WA Web: Cara Pakai WhatsApp Web di PC dan Laptop

WhatsApp atau yang dikenal dengan singkatan WA memang menjadi salah satu media komunikasi yang paling banyak digunakan. Untuk memudahkan pengguna, aplikasi ini memanggil fitur web WA, yang memungkinkan Anda untuk mengakses WA dari PC tanpa aplikasi.
Adanya fitur web WhatsApp tidak mempengaruhi mereka yang tidak memiliki PC dan jarang menggunakannya. Namun jika kamu sedang belajar atau menggunakan WhatsApp online, membukanya dengan PC tentunya juga akan mempermudah proses belajarnya.


Menggunakan WhatsApp Web


Awalnya WhatsApp Web tidak begitu populer di PC karena sudah ada Android yang lebih nyaman digunakan. Namun, untuk bekerja dan banyak aktivitas di laptop, seseorang perlu menggunakan aplikasi WhatsApp di PC atau laptop.


Dengan adanya fungsi WA di website bisa diakses dimana saja termasuk laptop. Meskipun Anda menggunakan laptop orang lain, metode ini aman selama Anda mengikuti prosedur yang benar.


Kehadiran WA di website ini juga menjadi solusi menarik bagi yang menggunakan aplikasi sebagai media penjualan online. Dengan begini, gambar yang akan diiklankan bisa terlihat lebih jelas dan pemesanannya juga mudah.


Ada beberapa syarat lain yang memungkinkan penggunaan situs WhatsApp, yaitu:
• Penyederhanaan proses pembelajaran online dengan grup WA.
• Jadikan bekerja dengan WA dan PC lebih mudah.
• Termasuk orang-orang penting yang masih perlu menerima panggilan di WA meskipun sedang bekerja.
• Penjualan online yang membutuhkan akses foto PC-ke-WA yang cepat.


Perbedaan antara menggunakan WA Web dan WA Desktop


Banyak yang mengira WhatsApp Web identik dengan aplikasi WhatsApp yang biasanya hadir dalam bentuk aplikasi di desktop. Faktanya, keduanya sangat berbeda karena WhatsApp Web tidak memerlukan proses instalasi aplikasi. Karena itu, ada banyak perbedaan lain di antara keduanya, yaitu:

  1. Metode akses yang berbeda
    Perbedaan paling mencolok antara situs web aplikasi dan desktop adalah cara yang sangat nyaman untuk mengaksesnya. Anda tidak perlu mengunduh aplikasi khusus untuk membukanya. Cukup akses halaman situs web pada halaman pencarian dan masuk dengan akun Anda.
    Cara ini sangat memudahkan pemilik laptop dengan RAM kecil karena tidak perlu mendownload aplikasi tertentu. Cara ini juga jauh lebih nyaman karena membutuhkan proses yang singkat dan tidak melalui banyak tahapan.
  2. Ukuran RAM yang digunakan
    Dilihat sekilas, besaran RAM yang digunakan website WhatsApp lebih besar dari aplikasi WA untuk PC. Namun, kapasitas RAM yang besar ini dipadukan dengan berbagai akses ke situs lain di browser yang digunakan.
    Semua akses Internet termasuk WA dapat dengan mudah dilakukan hanya dengan membuka aplikasi jendela browser. Ini sangat berbeda dengan WA di desktop, memaksa pengguna untuk menginstal aplikasi khusus yang menggunakan RAM mereka sendiri dan terpisah dari browser.
  3. Tampilan
    Secara umum tampilan WhatsApp sama di Android, desktop, dan website. Satu-satunya perbedaan adalah pada ukuran layarnya. Dari segi tampilan, desktop WhatsApp lebih unggul karena tampilan di layar jauh lebih besar dan lebih penuh.
    Sebaliknya, WhatsApp yang menggunakan browser atau situs web memiliki jendela yang dibatasi karena aplikasi WhatsApp masih dalam jendela browser. Akan tetapi, tampilan ini sangat menguntungkan karena dapat diatur ke berbagai ukuran atau ukuran.
  4. Notifikasi atau notifikasi
    Perbedaan lebih lanjut muncul dari notifikasi WhatsApp yang masuk. Jika Anda menggunakan aplikasi desktop, pemberitahuan pesan masuk, secara individu atau kelompok, dengan jelas menunjukkan nomor di ikon. Selain itu notifikasi suara khas WA juga bisa terdengar di PC.
    Sebaliknya, notifikasi di situs WhatsApp umumnya hanya berupa pesan masuk. Sementara itu, jumlah pesan yang masuk mungkin belum diketahui hingga website dibuka. Namun hal tersebut bukanlah masalah besar karena yang terpenting dari WA adalah adanya notifikasi berupa nada sebagai sinyal.

