Skip to toolbar

Home » Pendidikan » Berapakah Biaya Homeschooling dari Program Homeschooling di Surabaya?

Berapakah Biaya Homeschooling dari Program Homeschooling di Surabaya?

Berapakah Biaya Homeschooling yang Mesti Dibayar Jika Mendaftar Program Homeschooling di Surabaya?

Sekali lagi, judul itu diajukan dgn beranggapan kalau prosedur belajar yg diterapkan dalam homeschooling diselenggarakan sama sebuah instansi.

Bila diasumsikan bahwa homeschooling ialah pendidikan rumah, yang diprakarsai oleh orang tua, tentu saja besarnya biaya yang dikeluarkan dalam penyelenggaraan homeschooling di tiap-tiap keluarga dapat berbeda-beda.

Bayangkan aja seperti saat anda makan. Setiap keluarga mempunyai menu dan juga biaya makan yg berlainan. Seperti itulah kiranya penyelenggaraan homeschooling yg semata-mata sekolah rumah.

biaya homeschooling surabaya Shine
SHINE homeschooling surabaya

Fasilitas dan juga kurikulum pembelajaran yang diadakan bakal sangat mempengaruhi besarnya jumlah budget penyelenggaraan homeschooling. Itulah yg disebut fleksibilitas pembiayaan homeschooling.

Jikalau anda memutuskan buat mandiri tanpa memakai pelayanan dari instansi edukasi tertentu semisal homeschooling primagama, maka sama sekali tidak ada budget bulanan yg wajib anda bayarkan. Dana yang dibayar merupakan semua pengeluaran yg ditujukan langsung untuk proses belajar anak-anak.

Keunggulan homeschooling yaitu pembiayaan yang bisa menyesuaikan. Tiap-tiap keluarga homeschooling bisa menyesuaikan budget dana pendidikan dan memaksimalkan biaya yg dibayarkan karena punya kendali penuh atas pemanfaatan dana yg dikeluarkan.

Maka sekalipun dengan budget yg terbatas pelaksanaan homeschooling tetap dapat dijalankan dengan beberapa trik berikut ini: pemakaian buku bekas menjadi alternatif pengganti buku baru, buat sarana belajar pakailah sedapat mungkin sarana publik kayak perpustakaan kota, menyusun materi belajar sendiri, bertukar pengetahuan (saling mengajar dengan keluarga Homeschooling yang lain), dan sebagainya.

Sedangkan keluarga yang keuangannya cukup dapat menggunakan program-program internasional, mendaftarkan putrinya pada lembaga homeschooling yg ada di Kota Surabaya misalnya SHINE Homeschooling Surabaya, menggunakan jasa tutor khusus yang kompeten, mendaftarkan anak anda pada tempat kursus yang ia sukai, memberikan sarana belajar di rumah, dll.

Poinnya, biaya bisa diatur sesuai ekonomi orang tua. Sementara jikalau keluarga lebih memilih instansi formal dan kurikulumĀ  dari luar pastilah ada biaya berkala yang wajib anda keluarkan setiap bulan. Orangtua serta anggota keluarga harus kreatif buat menyiasati pelaksanaan homeschooling dengan menggunakan sarana yg berbeda dari lembaga formal, jikalau tidak siap dengan harga layanan lembaga pendidikan formal.

Yang terbaik adalah tetaplah mengalokasikan dana untuk pendidikan, seakan-akan anak anda disekolahkan di sekolah umumnya. Jikalau orangtua sebenarnya sanggup menyekolahkan di sekolah populer di Kota Surabaya, maka saran saya dana itu sebaiknya dianggarkan guna pengadaan homeschooling yg bermutu juga, akan tetapi oleh karena semua dapat dikontrol sendiri maka pemanfaatannya bisa sungguh-sungguh maksimal sesuai dengan keperluan anak.

Nah untuk biaya homeschooling di lembaga homeschooling surabaya yang diakui pemerintah, seperti PENA, biayanya tidak mahal sekali kok. Tentunya diharapkan dengan biaya yang masih terjangkau, program homeschooling bukan cuma hak masyarakat kelas menengah ke atas, tapi bahkan masyarakat kelas menengah pun dapat menikmati program homeschooling ini. Lebihnya lagi, ijazah, sertifikat dll akan diakui oleh pemerintah karena memang merupakan lembaga pendidikan yang sah. Jadi anda tidak perlu kuatir bila nantinya anak anda akan bekerja di perusahaan-perusahaan nasional ataupun internasional.

Berikut biaya homeschooling Surabaya saat artikel ini ditulis. Uang pangkal yang dibutuhkan untuk program SD adalah 8 jt, dengan SPP perbulan Rp 1.100.000. Untuk program SMP, uang pangkal 9jt, dengan SPP lebih mahal 100rb yaitu Rp 1.200.000. Sementara untuk program SMA, uang pangkal 10jt, dengan SPP Rp 1.300.000.

Nah semoga informasi biaya homeschooling diatas benar-benar membantu anda memilih pendidikan untuk buah hati anda. Terimakasih