Kurva penawaran: jenis, fungsi, daftar, perubahan, grafik

Definisi penawaran
Baca cepat Buka

Dalam ilmu ekonomi, penawaran didefinisikan sebagai kesediaan penjual untuk menjual/menyerahkan sejumlah barang yang berbeda pada tingkat harga yang berbeda dalam waktu tertentu dan dalam keadaan tertentu. Waktu tertentu menunjukkan jangka waktu tertentu atau waktu tertentu dan kondisi tertentu menunjukkan keadaan ceteris paribus.

Kurva penawaran: jenis, fungsi, daftar, perubahan, grafik

Untuk memenuhi kebutuhan konsumen, produsen menawarkan berbagai barang dan jasa. Barang dan jasa hasil produksi tersebut kemudian dijual kepada konsumen di pasar pada tingkat harga tertentu. Permintaan adalah tentang membeli dan menggunakan, sedangkan penawaran adalah tentang penawaran dan penjualan. Penawaran adalah jumlah barang dan jasa yang ditawarkan untuk dijual pada tingkat harga dan situasi yang berbeda.

Pembagian penawaran dapat dibedakan dari jumlah penjual, yaitu:

  1. Penawaran individu

Penawaran tunggal adalah jumlah barang yang akan dijual penjual.

  1. Penawaran kolektif
    Penawaran kolektif juga dikenal sebagai penawaran pasar. Penawaran kolektif adalah jumlah total barang yang ditawarkan oleh penjual di pasar. Penawaran pasar adalah jumlah dari semua penawaran individu.
    Fungsi penawaran

Fungsi penawaran suatu produk adalah pernyataan tentang hubungan antara jumlah yang ditawarkan dengan semua faktor yang mempengaruhi jumlah tersebut. Penawaran disajikan sebagai fungsi yang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut antara lain harga barang itu sendiri, harga barang lain/pesaing, tingkat teknologi dan harga input/faktor produksi. Hubungan antara kuantitas yang ditawarkan dengan faktor-faktor tersebut dapat dirumuskan secara matematis sebagai berikut:
Qsx = f (Px; Py; T; I)

Informasi:

Qsx = jumlah produk yang ditawarkan X

Px = harga barang X

Py = harga barang Y (harga barang lain, dapat berupa barang substitusi dan barang komplementer)

T = status teknologi yang digunakan

I = harga masuk

Serupa dengan kurva permintaan, analisis masalah penawaran didasarkan pada asumsi ceteris paribus (faktor lain dianggap konstan/tidak berubah). Oleh karena itu, harga barang itu sendiri merupakan faktor dominan dalam penawaran, sedangkan faktor-faktor seperti harga barang lain, tingkat teknologi dan harga input tetap konstan.


daftar penawaran

Seperti dijelaskan di atas, kami mengenali penawaran individu / individu dan penawaran pasar tertentu, yang sebenarnya merupakan pengelompokan horizontal dari penawaran individu di pasar. Berikut adalah contoh daftar penawaran telur per bulan dalam kg dari penawaran individu dan penawaran pasar (asalkan hanya ada dua produsen individu di pasar):
Perubahan penawaran

Perubahan penawaran dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

Ubah jumlah yang ditawarkan

Perubahan jumlah barang yang ditawarkan menggambarkan perubahan jumlah barang yang ditawarkan karena perubahan harga barang itu sendiri. Ketika mengubah jumlah barang yang ditawarkan, faktor lain seperti harga barang lain, status teknologi, harga input / faktor produksi dianggap konstan (ceteris paribus). Selengkapnya dapat dilihat pada grafik berikut:

Dari grafik di atas dapat dijelaskan bahwa perubahan (kenaikan) jumlah barang yang ditawarkan dari OQ ke OQ1 atau pergeseran dari titik A ke titik B karena adanya perubahan harga (kenaikan harga) dari OP ke OP1 dan terjadi pergeseran sepanjang kurva atau tetap sama pada kurva.

Perubahan penawaran

Perubahan penawaran dipahami sebagai perubahan jumlah barang yang ditawarkan oleh produsen karena perubahan satu atau lebih faktor yang dianggap konstan. Dalam hal terjadi perubahan penawaran, maka penerimaan ceteris paribus menjadi tidak berlaku. Ciri-ciri perubahan penawaran adalah harga barang-barang tersebut sama/tetap, tetapi jumlah yang ditawarkan dapat berubah (menurun atau bertambah) sehingga kurvanya bergeser. Ketika harga tetap konstan tetapi jumlah barang yang ditawarkan meningkat, ini dikenal sebagai peningkatan penawaran. Jika harga tetap tetapi jumlah yang ditawarkan menurun, ini dikenal sebagai penawaran yang dikurangi.
Grafik perubahan tawaran

Dari grafik di atas dapat dijelaskan bahwa pergeseran dari titik A ke titik B hanyalah perubahan kuantitas yang ditawarkan. Peningkatan jumlah pengiriman dari OQ ke O

 

 

Lihat Juga :

https://liga-indonesia.id/
https://www.bolt.id/
https://beautynesiablog.id/
https://psyline.id/
https://creasi.co.id/
https://www.i4startup.id/
https://mandiriecash.co.id/
https://excite.co.id/
https://officialjimbreuer.com/
https://rollingstone.co.id/