Cara Budidaya Buah Naga

Cara Budidaya Buah Naga

Cara Budidaya Buah Naga (Dragon Fruit). Tanaman buah naga saat ini sangat populer di masyarakat karena harganya yang tetap mahal. Jadi untuk mendapatkan keberhasilan dalam bertanam buah naga sebainya anda membaca terlebih dahulu artikel ini karena akan di jelaskan cara budidaya buah naga secara lengkap muali dari persiapan lahan, pembibitan, pemeliharaan hingga pasca panen.

Cara Budidaya Buah Naga

Cara Budidaya Buah Naga

Tanaman buah naga termasuk tanaman tropis dan dapat beradaptasi dengan berbagai lingkungan tumbuh dan perubahan cuaca seperti sinar matahari dan curah hujan. Curah hujan yang ideal untuk pertumbuhan buah naga sekitar 60 mm/bln atau 720 mm/tahun. Pada curah hujan 600-1.300 mm/tahun tanaman ini juga masih bisa tumbuh. Tetapi tanaman ini tidak tahan dengan genangan air. Hujan yang terlalu deras dan berkepanjangan bisa menyebabkan kerusakan tanaman terutama pembusukan akar dan merambat sampai pangkal batang. Intensitas sinar matahari yang dibutuhkan sekitar 70-80 %, karena itulah tanaman ini sebaiknya ditanam dilahan tanpa naungan dan sirkulasi udara juga baik.

 

Tanaman ini lebih baik pertumbuhannya bila ditanam didataran rendah antara 0-350 m dpl. Suhu udara yang ideal antara 26-36 derajat Celcius dan kelembaban 70-90 %. Tanah harus ber-aerasi dengan baik dengan derajat keasaman (pH) 6,5 – 7.

 

Agar tanaman ini bisa tumbuh dengan baik dan maksimal, media tumbuhnya harus subur dan mengandung bahan organik cukup dengan kandungan kalsium tinggi. Drainase harus berjalan baik dan bersifat porous karena tanaman ini tidak tahan genangan air. Bahan organic yang digunakan harus benar-benar matang karena berfungsi menyangga kation dan aktivitas mikroorganisme dan penyedia hara. Beberapa bahan yang bias digunakan antara lain pupuk kandang, kompos, dan sekam. Media juga sebaiknya dicampur bahan anorganik seperti pasir dan bubuk bata merah yang berfungsi untuk memperlancar aerasi dan drainase. Dan yang perlu diperhatikan media tidak boleh mengandung garam.

 

adapu khasiat dari tanaman buah naga adalah :

 

  1. Penyeimbang kadar gula darah.
  2. Membersihkan darah.
  3. Menguatkan ginajal.
  4. Menyehatkan lever.
  5. Perawatan kecantikan.
  6. Menguatkan daya kerja otak.
  7. Meningkatkan ketajaman Mata.
  8. Mengurangi keluhan panas dalam dan sariawan.
  9. Mensatbilkan Tekanan Darah.
  10. Mengurangi Keluhan Keputihan.
  11. Mengurangi Kolesterol dan mencegah Kanker usus.
  12. Mencegah Sembelit dan Memperlancar Feses.

 

Sumber :

 

Baca Juga :