Skip to toolbar

Tujuan Pelatihan SDM Bagi Pegawai, Peningkatan Kualitas Pegawai untuk Produktifitas Perusahaan

Pelatihan dan pengembangan sdm merupakan sebuah hal yang sangat penting dan harus mendapat perhatian bagi setiap perusahaan maupun instansi untuk aspek manajemen sumber daya manusianya. Berbagai rangkaian kegiatan yang disusun secara terstruktur dan sistematis bertujuan untuk mengembangkan ketrampilan karyawannya. Ketika ketrampilan karyawan terus dikembangkan, maka nantinya akan berpengaruh pada kualitas dan performa karyawan dalam bekerja. Akhirnya, keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan juga bisa meningkat. Pelatihan sdm ini dilakukan dengan berbagai tujuan.

Berbagai Tujuan Diadakannya Pelatihan SDM Bagi Pegawai

Pelatihan dan pengembangan sdm merupakan sebuah sistem yang terstruktur dan sistematis dengan tujuan tertentu. Tujuan diadakannya pelatihan dan pengembangan sdm ini diantaranya adalah untuk mencapai penguasaan kemampuan dan skill serta meningkatkan pengetahuan karyawan atas bidang pekerjaannya masing-masing. Lebih spesifik, pelaksanaan pelatihan dan pengembangan sdm dilakukan dengan tujuan sebagai berikut.

  1. Memperbarui Kemampuan Individu Sejalan Perkembangan Teknologi

Perkembangan teknologi semakin berkembang sejalan dengan perkembangan jaman. Begitu pula teknologi yang digunakan dalam dunia industri. Pelatihan SDM yang dilakukan oleh karyawan akan membantu mengupgrade kemampuan dan skill masing-masing individu karyawan. Trainer akan memastikan bahwa setiap individu mampu memanfaatkan teknologi baru, terutama yang berkaitan dengan posisi dan bidang pekerjaannya di perusahaan. Hal tersebut diharapkan akan turut meningkatkan produktifitas kerja dari masing-masing individu.

  1. Meningkatkan Profesionalisme Karyawan

Tujuan selanjutnya diadakannya pelatihan dan pengembangan sdm di sebuah perusahaan adalah untuk meningkatkan profesionalisme setiap individu. Setiap program pelatihan dan pengembangan sdm yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan atau sumber daya manusianya tentu didesain dengan program yang disesuaikan dengan kebutuhan karyawan dan programnya pub sistematis. Karena disusun berdasarkan kebutuhan masing-masing individu, maka diharapkan nantinya individu tersebut dapat lebih profesional atas pekerjaan dan tanggung jawabnya.

  1. Mengenalkan Lingkungan Organisasi atau Instansi

Pelaksanaan pelatihan dan pengembangan sdm salah satunya dilakukan kepada karyawan yang masih berstatus baru. Tujuannya adalah agar karyawan atau masing-masing individu yang baru masuk dalam lingkungan Organisasi kerjanya atau instansi tempatnya bekerja bisa lebih mengenal lingkungan tempatnya bekerja. Selain itu, pengenalan ini juga dilakukan untuk membuat karyawan atau individu yang baru bergabung dengan organisasi atau instansi tempatnya bekerja bisa mengerjakan apa saja tanggung jawab pekerjaannya saat ini serta terus meningkatkannya.

  1. Melatih Setiap Individu untuk Berempati dan Memecahkan Masalah

Dalam bekerja tidak hanya dibutuhkan kemampuan atau skill untuk menyelesaikan tanggung jawab atau pekerjaan yang dibedakan kepada masing-masing individu saja. Diperlukan pula kemampuan dan sikap dari setiap individu untuk melihat segala hal tidak hanya dari pandangan dan pendapat sendiri, namun juga dari pandangan orang lain. Sikap empati ini diharapkan akan menciptakan lingkungan kerja yang nyaman bagi masing-masing individu sekaligus bisa meningkatkan produktifitas bagi perusahaan. Kemampuan karyawan untuk memandang segala sesuatu dari berbagai perspektif juga diharapkan mampu mengembangkan kemampuan setiap karyawan dalam menganalisa masalah yang terjadi dalam lingkungan kerjanya. Dengan begitu nantinya juga bisa dilakukan pengambilan keputusan serta pemecahan masalah yang paling bijak.

Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia terbukti menjadi salah satu aspek yang harus mendapatkan perhatian lebih dari perusahaan guna meningkatkan produktifitas kerja karyawannya. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diketahui berbagai tujuan diadakannya pelatihan dan pengembangan sdm bagi Organisasi, perusahaan maupun instansi. Jika Anda membutuhkan mitra pelatihan dan pengembangan sdm yang profesional, Gamasemestas bisa menjadi pilihan terbaik untuk membantu perusahaan Anda. Akses gamasemesta.com dan temukan berbagai pelatihan dan pengembangan sdm sesuai kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *