Skip to toolbar

Rekomendasi Instagram Tools Terbaik untuk Bisnis Online

Memanfaatkan platform Instagram untuk mengembangan bisnis merupakan salah satu strategi yang tepat digunakan pada era saat ini. Dengan adanya fitur Instagram untuk bisnis semakin memudahkan pebisnis untuk memperluas pangsa pasarnya. Namun, dalam menarik perhatian pengguna media sosial dibutuhkan konten yang kreatif.

Meningkatkan brand awareness diInstagram dapat dengan mudah dilakukan dengan menggunakan beberapa tools tambahan. Simak penjelasan berikutnya untuk mengetahui daftar Instagram tools yang wajib Anda pakai untuk memaksimalkan pemasaran diplatform Instagram. Tools yang tersedia pada platform Instagram dibagi menjadi 5 kategori, yaitu :

  1. Instagram Tools untuk Desain

Konten yang dibuat dengan kreatif akan dengan mudah menarik perhatian pengguna media sosial. Setiap merek harus memiliki identitas atau ciri khas tersendiri, tujuannya agar masyarakat dengan mudah mengingat merek tersebut.

Walaupun tidak memiliki kemampuan dalam fotografi, Anda tetap bisa menampilkan foto-foto yang bagus dengan hanya menggunakan handphone saja.  Berikut beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk mempercantik konten Anda :

  1. VSCO (Andorid dan iOS)

Dengan fitur-fitur editing yang cukup lengkap, termasuk juga dengan filter yang dapat membuat hasil jepretan handphone Anda terlihat sangat bagus.

Adapun fitur-fitur unggulannya antara lain :

  • Filter yang memiliki kualitas tinggi;
  • Memiliki fitur editing yang cukup lengkap;
  • Penggunaannya mudah.
  • Snapseed (Android, Windows, macOS, iOS)

Snapseed menawarkan fitur editing yang lengkap dan gratis. Tune Image, HDR, Space, Transform dan fitur yang penting lainnya dapat Anda temukan ditools ini. Fitur bernama Stacks juga dapat ditemukan pada Snaseed.

Anda dapat dengan mudah menerapkan pengaturan editing yang telah digunakan sebelumnya, sehingga tidak perlu membutuhkan waktu yang lama untuk menerapkannya pada foto yang baru.

Fitur unggulan dari Snapseed adalah sebagai berikut:

  • Fitur yang cukup lengkap;
  • Stack yang dapat menyimpan pengaturan editing;
  • Ringan
  • Afterlight (iOS)

Tools selanjutnya yaitu Afterlight, namun belum dapat digunakan pada perangkat android. Menawarkan berbagai macam filter, tekstur hingga frame  yang membuat Anda dapat dengan cepat mengedit foto menjadi lebih bagus. Namun, Tools ini juga memberikan kebebasan bagi Anda untuk menyimpan template buatan sendiri.

  • Banyakanya pilihan pengaturan yang dapat dengan mudah digunakan;
  • Tampilannya simple serta menarik.
  • Canva (Web, Android, iOS)

Tools ini menyediakan ribuan template yang dapat digunakan secara cuma-cuma untuk Anda. Tak hanya itu saja Anda juga dapat memilih jenis template yang sesuai dengan bisnis yang akan dipromosikan.  Dengan canva Anda dapat memilih berbagai macam font yang tersedia, sehingga dapat disesuaikan dengan jenis bisnis yang Anda miliki.

Fitur unggulan yang dimilikinya yaitu :

  • Tersedia 8000 lebih template gratis;
  • Cocok untuk mempercantik Instagram stories
  • Photoshop Express (Android, Windows, iOS)

Tak hanya dapat digunakan pada dekstop saja, tools ini dapat diuntuh di perangkat handphone Anda. Walaupun aplikasi ini tidak selengkap pada versi desktop, namun viturnya tidak dapat diremehkan. Mulai dari filter, preset, hingga watermark.