Cara Nyaman Menggunakan WA Web di PC


WhatsApp di situs menawarkan banyak kemudahan dan manfaat bagi penggunanya. Tak heran jika aplikasi ini akhirnya banyak diminati, apalagi pada masa pandemi yang semuanya dilakukan secara online lewat WhatsApp.

Bagi pemula yang baru mencoba aplikasi ini, tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena aksesnya cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Berikut adalah beberapa langkah praktis dan langkah yang harus diambil saat membuka WA di situs web.


• Buka situs web WhatsApp resmi di https: //web.WhatsApp,com/.
• Buka aplikasi WhatsApp milik Android yang Anda gunakan.
• Klik gambar titik di sudut kanan atas aplikasi WhatsApp di Android.
• Saat diklik, ada 5 pilihan menu yang bisa dipilih. Kemudian pilih menu web WhatsApp di baris ketiga.
• Setelah mengklik, scan QR akan secara otomatis muncul di Android yang Anda gunakan sebelumnya.
• Arahkan kamera pemindai ke kode QR yang ditampilkan di laptop atau PC.
• Setelah pemindaian berhasil, WhatsApp akan ditampilkan di Android di situs web WhatsApp di PC.


Tips Menggunakan WhatsApp Web di PC agar tetap aman


Meskipun situs WhatsApp sangat mudah dibuka, Anda perlu berhati-hati saat menggunakannya. Jika Anda sedikit ceroboh, WA tidak dapat diterapkan dan privasi WhatsApp dapat dengan mudah disalahgunakan oleh orang lain. Untuk mencegah hal ini terjadi, tips aman berikut harus diperhatikan.

  1. Gunakan browser yang benar
    Untuk mengakses WhatsApp dari situs web, Anda harus terlebih dahulu menggunakan browser yang aman dan mendukung situs web. Jika Anda terpaksa membukanya dengan browser yang tidak kompatibel, maka tidak akan menampilkan iklan secara maksimal pada website yang dibuka tersebut.
    Faktanya, kemungkinan buruknya adalah situs web tidak akan terbuka dan WhatsApp tidak dapat diakses melalui browser. Beberapa browser berkualitas tinggi yang memberikan tampilan maksimal untuk akses WA adalah Opera, Chrome, Mozilla Firefox, dan browser tertentu lainnya.
  2. Pastikan untuk keluar dari akun setelah menggunakan PC
    Untuk PC yang tidak bersifat pribadi, mis. Misalnya, laptop di kantor atau laptop kampus, pastikan untuk keluar dari akun Anda segera setelah menggunakannya. Selama WhatsApp masih aktif di Android, WA tidak ditampilkan di PC, meski sudah dimatikan.
    Ini memungkinkan orang lain untuk membuka wa yang akunnya tidak dikeluarkan oleh pengguna laptop sebelumnya.
  3. Beri WA kode keamanan agar tidak semua orang bisa mengaksesnya
    Selain mencadangkan akun WhatsApp di PC, ada juga kebutuhan untuk mencadangkan aplikasi di Android. Jika seseorang dapat membuka WhatsApp tanpa keamanan, pembajakan dapat dilakukan dengan memindahkannya ke PC menggunakan WhatsApp Web.
    Agar lebih aman, gunakan fungsi kode keamanan WhatsApp di Android agar WhatsApp Web tidak bisa diakses di PC pengguna lain. Kode keamanan WA bisa disesuaikan dengan tipe Android. Bisa berupa sidik jari, pola, kata sandi, dan pin.
    Meski Web WA memiliki banyak keunggulan dan mudah diakses, namun penggunaannya harus memenuhi kebutuhan Anda. Jika Anda jarang mengakses PC dan tidak terlalu mendesak untuk digunakan, sebaiknya jangan gunakan untuk keamanan privasi.
    Sebaliknya, fungsi web WhatsApp ini bisa menjadi solusi paling praktis dan termudah ketika PC dan WA perlu digunakan secara terus menerus dalam waktu yang bersamaan.

Referensi :