Skip to toolbar

Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Desain Grafis

Ilmu dan teknologi memang akan terus berdampingan dalam berkembang. Jika kamu sedang tertarik dengan dunia digital terutama desain, desain grafis bisa menjadi alternatif. Semakin lama kebutuhan akan keterampilan ini terus meningkat. Kamu tidak hanya bisa mendapatkan ilmu ini secara formal di bangku pendidikan, namun juga bisa belajar otodidak. Namun pernahkan menanyakan apa itu desain grafis, daripada penasaran simak ulasannya.

Description: kuning fon seni Desain grafis seni modern desain grafis

Berkenalan Dengan Ilmu Desain Grafis Yang Banyak Dibutuhkan

1. Sekilas Tentang Desain Grafis

Ilmu satu ini memang makin lama makin sering terdengar. Dan desain grafis sendiri merupakan sebuah bentuk dari seni yang tujuannya untuk memecahkan sebuah masalah komunikasi. Pemecahan masalah ini dilakukan dengan mengkombinasikan berbagai elemen, mulai dari garis, bentuk, bidang, warna dan lain sebaginya. Dengan kolaborasi tersebut akhirnya menghasilkan visual yang diharapkan bisa sebagai sarana menyampaikan informasi.

Bahkan gagasan maupun pesan juga bisa dengan jelas serta efektif untuk disampaikan. Hasil visual ini bahkan bisa mengubah atau membentuk persepsi manusia pada sebuah hal. Dalam dunia desain grafis, tulisan juga bisa disebut dengan gambar. Hal ini karena tulisan adalah bentuk abstrak simbol yang dibunyikan. Untuk ilmu yang mempelajari desain grafis adalah Desain Komunikasi Visual. Tentunya kamu tak hanya belajar apa itu desain grafis, namun juga hal lainnya.

2. Desainer Grafis

Orang yang berkecimpung dalam dunia desain grafis dikenal dengan desainer grafis. Seorang desainer grafis mengemban tugas penting yakni sebagai problem solver atau pemecah masalah. Mereka harus membuat orang yang melihat karya visualnya mengerti dengan apa pesan yang ingin disampaikan. Untuk menjadi seorang desainer grafis bukanlah perkara yang mudah. Selain harus punyai kemampuan kognitif, ketrampilan visualnya juga harus mumpuni.

3. Prinsip Dalam Desain Grafis

Dalam dunia desain grafis juga terdapat prinsip yang dipegang teguh untuk menghasilkan sebuah karya. Dan prinsip pertama yang harus dimiliki dan bahkan menjadi pedoman para desainer, menghasilkan desain yang komunikatif. Mengingat tujuan desain tersebut sebagai sarana komunikasi. Sehingga untuk menghasilkan karya desain grafis, tidak cukup mengerti tentang apa itu desain grafis. Ada banyak ilmu yang juga harus dipelajari dan ketrampilan yang terus diasah.

Prinsip pendukung yang juga harus dipegang erat adalah penekanan, kesatuan, proporsi, keseimbangan, kesederhanaan dan juga irama. Penekanan atau aksentuasi dalam desain ini harus bisa menarik perhatian dari setiap orang yang melihatnya. Ketika desain tersebut bisa disampaikan dengan baik, maka orang orang akan tergerak untuk membagikan informasi atau pesan yang tersirat tersebut. Kesatuan sendiri, isi pokok desain harus terlihat utuh.

Sehingga ketika dilihat tidak terpecah pecah desain tersebut. Prinsip yang selanjutnya proporsi yakni dalam membuat desain maka perbandingan matematis  haruslah tepat sehingga akan terlihat proporsional. Keseimbangan ini mengacu pada konsistensi elemen desain dan juga meninggalkan kesan fleksibel dan dinamis. Prinsip yang selanjutnya kesederhanaan, desain yang sederhana akan memudahkan pembaca memahami pesan yang disampaikan.

Yang terakhir adalah prinsip irama. Di dalam sebuah karya seni pasti memiliki unsur pendukung. Dan irama merupakan pengulangan unsur unsur yang ada. Di dalam karya desain grafis unsur meliputi garis, bentuk, ruang, tekstur, warna dan ukuran. Jika semua prinsip di pegang maka desain grafis tersebut sudah memenuhi standar. Inilah alasan dengan mengetahui apa itu desain grafis tidak cukup.

Kini sudah banyak kampus atau lembaga kursus yang bisa kamu ambil untuk belajar ilmu satu ini. Peluang desain grafis ini cukup lebar, mengingat peranannya cukup penting. Karena selain bisa menyampaikan pesan, desain grafis juga bisa sebagai salah satu cara untuk memasarkan produk maupun jasa. Desain grafis bukan hanya soal mendesain kartu nama atau kaos, namun ada banyak bagian bagiannya.

Referensi : musafirdigital.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *