Skip to toolbar

Yuk Intip Cara Mudah Budidaya Ikan Patin yang Menjanjikan

Memiliki usaha budidaya ikan patin tentu saja akan menjadi hal yang menguntungkan untuk anda. Pasalnya, ikan patin sendiri memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia, diantaranya adalah mampu untuk mengontrol kolesterol dan menaikkan trombosit.

Cara Mudah Untuk Mulai Berbudidaya Patin

Nah, bagi anda yang ingin mulai untuk membudidayakannya, maka anda pun bisa mencoba caranya berikut ini.

1. Dengan Memilih Bibit Yang Tepat

Ketika anda ingin mulai untuk mengembangkan budidaya ikan satu ini maka anda pun perlu untuk memilih benih dan bibit ikan murah berkualitas secara tepat. Ketika memilih bibit, maka anda pun perlu untuk memperhatikan beberapa faktor seperti memiliki tubuh yang proporsional serta ukuran kepala dan tubuh seimbang.

Saat anda mulai melakukan budidaya ikan patin maka anda pun juga perlu untuk memilih ikan yang mempunyai pergerakan yang lincah serta dari induk yang berkualitas unggul.

2. Dengan Mencari Lokasi Yang Tepat

Selain itu, anda pun juga perlu untuk memilih lokasi yang tepat ketika akan melakukan budidaya. Hal ini dikarenakan ikan patin sendiri memiliki habitat yang cenderung bebas seperti sungai.

Sehingga sebelum akan memutuskan untuk memulai bisnis dari budidaya ikan satu ini, maka anda pun perlu untuk mengetahui habitat yang dibutuhkan oleh ikan patin ini. Dimana anda bisa memilih lokasi yang terbuka dan usahakan berada di tanah yang lempung.

3. Cara Menangani Hama Dan Penyakit

Di dalam budidaya ikan patin ini pun anda juga perlu untuk memperhatikan hama dan juga penyakit yang sering kali menghampiri ikan satu ini. Untuk itu, anda pun bisa mencegah masuknya hama dengan memasang lampu penerangan yang berada di sekitar kolam.

Hal ini dikarenakan hama tidak akan suka jika terdapat sinar lampu. Selain itu, ada pula penyakit yang biasa menyerang ikan ini, yakni penyakit infeksi dan non infeksi juga perlu anda perhatikan.

4. Dengan Memelihara Secara Tepat

Untuk cara budidaya ikan ini secara optimal, maka anda pun perlu untuk melakukan beberapa hal seperti memastikan suhu yang tepat di dalam kolam budidaya ikan patin anda.

Selain itu, anda perlu melakukan pemupukan terlebih dahulu sebelum memasukkannya ke kolam. Hal ini bertujuan untuk merangsang pertumbuhan dari pakan alami yang nantinya akan dibutuhkan oleh ikan anda.

Untuk pemberian makannya sendiri, maka anda pun bisa melakukannya secara bertahap yakni di waktu pagi dan juga sore hari. Dengan memahami cara budidaya ikan patin yang benar, maka anda pun juga akan bisa menghasilkan ikan patin dengan kualitas yang jempolan dan akan membuat anda menjadi pengusaha ikan yang sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *