Skip to toolbar

Tata Cara Pelaksanaan Aqiqah, Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Jasa Aqiqah Bandung

Bagi setiap orang tua, kelahiran buah hati adalah sebuah anugerah yang tak ternilai harganya dan harus disyukuri. Salah satu cara mensyukuri rejeki tersebut adalah dengan menggelar aqiqah atas kelahiran buah hatinya. Untuk kebutuhan ini, jasa aqiqah Bandung akan selalu siap membantu Anda dalam penyelenggaraan aqiqah yang sesuai syariat.

Selain sebagai bentuk rasa syukur, pelaksanaan aqiqah juga menjadi pelaksanaan salah satu sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Karena itu, pelaksanaannya diatur dalam syari’at sebagaimana pelaksanaan ibadah qurban. Bagi Anda yang belum tahu, berikut ini adalah beberapa tata cara pelaksanaan aqiqah yang sesuai syariat.

  1. Pemilihan Kambing yang Disembelih

Pelaksanaan aqiqah pasti menggunakan kambing sebagai hewan yang akan disembelih. Kambing yang dipilih pun tidak boleh sembarangan. Mulai dari usia, jenis, kesehatan hingga jumlahnya sudah diatur dalam syariat. Misalnya untuk jumlah, kambing yang disembelih untuk anak laki-laki berjumlah 2 ekor dan perempuan 1 ekor. Tentu saja kambing yang digunakan harus sehat dengan syarat usia tertentu.  Inilah yang pasti Anda dapatkan dari dapuraqiqah.com salah satu jasa aqiqah Bandung terpercaya.

  • Daging Kambing yang Sudah Dimasak Dimakan Sebagian

Penyelenggaraan aqiqah biasanya diikuti dengan pengajian yang mengundang banyak orang, dimana kemudian kambing yang sudah disembelih dan diolah menjadi makanan dibagikan kepada orang yang hadir. Namun yang harus diketahui adalah, hasil olahan tersebut tidak dibagikan secara keseluruhan namun sebagiannya juga harus dinikmati oleh orang tua dan kerabat dari si bayi.

  • Mendoakan, Memberi Nama dan Mencukur Rambut Bayi

Tata cara terakhir yang dilakukan saat menyelenggarakan aqiqah adalah mendoakan sang bayi agar kelak menjadi anak sholeh/sholeha yang dapat berguna bagi orang tua, bangsa dan agama. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian nama dan pemotongan rambut si bayi.

Itu tadi adalah beberapa aturan atau tata cara penyelenggaraan aqiqah yang dianjurkan untuk diikuti. Agar acara aqiqah yang Anda selenggarakan sesuai dengan aturan dan tata cara tersebut, saat memilih lembaga atau jasa aqiqah juga harus memilih yang terbaik. Dapur aqiqah bisa menjadi salah satu pilihan jasa aqiqah Bandung terbaik yang bisa Anda manfaatkan.