Skip to toolbar

Budidaya Ikan Mas Rumahan Yang Menguntungkan

Ikan mas dikenal sebagai ikan hias air tawar serta menjadi ikan yang enak di konsumsi. Sebagai jenis ikan dengan 2 kebutuhan, sudah sewajarnya ikan mas ramai permintaan. Mau ikan mas ukuran dewasa atau anakan, jenis ikan ini selalu menjadi buruan berbagai orang.

Sedangkan untuk kelompok bisnis, ikan mas mempunyai harga jual yang ekonomis dan stabil. Dengan begitu, budidaya ikan ini bisa dikatakan menjanjikan seperti halnya dengan bibit ikan nila, lele, gurame, belut, mas, koi, patin atau lainnya.

Cara Budidaya Ikan Mas

Nah, jika kalian tertarik untuk mencoba membudidayakan ikan ini. Bagaimana kalau cari tahu dahulu cara budidaya ikan mas. Dan untuk tahu seperti apa caranya, kalian ketahui saja di bawah ini.

Kolam Ikan Mas

Untuk mengetahui seperti kolam dari ikan mas. Jadi di sini kita bisa membuat kolam ikan mas dari tanah, terpal, atau cor-coran semen. Dan untuk diameter kolam dari terpal, kalian bisa membuatnya dengan ukuran 7×10 meter kedalaman 120 senti meter.

Sedangkan untuk kalian yang ingin membuat kolam dari cor semen, anda bisa membuatnya dengan ukuran seperti di atas. Jika sudah jadi, jangan langsung beri air meski pun semen sudah kering. Tunggu paling tidak 5 sampai 7 hari baru digunakan.

Pemilihan Bibit

Setelah kolam, kalian perlu memperhatikan bibit yang digunakan untuk pembudidayaan. Benih yang rekomendasi digunakan adalah bibit unggul dengan ciri sehat dan lincah.

Bibit unggul sangat dianjurkan, untuk mengurangi risiko kegagalan budidaya karena kematian bibit-bibit tadi. Anda bisa ameilih dan membelinya dari tempat yang jual bibit ikan.

Pakan Ikan Mas

Sedangkan untuk pakn dari ikan mas ini, kalian bisa menggunakan makanan ikan budidaya lainnya seperti dedak, cacing tanah, kroto, dan makanan lainnya. Dan untuk pemberian pakan ini, kalian lakukan 2 kali sehari di waktu pagi dan sore.

Sedangkan dalam pemberian pakan ini, perlu ada pengawasan kalau ikan sudah kenyang ambil sisa pakan yang enggak dimakan. Pengambilan pakan ini untuk menghindari ikan terkena penyakit yang disebabkan menumpuknya pakan di kolam.

Waktu Panen

Sedangkan untuk masa panen ikan mas, kalian bisa melakukan perkiraan waktu dan berat dari ikan mas tersebut. Jadi waktu ikan mas sudah siap panen selama 6-8 bulan kemudian dari awal pembudidayaan.

Tapi kalau ikan rata-rata mencapai berat 300-400 gram per ekornya, maka waktu panen sudah tiba. Dengan adanya dua masa ini, kalian bisa menentukannya sendiri.