Skip to toolbar

Bahan Alami Sebagai Obat Cacing untuk Kucing

Sebagai penyayang kucing, pasti tidak ingin apabila cacingan menyerang kesehatannya. Cacingan yang terdapat pada kucing, bisa menyebabkan kucing gampang terkena penyakit. Untuk mencegah cacingan pada kucing, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Salah satu cara yang paling mudah dilakukan yakni memanfaatkan bahan alami sebagai obat cacing untuk kucing.

Bahan Alami yang Bisa Dijadikan Obat Cacing untuk Kucing

  1. Minyak kelapa

Sejak dahulu, minyak kelapa sangat ampuh untuk mengobati cacingan pada kucing. Minyak kelapa memiliki kandungan asam kaprilat yang mampu membunuh cacing yang ada dalam pencernaan di tubuh kucing. Caranya dengan menuangkan minyak kelapa ke sendok, lalu suapkan pada mulut kucing. Apabila kucing menolak dengan cara tersebut, bisa dengan cara mencampurkan minyak kelapa dengan minuman dan makanan kucing.

  • Lidah buaya

Antiseptik yang ada pada tumbuhan lidah buaya bisa membersihkan cacing yang ada pada usus kucing. Cukup dengan meminumkan gel lidah buaya yang telah didinginkan pada kucing yang cacingan. Takarannya hanya sekitar satu sendok teh saja. Apabila terlalu banyak diberi gel lidah buaya, makan kucing bisa merasa tidak nyaman pada perutnya.

  • Kunyit

Obat cacing untuk kucing yakni salah satunya kunyit. Campurkan ekstrak kunyit dan madu, lalu minumkan kepada kucing yang cacingan. Dianjurkan meminumkan ke kucing pada malam hari, sehingga pada pagi harinya cacing beserta telurnya bisa dikeluarkan. Selain itu, kunyit juga mampu membunuh virus yang terdapat pada tubuh kucing.

  • Minyak jarak

Efek membersihkan pencernaan yang dimiliki oleh minyak jarak bisa membunuh cacing dan telur melalui kotoran. Racik minyak jarak dengan madu dan seduh menggunakan air hangat sebelum memberikannya pada kucing. Umumnya, beberapa waktu setelah mengonsumsi minyak jarak, kucing akan buang air besar dan cacing ikut keluar bersama dengan kotoran.

  • Delima

Buah delima sangat baik dijadikan obat cacing untuk kucing. Hal tersebut karena buah delima memiliki manfaat untuk membuang parasit berupa cacing dan telur yang ada dalam usus. Buah delima bisa diminumkan kepada kucing yang cacingan dengan cara dijadikan jus.