Pengertian Wawasan Nusantara Fungsi dan Tujuannya

Dalam arti yang sederhana wawasan nusantara merupakan segala pengetahuan mengenai bangsa Indonesia baik itu wilayah, rakyat, peraturan, dll. namun demikian penting bagi kita semua untuk merasuk ke dalam artian yang sesungguhnya dari wawasan nusatara sebagai semangat patriotic.

Berikut ini akan kami sajikan mengenai pengertian, fungsi, dan tujuan dari wawasan nusantara. Simak selengkapnya dalam penjelasan di bawah ini. Sebelum lanjut mungkin anda tertarik membaca teks laporan percobaan singkat di link aktif tersebut agar kita makin pandai dalam menulis.

Pengertian Wawasan Nusantara

Wawasana nusantara adalah sikap bangsa Indonesia dan cara pandangnya terhadap jati diri sendiri dan wilayah geografisnya yang didasarkan pada Pnacasila dan UUD 1946. Setiap bentuk perintah dan peraturan di dalam Pancasila dan UUD 1945 harus ditaati, diikuti, dan dipatuhi oleh masih-masing komponen pembentuk bangsa.

Wawasan nusantara sebagai filosofi bangsa menjadi tujuan, kepentingan, solidaritas, dan kerjasama yang utuh dan solid dari seluruh rakyat Indonesia.

Fungsi Wawasan Nusantara

  • Wawasan nusantara berfungsi sebagai pertahanan nasiona yang telah terkonsep. Wawasan ini digunakan sebagai pertahanan dan keamanan nasional, pembangunan, dan terirotial
  • Fungsi kedua dari wawasan nusantara yaitu sebagai wawasan terhadap pengembangan kesatuan politik, kohesi sosial, dan kesatuan keamanan dan pertahanan.
  • Pandangan geopolitik tanah air bangsa Indonesia yang meliputi seluruh wilayah dan kekuasaan Negara
  • Fungsi terakhir dari wawasan nusantara adalah sebagai wawasan regional yaitu batas Negara untuk menghindari risiko sengketa kewilayahan dengan Negara tetangga,

Tujuan Wawasan Nusantara

Wawasan nusantara memiliki dua tujuan utama yaitu tujuan keluar dan tujuan ke dalam. Tujuan keluar dari wawasan nusantara dapat disimak dari uraian UUD 1945 bahwa kemerdekaan bertujuan untuk melindungi seluruh bangsa dan rakyat Indonesia. Mencerdasakan segala bangsa dan turut serta dalam membentuk ketertiban dunia yang didasarkan pada perdamaian abadi dan keadilan social.

Sedangkan tujuan ke dalam dari wawasan nusatara adalah memberikan semangat persatuan kepad seluruh aspek kehidupan baik kehidupan sosial maupun alam dengan menjunjung tinggi kepentingan nasional. Tak hanya itu, wawasan nusantara juga berfungsi untuk mengatur kemakmuran rakyat, perdamaian, dan martabat seluruh bangsa Indonesia.

Demikian ulasan lengkap mengenai pengertia, fungsi, dan tujuan dari wawasan nusantara. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *