Skip to toolbar

Selaput Dara Sudah Robek Pertanda Tidak Perawan?

Wanita yang tidak mengalami pendarahan ketika pertama melakukan hubungan seksual bisa jadi bukan karena sudah tidak perawan, namun ada penyebab lainnya.

Sampai saat ini masyarakat masih banyak yang berpendapat bahwa seorang wanita yang masih perawan akan mengalami pendarahan ketika pertama kali melakukan hubungan seksual. Darah ini dipercaya keluar karena selaput dara wanita yang robek ketika mengalami penetrasi seksual untuk kali pertama. Padahal sebuah penelitian mendapati fakta bahwa hanya 47% wanita yang mengalami pendarahan ketika pertama kali berhubungan seksual.

Ketika terjadi penetrasi pertama kali, penis pria akan menembus lubang vagina wanita yang masih rapat dan di dalamnya terdapat selaput dara yang menutupi lubang vagina. Namun tidak semua wanita memiliki selaput dara semenjak lahir. Tidak terjadinya pendarahan ketika melakukan hubungan seksual untuk pertama kali bisa disebabkan oleh banyak hal, yaitu:

Vagina Mendapatkan Lubrikasi Yang Baik

Ketika melakukan hubungan seksual, selaput di dalam vagina akan meregang untuk jalur masuk penis. Namun jika Anda melakukan hubungan seksual dengan rileks, maka vagina wanita umumnya akan terlubrikasi dengan baik, sehingga selaput dara bisa tidak mengalami robek ataupun mengeluarkan darah. Wanita yang tidak mengalami pendarahan ketika pertama kali berhubungan seksual umumnya yang memiliki struktur selaput dara yang lebih tebal.

Perbedaan Kondisi Vagina

Wanita dilahirkan dengan selaput dara yang berbeda. Selaput dara wanita umumnya berbentuk jaringan lembaran dengan pembuluh darah dari vagina. Selaput dara yang dimiliki wanita bisa lebih tebal ataupun lebih tipis. Bahkan ada juga yang membran selaput daranya menutupi seluruh lubang vagina.

Tegang Ketika Pertama Kali Berhubungan Seksual

Saat lubrikasi tidak keluar, biasanya vagina akan mengalami nyeri ataupun mengeluarkan darah. Cairan lubrikasi yang tidak keluar tersebut bisa disebabkan karena wanita merasa tegang ketika pertama kali melakukan hubungan seksual. Cairan lubrikasi biasanya akan keluar ketika seorang wanita terangsang, namun jika wanita merasa tegang makan cairan vagina atau darah ataupun cairan bening tidak akan keluar dari vagina.

Selaput Dara Sudah Robek Karena Aktivitas Lain

Aktivitas lain selain penetrasi seksual juga bisa membuat selaput dara menjadi robek tanpa sepengetahuan pemiliknya. Bisa juga selaput dara robek ketika seorang wanita mengalami kecelakaan atau cidera pada bagian vagina. Kegiatan olahraga tertentu juga bisa menyebabkan selaput dara robek karena terlalu meregang.

Tes Kesehatan Ataupun Penggunaan Tampon

Jika seorang wanita pernah melakukan pemeriksaan pada vaginanya, dengan memasukkan alat medis bernama speculum, maka ada kemungkinan selaput dara akan robek. Sama halnya juga dengan penggunaan tampon ketika menstruasi. Secara tidak sadar, selaput dara akan robek karena penggunaan benda tersebut sehingga tidak terjadi pendarahan ketika melakukan hubungan seksual untuk pertama kalinya.

Jadi jika Anda ataupun pasangan Anda tidak mengalami pendarahan ketika melakukan hubungan seksual pertama kali saat malam pertama, bukan berarti bahwa wanita tersebut tidak perawan. Kemungkinan beberapa penyebab di atas yang membuat kondisi tersebut. Maka dari itu, pemikiran keterkaitan selaput dara dengan keperawanan tidak sepenuhnya benar, karena memang tidak terbukti hal tersebut bisa menjadi penentu keperawanan seorang wanita.

Bahkan seorang wanita yang memang sudah tidak perawan bisa saja masih memiliki selaput dara yang utuh, karena sifat selaput daranya yang lebih elastis dibandingkan dengan wanita lainnya. Ada juga wanita yang sudah melahirkan namun masih memiliki selaput dara yang tidak sepenuhnya robek. Maka dari itu jangan langsung beranggapan bahwa wanita yang tidak berdarah ketika berhubungan seksual pertama kali adalah tidak perawan. Sebenarnya hanyalah pemeriksaan medis yang dapat memastikan apakah selaput dara wanita masih utuh atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *