Materi Teks Laporan Percobaan

Pasukan, tentu saja Anda melakukan eksperimen di sekolah, kan? Eksperimen untuk memahami suatu bahan menggunakan eksperimen. Eksperimen ini dilakukan dengan observasi untuk melihat hubungan kausal antara gejala. Setelah menyelesaikan percobaan, tentu saja Anda harus menyatakan hasil dalam bentuk teks. Teks ini disebut teks laporan pengujian.

Teks laporan percobaan adalah teks yang melaporkan percobaan yang dilakukan oleh peneliti. Biasanya, teks tersebut digunakan untuk melaporkan hasil percobaan, makalah akademis, atau laporan magang. Lalu apa tujuan dari teks laporan pengujian? Teks ini dibuat untuk memberi tahu orang lain tentang hasil percobaan. Eksperimen itu sendiri dapat dilakukan dalam kelompok atau sendiri.

Cara membuat teks laporan pengujian

Setelah menyelesaikan percobaan, Anda akan diminta untuk menulis hasil dalam teks laporan percobaan. Datang dan pelajari cara membuat teks laporan pengujian.

  1. Tulis struktur teks laporan pengujian

Pertama, garis besar struktur teks laporan pengujian. Berdasarkan tujuan percobaan, alat dan bahan yang digunakan untuk melakukan percobaan, langkah-langkah dari awal hingga akhir percobaan. Kemudian tuliskan hasil percobaan dalam bentuk tabel, grafik, grafik atau gambar sehingga pembaca dapat dengan mudah melihat hasilnya. Kemudian tulis akhir dari eksperimen.

  1. Mengembangkan kerangka kerja dalam sebuah teks

Setelah Anda membuat kerangka kerja, Anda perlu mengembangkannya menjadi teks. Jangan lupa untuk mengamati aturan bahasa yang digunakan sehingga teks laporan pengujian mudah dimengerti.

Aturan bahasa untuk teks laporan pengujian

Gunakan sinonim dan antonim
Biasanya ada kata-kata dalam teks laporan pengujian yang sinonim atau bahkan anonim. Biasanya kata-kata ini ada dalam langkah-langkah percobaan.

Gunakan nomor kata
Dalam teks laporan percobaan, Anda akan menemukan nomor kata yang menunjukkan jumlah materi yang digunakan dalam percobaan.

Gunakan set instruksi
Dalam teks laporan pengujian, ada satu set instruksi yang harus menghindari, mencampur, menggabungkan, mengaduk, membungkus, dan banyak lagi.

Gunakan konjungsi
Teks laporan percobaan berisi kata sambung dan, tetapi jika, kapan, jika demikian, dan lainnya.

Contoh teks laporan pengujian

Buat lendir tanpa boraks

target

Sehingga kita bisa lebih kreatif dan inovatif dalam hal kreativitas. Lendir ini membuatnya sangat mudah, sehingga Anda menghemat uang.

Alat dan bahan:

Lem povinal secukupnya
Cuci bubuk secukupnya
Pembersih lantai secukupnya
Pengaduk (bisa dengan mixer, sendok atau tangan)
Cukup air
Deterjen cair secukupnya
Wadah lendir (baskom atau lainnya)
Langkah:

Pertama, campur lem povinal, pembersih lantai, deterjen cair, deterjen bubuk dan cukup air dalam wadah lendir. Campuran ini biasa disebut sebagai aktivator.
Selanjutnya, aduk campuran sampai tercampur rata.
Tambahkan lem povinal ke dalam campuran aktivator.
Kemudian aduk kembali sehingga struktur atau bentuknya menggumpal.
Masukkan ke dalam freezer selama lima hingga sepuluh menit.
Kemudian lepaskan setelah lima hingga sepuluh menit.
Aduk lagi sampai kira-kira bisa dimainkan.
Slime siap untuk Anda gunakan.
Hasil:

Sekarang Anda memiliki lendir yang dapat dimainkan dengan aman tanpa boraks. Lendir ini sangat populer di kalangan anak-anak pada masa itu.

Kesimpulan:

Dengan membuat lendir Anda sendiri, pengetahuan dan kreativitas Anda akan meningkat. Di sisi lain, Anda juga bisa menghemat uang dan mendapatkan lendir yang lebih aman saat terkena kulit karena tidak mengandung boraks.

Referensi : teks laporan hasil observasi