

Anda pasti pernah mendengar aplikasi LinkAja atau bahkan tela mengunduhnya. Aplikasi pembayaran elektronik ini juga bisa digunakan melihat tagihan listrik hingga melakukan pembayaran. Biasanya aplikasi LinkAJa digunakan untuk melakukan pembelian pulsa, token listrik dan melakukan pembayaran elektronik lainnya.

Meski tidak langsung melakukan pembayaran, Anda bisa sekedar melakukan pengecekan tagihan. Biasanya dapat dilakukan mulai tanggal 2 untuk data bulan sebelumnya. Melakukan pengecekan dengan LinkAja juga sangat mudah, yang penting pastikan telah mengunduh aplikasi LinkAja di smartphone Anda dan telah membuat akun.

Langkah selanjutnya tinggal buka aplikasi LinkAja, pada menu utama pilih listrik dan akan muncul beberapa pilihan. Pilih PLN postpaid untuk memeriksa tagihan listrik paska bayar. Selanjutnya akan diminta memasukkan nomor rekening listrik atau ID Pelanggan. Setelah memasukkan data yang diminta klik lanjutkan. Tagihan listrik akan muncul sesuai dengan data PLN.

Anda bisa langsung melakukan pembayaran jika memiliki saldo LinkAja yang cukup. Jika tidak bisa kembali ke menu utama.

  • Aplikasi OVO

Selain LinkAja ada aplikasi pembayaran elektronik lain yang bisa melakukan cek tagihan listrik dengan mudah yakni OVO. Aplikasi satu ini cukup populer dan memiliki banyak pengguna cara penggunaannya juga cukup mudah. 

Pertama pastikan telah mengintal aplikasi dan memiliki akun OVO. Lalu masuk ke aplikasi. Pada menu utama, klik pilihan PLN untuk segala kebutuhan terkait listrik PLN. Akan muncul menu dan untuk melakukan pengecekan tagihan listrik pilih ‘Tagihan Listrik’

Akan muncul kolom yang meminta memasukkan nomor rekening listrik atau ID pelanggan. Jika data sudah benar klik ‘Lanjut ke Pembayaran’. Jumlah tagihan akan muncul sesuai penggunaan listrik bulan sebelumnya. Selanjutnya bisa langsung melakukan pembayaran dengan saldo OVO atau kembali ke menu utama.

Itulah cara pengecekan tagihan listrik tanpa harus datang ke loket atau kantor layanan PLN. Anda dapat mendapatkan segala informasi langsung melalui layar smarphone Anda. Namun pastikan Anda terhubung ke jaringan internet untuk dapat mengakses aplikasi. Dengan demikian, semakin mudah melakukan cek tagihan listrik dan tidak perlu kaget dengan jumlah tagihan yang harus dibayar. 

Skip to toolbar