Skip to toolbar

Aturan Kenaikan Golongan PNS dan Gajinya

Golongan PNS dan gajinya saling berhubungan. Lama MKG serta pangkat yang dimiliki juga memiliki pengaruh sama. Namun, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk menerima kenaikan dalam jenjang karirnya. Bagi yang tertarik menjadi bagian di dalamnya, berikut ringkasannya.

Aturan Kenaikan Pangkat dan Golongan

  • Jenis Reguler

Jenis kenaikan pangkat regular diberikan kepada aparatur sipil yang telah memiliki kedudukan pada jabatan fungsional dan struktural, termasuk di dalamnya PNS. Syaratnya pemberian harus tidak boleh lebih tinggi dari atasan langsung orang tersebut. Biasanya untuk mendapatkannya dibutuhkan sekurang-kurangnya 4 tahun pada posisi terakhir disandangnya.

Syarat dokumen untuk dipenuhi meliputi, SK tugas terakhir, dan juga SKP paling tidak 2 tahun terakhir. Untuk kenaikan yang melibatkan pindah golongan dari I ke II dan sebagainya, harus mengikuti ujian dinas dengan berbagai ketentuan yang diberlakukan di sana. Karena nantinya ini akan berpengaruh besar terhadap perubahan pada tingkatan golongan PNS dan gajinya.

  • Jenis Pilihan

Sama dengan sebelumnya kenaikan ini diberikan kepada pihak aparatur sipil negara yang telah menduduki jabatan fungsional. Syaratnya biasanya paling tidak 2 tahun menjalankan tugas pada tingkatan terakhirnya, sebelum pengajuan. Memenuhi aturan angka kredit yang telah ditentukan. Capaian penilaian kinerja harus baik serta berjalan selama  kurang atau lebih dari 2 tahun.

Sedangkan bagi pegawai dengan jabatan struktural berlaku beberapa ketentuan sedikit berbeda. Dimana memiliki MKG selama 1 tahun di jabatan sebelumnya atau terakhir. Penilaian dihitung saat pelantikan sudah dilakukan. Selain itu semuanya berlaku sama seperti jenis regular.

  • Jenis Kenaikan Pengabdian

Pada pemberian kenaikan pangkat untuk jenis pengabdian berbeda dengan dua sebelumnya. Dimana ini lebih ditujukan pada seorang dengan status diberhentikan secara hormat ataupun telah meninggal dunia selama menjalankan masa jabatannya. Biasanya paling tidak sudah mencapai MKG selama 30 tahun.

Terdapat beberapa kelengkapan berkas untuk mendapatkannya seperti Sk pengangkatan. Utamanya paling akhir untuk jabatan sebelum pengajuan, penilaian 2 tahun terakhir, ijazah dan transkrip nilai, serta beberapa ketentuan lainnya.

Setiap kenaikan pangkat pada golongan PNS dan gajinya juga saling mempengaruhi. Ketika berada di puncak maka akan banyak sekali besaran nilai juga tunjangan setelahnya.