Penjaga hutan cerdas berbasis AI untuk melindungi hutan Indonesia

Hutan di Indonesia merupakan hutan tropis yang menjadi paru-paru dunia. Hutan Indonesia begitu luas sehingga menempati urutan ketiga sebagai hutan tropis terluas di dunia. Saking besarnya, Forest Watch Indonesia mengungkapkan bahwa 82% daratan Indonesia masih tertutup hutan.

Keberhasilan ini harus kita jaga dengan baik. Pemerintah Indonesia seharusnya menginvestasikan seluruh energinya untuk melindungi kawasan hutan Indonesia. Tapi bagaimana Anda melindungi kawasan hutan yang begitu luas dari ancaman pembalak liar?


Smart Forest Guardian: Teknologi pengenalan suara berbasis AI

Teknologi digital berbasis AI dikembangkan khusus untuk melindungi hutan Indonesia. Teknologi yang diberi nama Smart Forest Guardian ini merupakan pilot project Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) dan akan ditempatkan di Taman Nasional Bali Barat (TNBB).

Smart Forest Guardian adalah alat pengenalan suara

yang menggunakan kecerdasan buatan. Saat digunakan, teknologi tersebut otomatis mendeteksi suara gergaji, tembakan, dan berbagai aktivitas mencurigakan lainnya.

Lebih kerennya lagi, teknologi ini mampu membedakan suara-suara yang dibuat oleh hewan-hewan di cagar alam. Dengan cara ini, selain melindungi hutan, teknologi ini juga dapat melindungi satwa yang hidup di kawasan hutan.
Smart Forest Guardian: Kolaborasi Rainforest Connection dengan Huawei

Penerapan teknologi Smart Forest Guardian di TNBB

dilakukan atas kerjasama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan LSM Rainforest Connection. Rainforest Connection bekerja dengan perusahaan teknologi Huawei untuk mengembangkan teknologi pengenalan suara berbasis AI.

Kepala Balai TNBB Agus Ngurah Krisna Kepakisan membenarkan rencana penerapan teknologi Smart Forest Guardian. Ia mengatakan, rencana tersebut saat ini sedang dalam tahap MoU di kementerian.

Menurut Ngurah Krisna, teknologi Smart Forest Guardian telah digunakan di berbagai hutan tropis di dunia, seperti Costa Rica, Filipina dan beberapa negara lainnya. TNBB sebagai situs pertama yang menguji teknologi Smart Forest Guardian di Indonesia menyambut baik rencana tersebut.
Pemutar video
00:00
02:37

Selain itu, TNBB memiliki hewan endemik yaitu Bintang Bali. Teknologi Smart Forest Guardian akan membantu pengelola TNBB merekam aktivitas bintang endemik Bali dan satwa lainnya.

Lihat Juga :

https://mozillalinks.org/
https://jurubicara.id/
https://memphisthemusical.com/
https://minglebox.com/
https://jadwalxxi.id/
https://desamembangun.id/
https://kanreg12bkn.id/
https://ejurnalbalaibahasa.id/
https://ppdb-batam.id/
https://balaibahasajateng.id/