Skip to toolbar

Mengenal Kamera GoPro Serta Keunggulannya 

Kamera GoPro Saat ini sedang populer di kalangan remaja ataupun bagi yang suka berfoto dan mengabadikan hasil kegiatan di manapun Anda berada. Tapi mungkin ada juga yang belum banyak mengetahui tentang apa sebenarnya kamera GoPro tersebut. Gopro sendiri merupakan jenis merk sebuah kamera yang sama seperti beberapa merek-merek kamera populer Sony, Canon, Panasonic, Fujifilm dan lainnya.

Ciri khas yang dimiliki Kamera GoPro yaitu salah satu keunggulannya sebagai action camera. Meskipun banyak juga yang menggunakan kamera ini didalam ruangan. Namun kamera ini memang dirancang untuk mengabadikan berbagai momen penggunanya dalam berbagai aksi saat berada di luar ruangan.

Banyak aktivitas yang dapat dilakukan menggunakan kamera GoPro ini, seperti saat melakukan aktivitas olahraga bersepeda, jumping, surfing, paralayang / terjun payung, motorcross hingga ketika melakukan aktivitas didalam air dan berbagai aktivitas outdoor lainnya. Sehingga kamera GoPro ini lebih populer jika dibanding dengan kamera lainnya.

Namun sebenarnya ada beberapa camera recorder juga bisa dilakukan untuk mengabadikan banyak aktivitas lainnya, namun GoPro sudah mendapat predikat sebagai jenis kamera action yang saat ini banyak digandrungi karena ketahanannya di atas rata-rata. Kamera ini bahkan mampu digunakan di cuaca ekstrem, tahan guncangan dan di dalam air dengan menggunakan sebuah casing khusus serta berbagai asesoris lainnya.

Karena kepopuleran kamera GoPro ini, saat ini bahkan sudah banyak merk lain yang bermunculan dengan memberikan banyak keunggulan yang hampir serupa dengan harga yang bervariasi. Namun kamera GoPro tetap menjadi pelopor merek jenis action camera yang paling populer. Bahkan menjadi merek action camera paling populer di dunia hingga saat ini.

Kamera GoPro juga sama seperti sebuah smartphone yang memiliki sistem operasi android maupun IOS. Kamera ini memiliki beberapa versi pembaharuan seperti GoPro Hero 3, Hero 3+, GoPro 4 serta berbagai versi lain yang tersedia dengan beberapa jenis warna. Namun tentu saja kamera GoPro ini memiliki beberapa keunggulan serta kekurangan. Berikut beberapa ulasan lebih jauh tentang keunggulan serta kekurangan kamera action ini.

Keunggulan dan Kekurangan Kamera Action GoPro

Kamera GoPro ini mempunyai bentuk kamera yang lumayan mungil, tidak begitu berat, sehingga sangat nyaman dibawa dan digunakan saat mengabadikan video action terbaik anda. Lalu Salah satu alasan mengapa harus membeli kamera action ini adalah karena kualitas video yang dihasilkan juga sangat baik. Dengan kapasitas hingga 20 GB membuat Anda puas melakukan perekaman video bahkan sampai sekitar 1 jam hingga lebih.

Jadi kalian tidak perlu khawatir jika nanti hasil gambar atau video Anda akan menghasilkan kualitas buruk. Karena meskipun digunakan untuk kegiatan luar ruangan dan banyaknya gerakan, tak akan mempengaruhi kualitas gambarnya.

Kamera GoPro ini memiliki keunggulan lain yaitu aplikasi seperti Android/IOS yang dapat digunakan untuk mengontrol rekaman atau gambar yang dihasilkan melalui koneksi wifi. Jadi hasil yang diabadikan dalam kamera GoPro ini bisa dilihat langsung melalui gadget yang Anda miliki. Ini akan memudahkan Anda ketika ingin membagikannya di media sosial yang dimiliki.

Keunggulan lainnya adalah kamera ini tahan guncangan dan cuaca ekstrem. Jadi ketika Anda menggunakan kamera ini dalam berbagai kegiatan dan mengalami benturan atau jatuh secara tiba-tiba, tidak perlu khawatir. Semua jenis kamera GoPro ini tidak akan mudah mengalami masalah berarti soal itu. Begitu juga untuk cuaca ekstrem. Kamera ini berbeda dari jenis kamera biasa, dimana terkadang beberapa kamera tidak tahan cuaca ekstrem. Namun dengan Gopro semua bisa teratasi.

Kemudian kamera ini juga tahan didalam air. Jadi ketika Anda ingin melakukan kegiatan didalam air seperti berenang atau wahana air lainnya. Kamera GoPro ini memiliki aksesori khusus didalam air, dimana penggunanya bisa melakukan berbagai aktivitas dan mengabadikannya tanpa perlu khawatir karena terkena air.

Kamera GoPro ini memang memiliki berbagai aksesoris yang digunakan untuk mendukung berbagai aktivitas outdoor anda. Ada tongkat/monopod yang dapat digunakan untuk pegangan dan memudahkan ketika mengambil gambar self camera. Lalu ada alat yang digunakan untuk meletakkan kamera Gopro di bagian tertentu seperti menempatkan di stang sepeda, motorcross, di bagian helm, atau saat selancar dan berbagai tempat yang cocok dengan aksesoris mounting khusus lainnya.

Selain untuk kegiatan outdoor, banyak pengguna yang menggunakan kamera GoPro untuk aktivitas vlog mereka atau sekedar digunakan untuk acara kumpul-kumpul bersama banyak teman untuk mengambil sudut gambar yang lebih lebar. Karena action camera ini memiliki sensor yang dapat mengambil sudut gambar yang sangat lebar sehingga membuat hasil gambar yang diambil terlihat luas dan menarik.

Dalam beberapa tipe kamera GoPro mulai dari Hero4 hingga Hero5, sudah memiliki kemampuan untuk mengambil video dengan 4k support. Selain itu juga dapat merekam video slow motion dengan kecepatan yang cukup tinggi.

Meskipun dianggap camera action sempurna, namun GoPro juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satu kekurangan kamera ini adalah hanya fokus dalam fitur pengambilan videonya. Jadi ketika ingin memotret gambar, hasilnya tidak bisa sebagus yang dihasilkan kamera DSLR.

Selain itu belum terdapat fitur optimalisasi pengambilan gambar. Sehingga ketika terkena guncangan saat merekam hasilnya akan terlihat kurang bagus. Meskipun saat ini sudah tersedia fitur digital stabilization sehingga terjadi guncangan tidak terlalu terasa.

Lalu untuk harga asesorisnya juga dibandrol cukup mahal. Seperti pada GoPro Black, GoPro Silver, dan GoPro Hero yang dibanderol sekitar $129 hingga $499. Sedangkan untuk asesoris mounting nya harga $20 hingga $50. Jadi setidaknya jika ingin menggunakan Gopro untuk beragam aktivitas, Anda harus merogoh kocek lagi untuk membeli asesoris tersebut.

Untuk harga gopro juga masih relatif cukup mahal dibanding dengan beberapa merek camera action lainnya. Pada kamera GoPro tipe lama atau model lama saja harganya masih berkisar Rp. 3 juta. Padahal untuk action camera merek lain seperti XIAOMI YI, Brica, hingga Bellav saja sudah bisa dimiliki dengan harga mulai satu juta rupiah dengan berbagai keunggulan yang tidak kalah dengan merk GoPro.

Namun meskipun begitu kamera GoPro tetap populer dan menjadi primadona bagi para penggunanya yang gemar mengabadikan momen dan berbagai hal yang ingin dibagikan ke media sosial. Selain itu, hasil video yang dihasilkan juga tetap bagus meskipun pengambilan videonya dilakukan dengan guncangan dan berbagai macam aktivitas ekstrem yang dilakukan.

Berbagai asesoris yang dapat ditempatkan diberbagai sudut dan posisi membuat kualitas video yang dihasilkan masih tetap bagus. Hal ini juga yang membuat para penggunanya merasa puas dan tidak sia-sia jika mereka harus merogoh kocek lebih dalam untuk membeli berbagai jenis tambahan asesoris pendukung yang diberikan untuk mendapatkan hasil yang bagus. Demikian ulasan tentang action camera merk GoPro dan berbagai keunggulan serta beberapa kekurangan yang dapat saya jelaskan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *