Skip to toolbar

Lambang Pancasila dan Artinya

Sebagai warga negara Indonesia, Anda tentu tidak asing dengan Pancasila. Ia merupakan dasar negara yang tidak boleh dilanggar oleh seluruh warga negara Indonesia, Digambarkan sebagai burung garuda, ia memiliki berbagai simbol yang sarat dengan makna. Akan tetapi tidak semua orang bisa dengan mudah mengetahui lambang Pancasila dan artinya.

Berikut ini merupakan penjelasan mengenai lambang Pancasila dan implementasi dari maknanya. Semoga dengan informasi berikut, Anda bisa dengan mudah memahami dan mengetahui makna yang terdapat dalam simbol di Pancasila.

1. Simbol Bintang Emas

Bintang Emas merupakan simbol pertama yang terdapat dalam Pancasila, ia memiliki makna sebagai Ketuhanan yang Maha Esa. Simbol tersebut menjadi penanda bahwa masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang percaya dengan Tuhan dan Tuhan menjadi cahaya bagi manusia.

2. Simbol Rantai

Memiliki arti sebagai kemanusiaan yang beradab, ia merupakan lambang antara hubungan manusia dengan manusia lain. Lambang tersebut berbentuk gelang persegi dan lingkaran.

3. Simbol Pohon Beringin

Lambang Pancasila dan artinya selanjutnya adalah pohon beringin, yang bermakna persatuan Indonesia. Pohon beringin yang  besar menandakan kesatuan bangsa dan akar yang menggantung menjadi tanda bahwa Indonesia negara yang bersatu.

4. Kepala  Banteng

Merupakan simbol dari sila keempat dalam Pancasila, yang menggambarkan masyarakat Indonesia melakukan pengambilan keputusan dengan musyawarah. Sudah menjadi tradisi bagi bangsa Indonesia bahwa mereka akan berkumpul untuk memecahkan masalah bersama.

5. Padi dan Kapas

Merupakan simbol dari Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, ia menjadi simbol pangan dan sandang yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, sehingga menggambarkan persamaan, tidak ada kesenjangan, dan kedudukan yang setara.

Masing-masing dari simbol tersebut diimplementasikan dalam bentuk sila, yang kemudian menjadi hal yang penting untuk diketahui oleh warga negara bangsa Indonesia. Sampai saat ini Pancasila tetap menjadi dasar negara Indonesia dari awal kemerdekaan.

Demikianlah ulasan singkat mengenai lambang Pancasila dan artinya yang bisa dengan mudah Anda pahami dilansir dari insanpelajar.com.  Semoga informasi tersebut memberikan manfaat untuk Anda, terutama yang sedang mempelajarinya dalam instansi pendidikan berbagai jenjang.