Home » Teknologi » Ini Dia Jenis Alat Bor Pile

Ini Dia Jenis Alat Bor Pile

bore pile

Bor pile memang menjadi unggulan dalam pemasangan pondasi bangunan, memang tidak bisa dipungkiri bahwa pondasi ini memilki beberapa keunggulan dan juga manfaat yang banyak, serta cara pelaksanaannya juga mudah dan sederhana. Namun kali ini yang akan di bahas bukan cara pelaksaannya tetapi jenis alat yang di gunakan saat pemasangan pondasi, seperti apa kira-kira berikut ulasannya.

Mini Crane

Sebagian orang sudah tau akan alat yang satu ini, apalagi anda yang mungkin melakukan pemasangan pondasi, tidak bisa dipungkiri alat ini memang selalu ada dan sedia untuk membantu yaitu Mini Crane. Dengan menggunakan mesin ini, maka anda bisa memilih diameter sesuai keinginan anda mulai yang dari 30 cm, 40 cm, 50 cm sampai 60 cm dan juga 80 cm.

Selain itu dengan mesin bore pile mini crane ini, anda dapat memilih dengan kedalaman 6 meter sampai 24 meter dan bisa juga lebih loh, wah luar biasa bukan. Metode pengeboran yang dilakukan adalah metode basah atau wash borring ini , jadi anda harus mempersiapkan air yang banyak agar pelaksanaan pondasi ini mudah dilakukan.

 

Ada beberapa keunggulan pada mesin Mini Crane ini, yaitu

– Sangat praktis

– Memudahkan proses pengeboran

– Tidak mengakibatkan getaran, juga tidak mengkibatkan kebisingan pada lingkungan sekitar

– Telah memenuhi syarat teknik serta spesifikasi pada bangunan.

 

Strauss Pile

Yang kedua ialah alat strauss pile yang berbeda dari sebelumnya, karena alat yang satu ini menggunakan proses yang secara manual, dimana untuk memutar mata bornya harus menggunakan tenaga manusia. Nah untuk metode yang digunakan pada strauss pile ini menggunakan metode bor pile kering atau dry boring yang berbeda dari mini crane.

Sebenarnya alat ini tidak jauh berbeda dengan alat yang sebelumnya, alat ini juga sama yaitu lebih praktis digunakan karena komponen pada alat ini sangatlah simpel, dan mudah saat pelaksanaannya, serta tidak akan ada bising dalam pengeboran. Dan tentunya alat ini sangat pas untuk digunakan para proyek yang berskala menengah, contohnya pabrik, gudang, perumahan, pasar, kantor beserta yang lainnya.

Hanya saja alat ini memiliki sedikit kekurangan, yaitu terbatasnya ukuran diameter yang dimana hanya mampu mengebor dengan diameter 20 cm, 25 cm, 30 cm dan 40 cm saja. kenapa ukurannya hanya terbatas, itu karena disebabkan hubungan antara tenaga penggerak manusia yang kecil dan berbeda dengan tenaga mesin. Tentunya cara ini hanya di gunakan oleh skala kecil saja.

Itulah alat yang di gunakan pada saat pemasangan pondasi bore pile, perlu anda ingat bahwa disaat melakukan pemasangan pondasi harus menganalisa tanah yang tepat hal ini dikarenakan berpengaruh seberapa dalam pondasi yang digunakan. Dan juga harus selalu ditemani oleh para pekerja yang sudah professional, agar tidak terjadi sesuatu yang tidak di inginkan.

Skip to toolbar