Fitur unggulannya yaitu :

  • Fitur yang bagus;
  • Beberapa fitur yang mirip dengan Photoshop versi desktop.
  • Instagram Tools untuk Video

Tidak perlu mahal-mahal untuk menyewa jasa pembuatan video untuk membuat video yang menarik bagi strategi video marketing Anda. Sebab  tools  instagram dibawah ini mampu menyajikan video yang bagus secara cepat tanpa perlu proses editing. Berikut beberapa toolsnya:

  1. Boomerang form Instagram (Andorid, iOS)

Boomerang merupakan aplikasi Instagram yang dapat memungkinkan Anda melakukan video berdurasi perndek berulang-ulang. Setelah selesai proses pengambilan video, Anda dapat langsung membagikan video tersebut kepada seluruh pengikut akun Instagram bisnismu.

  • Life Lapse (Android, iOS)

Anda dapat membuat video. berdurasi cukup lama, dengan begitu Anda dapat membuat video stop motion untuk menampilkan produk Anda. Fitur ini pun juga beragam, Anda dapat menambahkan sebanyak-banyaknya foto, serta menentukan ukuran video,mengatur kecepatan gambar serta memasukan musik didalamnya.

  • Hype Type (iOS)

Tools ini memiliki banyak koleksi font dan animasi. Pembuatan caption dapat dengan mudah dilakukan. Hasil videonya dapat langsung dibagikan kepada pengikut akun Instagram bisnismu.

  • Instagram Tools untuk Marketing

Setelah konten siap untuk dibagikan, pastikan terlebih dahulu konten yang Anda buat mampu menjangkau khalayak luas. Tools di bawah ini mampu membantu Anda untuk meningkatkan jumlah follower dan konten yang dibagikan dapat berinteraksi dengan banyak orang disaat yang sama.

  1. Repost for Instagram (Android)

Anda dapat memanfaatkan konten yang berasal dari followers akun Instagram bisnis Anda. Anda dapat melakukan penambahan sumber, menyalin caption dari gambar sebelumnya. Kemudian konten siap diterbitkan pada Instagram bisnis Anda.

  • AutoHash (Android)

AutoHash menggunkan AI untuk mengenali obyek yang ada pada suatu gambar dan setelah itu akan memberikan rekomendasi yang relevam demgan gambar yang ada. AutoHash  seacara otomatis membatasi hastag sevanyak 30. Setelah itu, anda dapat menyalin dan meletakan pada konten.

  • Display Purposes (Web)

Penggunaan tools ini sangat mudah, tinggal masukan suatu keyword ataupun hastag  yang sudah ada. Secar aotomatis Instagram akan memberikanpopularitas dan tingkat relevasi dari tiap hastag yang telah direkomendasikan.

  • Instagram Tools untuk Penjadwalan

Anda harus rutin menerbitkan konten pada akun Instagram bisnismu agar followers tetap setia mengikuti akunmu. Meskipun kelihatannya sepele, hanya sekedar menerbitkan saja. Namun, terkadang Anda lupa untuk update konten diInstagram dengan rutin.

Berikut tersedia tools diInstagram yang memungkinkan Anda dalam mengatur jadwal penerbitan konten. Tidak hanya memungkinkan Anda untuk dapat menerbitkan melalui handphone saja, melainkan juga melalui desktop. Berikut merupakan toolsnya:

  1.  Sked (Android, web, iOS)

Sked memiliki fitur yang bagus dan sangat direkomendasikan untuk Anda yang memiliki bisnis. Tidak hanya sebegai aplikasi penjadwal saja, tool ini juga dibekali dengan fitur editing foto yang tidak kalah bagus dengan yang lainnya.

Anda dapat menerbitkan beberapa konten sekaligus, sehingga Anda tidak perlu mengatur jadwal berulang-ulang kali. Cukup hanya sekali pengaturan saja.

Fungsi unggulannya yaitu mampu diakses melalui desktop, terdapat fitur untuk editing foto serta dapat menerbitkan konten secara massal.

  • Later (Android, web, iOS)

Tidak kalah dengan yang lainnya, tools ini juga menyuguhkan fitur-fitur yang beragam. Tidak hanya berfungsi untuk mengatur penjadwalan saja, namun dapat digunakan juga untuk riset hastag dan melakukan regram.

Later dapat melakukan penjadwalan untuk berbagai macam konten. Mulai dari gambar, video, stories, hingga konten album. Namun dalam menjadwalkan konten jenis video dan stories hanya teredia diversi berbayar.

Fitur unggulannya adalah mendukung penjadwalan berbagai jenis konten, terdapat fitur preview, dan juga dibekali dengan berbagai fitur seperti halnya fitur riset hastag dan regram.

  • Hootsuite(Android, web, iOS)

Hootsuite dapat memungkinkan Anda untuk menjadwalkan konten di Instagram dari jauh-jauh hari. Akan muncul pemberitahuan apabila tools ini akan segera menerbitkan konten.

Keunggulannya adalah terdapat pemberitahuan sebelum konten akan diterbitkan dan waktu free trial yang cukup lama.

  • Buffer (Android, web, iOS)

Tools berikut pastinya sudah banyak dikenal dikalangan pebisnis online, karena layanannya yang memungkinkan Anda untuk menerbitkan konten diplatform Facebook dan Twitter. Namun, sekarang tools ini sudah tersedia apada media sosial Instagram. Anda dapat melakukan penerbitan secara langsung menggunakan web maupun aplikasi yang telah tersedia.

Adapun fitur premiumnya yang dapat menjadwalkan konten jenis stories dan memberikan fitur analytic yang digunakan untuk menganalisis performa.

Fitur unggulan dari buffer ini ialah dapat digunakan secara Cuma-Cuma serta fitur premiumnya yang bagus.

  • Instagram Tools untuk analisis dan  Monitoring Data

Terdapat tools diInstagram yang dapat Anda gunakan untuk menganalisis dan monitor data, membantu Anda untuk melihat performa bisnis yang Anda kembangkan diInstagram dari berbagai sisi. Dengan begitu, Anda akan mengetahui apakah sudah mencapai target yang ditetapkan. Tools Instagram ini sangat krusial dalam mengembangkan bisnis yang Anda miliki.

  1. Instagram Insights (Android dan iOS)

Tools gratis ini secara otomatis dapat mengubah Akun Instagram yang Anda miliki menjadi Akun bisnis. Meskipun penggunaannya diberikan secara cuma-cuma, Instagram Insightmerupakan tools Instagram dengan fitur yang cukup lengkap untuk keperluan menganalisis dan monitoring data.

Anda dapat mengetahui demografi audiens, konten mana yang terpopuler, impression, hingga jangkauan konten bisnis Anda. Yang lebih menarik lagi adalah mampu membandingkan performa konten biasa dengan konten yang diterbitkan dengan dibantu Instagram Ads.

Keunggulannya adalah tersedia secara otomatis pada akun bisnis dan dapat digunakan secara gratis.

  • Awario (Web)

Salah satu tools terbaik yang digunakan untuk memonitor media sosial, beberapa fiturnya adalah pemberitahuan apabila pengguna media sosial mentio akun bisnis Anda. Penggunaannya pun sangat mudah.

  • Sprout Social (Android, web, iOS)

Tak hanya dapat menganalisis, namun juga dapat digunakan untuk menganalisis konten yang Anda terbitkan. Selain itu, tools ini mampu memonitor hastag dan komentar yang diberikan followers akun Instagram bisnis milik Anda. Tools ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin meningkatkan engagement.

  • Social Insider (Web)

Social Insider adalah salahh satu tools yang kaya akan fitur bermanfaat. Beberapa fitur bermanfaat yang dapat Anda gunakan antara lain mampu mengetahui hastag yang memiliki engagement terbaik, mampu memonitor desktop, dapat membandingkan profil dan tentunya masih banyak lagi yang dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis Anda.

  • Iconosquarei (Android, web, iOS)

Iconsquare merupakan Tools 3-in-1 yang dapat menjadwalkan konten, memonitor apa yang sedang ramai diperbincangkan oleh netizen, serta menganalisis performa bisnis Instagram Anda. Analisis yang ditunjukan yaitu engagement, impressions, jangkauan dan perfotma stories. Dengan fitur yang tersedia, Anda dapat merancang strategi promosi yang sesuai dengan apa yang sedang viral dikalangan masyarakat.

Demikian Instagram tools yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan hasil sesuai dengan yang diinginkan. Anda juga harus merencanakan strategi marketing yang tepat untuk menunjang keberhasilan bisnis. Anda juga bisa menggunakan jasa social media management untuk lebih menghemat waktu serta efisiensi budget.