1234 Street Name, City Name, United States
(123) 456-7890 info@yourdomain.com

Syarat Bayar Pajak Motor di Luar Daerah Mudah

Syarat Bayar Pajak Motor di Luar Daerah Mudah! Seperti yang kita ketahui bahwa kendaraan apa pun harus dilakukan pembayaran pajak. Hal ini wajib dipenuhi oleh setiap pemilik kendaraan, baik bermotor ataupun bermobil. Namun banyak sekali pengendara nakal yang mengabaikan hal tersebut sehingga ketika mereka melangsungkan perjalanan akan mendapat tilang atau sebagainya. Untuk itu, pastikan jika Anda ingin nyaman dan aman saat sedang berpergian jauh, pajak kendaraan yang dimiliki perlu dipenuhi terlebih dahulu.

Banyak kendala yang dihadapi oleh pengendara khususnya motor ialah kesulitan dalam membayar pajak terutama yang berada di luar daerah. Hal ini tentunya sudah bukan menjadi permasalahan lagi, karena Anda bisa membayar pajak walaupun sedang berada di luar daerah. Nah untuk yang ingin membayar pajak, tetapi Anda sedang berada di luar daerah wajib untuk menyediakan persyaratan berikut ini!

Membawa KTP

Syarat bayar pajak motor yang pertama ialah dengan membawa KTP. Karena KTP merupakan kartu identintas penting yang diperlukan dalam tiap administrasi apapun termasuk dalam membayar pajak. Anda hanya perlu membawa KTP asli, namun juga bisa menyiapkan photocopy KTP Anda sebanyak 3 buah lembar. Karena biaasanya ada beberapa samsat yang mengharuskan pembayar pajak untuk membawa juga photocopy KTP.

Membawa STNK dan BPKB

Kemudian anda juga tidak boleh lupa membawa STNK dari motor Anda, baik itu STNK yang aslinya ataupun juga hasil photocopy, wajib Anda bawa dua-duanya. Anda juga jangan lupa untuk membawa BPKB, BPKB ini bisa anda serahkan hasil photocopy saja. Semua photocopy yang diserahkan, anda bisa menyiapkannya sebanyak 3 lembar photocopy untuk berjaga jaga.

Memasukan ke Map

Setelah semua syarat bayar pajak motorAnda telah selesai dipenuhi, agar dokumen dokumen tersebut tidak berceceran, Anda bisa memasukannya ke dalam map supaya lebih rapih. Dengan map ini Anda juga bisa melakukan perpanjangan pajak kendaraan motor dengan mudah, walaupun pembayaran dilakukan di luar daerah.

Selain syarat di atas, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan juga. Di mana dalam melakukan transaksi pembayaran pajak di luar daerah ini hanya bisa dilakukan dalam bentuk tahunan. Pastikan juga jika kendaraan motor anda tidak sedang diblokir. Namun bagi Anda yang melakukan pembayaran melalui online, pastikan jika nama yang dicantumkan di bank sesuai dengan nama yang ada di STNK Anda. Tidak hanya itu saja, anda juga harus memastikan dengan baik bahwa pembayaran pajak dilakukan sebelum memasuki 60 hari saat terhitung habisnya masa berlaku pajak tersebut.

Sebelum Anda membayar, harus mengecek provinsi Anda berada untuk memastikan bahwa tempat yang Anda duduki termasuk ke dalam provinsi yang diberlakukan membayar pajar berbeda daerah. Untuk lebih lengkapnya mengenai syarat bayar pajak motor yang berada di luar daerah ini anda bisa langsung cek di hanodoc.com di mana di sini akan dijelaskan lebih rinci.

Skip to toolbar