Skip to toolbar

Haram Hukumnya Aqiqah menggunakan Jasa Catering?

Eitsss….jangan langsung menyimpulkan apabila hanya mendengar dari seseorang yang “katanya” dan tidak tau ilmunya dalam berpendapat mengenai syar’i. Manusia diciptakan lebih baik dari hewan karena memiliki ilmu dapat berpikir secara kritis dalam menjalankan ibadahnya. Oleh sebab itu jangan hanya menebak-nebak yang diperoleh dari satu sumber itupun belum tentu valid bisa jadi malah jadi berita hoax.

Berawal dari pengalaman seseorang bertanya kepada ustadz, berikut kutipan dari beberapa summber:

Assalamu’alaikum w.w ustadz, saya mau bertanya bahwa keponakan saya baru lahir dan ingin melaksanakan aqiqah namun terdapat pertentangan antara keluarga bapak dan ibu si bayi. Keluarga bapak si bayi menolak menggunakan jasa catering dan ngotot untuk penyembelihan kambing dilakukan dan diacarakan di depan rumah orang tua si bayi. Namun keluarga ibu si bayi tidak masalah apabila memakai jasa catering, penyembelihan bisa dilakukan dimana saja seperti halnya yang dilakukan oleh tetangganya, lagi pula kalau dirumah nnatinya juga tidak ada yang memasak dan malah jadi repot. Keluarga Ibu si bayi juga muallaf jadinya belum mengerti maslah aqiqah semuanya dengan jelas apakah hal tersebut diperbolehkan.

Kemudian Ustadz menjawab:

Assalamu alaikum wr.wb.

Alhamdulillahi Rabbil alamin. Ash-shalatu wassalamu ala Rasulillahi wa ala alihi wa shahbihi. Amma ba’du: Terkait dengan akikah Rasul saw bersabda, “Setiap anak tergadai dengan akikahnya. Karena itu disembelihkan untuknya pada hari ketujuh (kelahiran), dicukur rambutnya, serta diberi nama.”

Kemudian untuk yang berhak menyembelih dan dimana tempatnya tidak ada dalil yang menjelaskan harus dirumah orang tua bayi, jadi dapat dilakukan dimanapun serta dapat disembelih oleh siapapaun asalkan dia seorang muslim dan tau tata cara penyembelihan secara syar’i.

Selain itu, tidak ada acara khusus dalam aqiqah. Prosesi aqiqah dapat dilakukan dengan membagikan olahan daging aqiqah kepada fakir miskin, tetangga, keluarga maupaun tamu undangan. Dan kalaupun ingin dibuatkan acara yang dimaksudkan untuk mengumpulkan keluarga atau tetangga itu diperbolehkan dan tidak masalah selama sesuai tuntunan ajaran Islam.

Nah, sudah jelas bukan? jadi bagi kamu yang ingin melaksanakan Aqiqah dan ingin menggunakan jasa catering aqiqah, kini tak perlu ragu lagi karena hukumnya diperbolehkan. Bagi warga Bandung dan sekitarnya, kamu bisa menghubungi dapuraqiqah.net yaitu layanan catering Aqiqah Bandung yang sudah terpercaya, tersertifikasi, dan berpengalaman.