Skip to toolbar

Apa Saja Penyebab AC Rumah Kurang Dingin?

Mungkin siapapun pernah mengalami saat memasang AC terbaik dan murah di rumah atau di kantor, ternyata AC yang dipasang tersebut kurang dingin. Memang ada beberapa faktor penyebab yang menyebabkan halĀ  tersebut. Terlebih jika AC itu baru saja dipasang tidak mungkin karena ada kotoran yang ada di dalam mesinnya. Terlebih lagi kompressornya pun juga tidak mungkin rusak dikarenakan adanya cacat produksi serta pipa sambungan freonnya pun juga tidak bermasalah. Maka dari itu, anda perlu mengetahui apa saja penyebab AC menjadi kurang dingin? Berikut ini akan diuraikan apa saja penyebabnya yang membuatnya demikian.

blogpost

 

Pertama anda harus memperhatikan apakah Btu Ac apakah lebih besar dari kebutuhan Btu ruangan? Bisa diambil pada contoh berikut. Sebuah ruangan berukuran 4 x 5 meter memiliki kebutuhan Btu 10.000 harus menggunakan AC dengan kapasitas 1,5 PK dengan Btu 12.000. Ruangan berukuran 3×4 meter Btu 6000 harus menggunakan AC dengan kapasitas 3/4 PK yang memiliki Btu 7000. Begitu pula untuk ruangan berukuran 5×5 meter harus menggunakan AC yang berkapasitas Btu 12.5000. Jika menginginkan suhu ruangan 24 derajad ke bawah, maka harus menggunakan AC yang kapasitasnya 2 PK.

Kedua, anda juga harus perhatikan posisi arah jendela besar menghadap ke barat atau timur. Atau tembok ruangan anda langsung terkena sinar matahari siang atau sore tidak? Bila demikian, maka ruangan akan terasa lebih panas jika jendela menghadap ke utara atau selatan dan juga tembok ruangan tidak terkena langsung sinar matahari di siang hari atau sore hari.

 

blogpost

Ketiga, perhatikan pula jumlah orang di dalam ruangan. Setiap orang membutuhkan 600 Btu untuk orang dewasa maka itu sudah cukup sejuk bagi mereka, sedangkan anak-anak Btu yang dibutuhkan adalah 400 supaya bisa merasakan kesejukan dari AC. Selanjutnya, anda juga harus pastikan outdoor juga memiliki breathing room atau tempat bernapas yang cukup. Outdoor AC yang terkena matahari serta hujan tentu tidak menjadi masalah. Paling penting menyisakan ruangan untuk cukup bernapas.

Jadi kesimpulannya, apapun merk AC yang anda gunakan jika Btu tidak cukup atau tidak pas, dengan kondisi di atas maka yang terjadi AC kurang maksimal dalam memberikan udara sejuk di dalam ruangan. Karena itu, gunakanlah AC jenis ac inverter terbaik agar dapat mendinginkan rumah secara optimal.