Skip to toolbar

Home » Wisata » Berlibur Ke Tempat Wisata Unik Pulau Waigeo Raja Ampat

Berlibur Ke Tempat Wisata Unik Pulau Waigeo Raja Ampat

Aktivitas sehari-hari seperti bekerja dan belajar membuat penat badan dan pikiran Anda. Membuat Anda harus memilih liburan sebagai sarana untuk beristirahat sejenak dan mengganti suasana. Suasana pegunungan yang sejuk sering dijadikan pilihan, namun banyak juga yang memilih pantai sebagai tempat untuk berlibur. Salah satu tempat liburan yang unik di Indonesia adalah Pulau Waigeo Raja Ampat. Anda bisa menggunakan Jasa Tour Raja Ampat untuk mengisi liburan anda. Pulau Waigeo sendiri merupakan gugusan pulau di bagian barat laut Papua, letaknya sekitar 65 km dari pulau paling eksotis di Indonesia itu. Untuk sampai ke pulau ini, Anda perlu menggunakan pesawat menuju ke Sorong. Setelah itu barulah menyeberang menggunakan kapal yang membutuhkan waktu hampir 3 jam. Hati-hati untuk Anda yang mudah mabuk kendaraan, siapkan obat-obatan yang diperlukan selama perjalanan panjang tersebut.

Paket tour raja ampat

Keunikan Pulau Waigeo Raja Ampat yang Menarik Minat Wisatawan

Pulau Waigeo ini merupakan salah satu pulau terbesar dan termasuk dalam empat pulau utama kepulauan Raja Ampat. Di sini terdapat Kota Waisai di sebelah barat pulau. Kota ini merupakan ibukota dari Kepulauan Raja Ampat. Selain merupakan daerah ibukota kabupaten, Pulau Waigeo Raja Ampat sendiri memiliki wisata yang harus Anda coba satu persatu. Berikut adalah wisata yang disediakan di pulau Waigeo daerah Raja Ampat ini.

 

  1.  Wisata Diving

Banyak wisatawan dalam dan luar negeri yang datang ke kepulauan ini demi melakukan satu hal, yaitu diving. Spot untuk diving di pulau ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi, karena alamnya yang masih asri dan pemandangan bawah laut yang luar biasa indahnya. Maka tidak heran kalau banyak wisatawan yang mau mengantre untuk melakukan diving di Pulau Waigeo Raja Ampat. Baik untuk pemula maupun profesional, berhati-hati saat menyelam di perairan sekitar pulau ini. Seindah apapun pemandangannya, keselamatan adalah yang nomor satu. Maka, ikutilah petunjuk dari instruktur menyelam dan jangan merusak apapun yang Anda sentuh di bawah air.

 

  1. Pertunjukan membersihkan ikan pari

Pertunjukan paling unik di pulau ini adalah adanya populasi ikan pari yang menjadi tontonan untuk wisatawan. Seakan tidak takut akan manusia yang menontonnya, sekelompok ikan pari akan menari dan bersolek di bawah air dengan bantuan manusia. Apakah hal itu bisa dilakukan? Di Pulau Waigeo Raja Ampat ini, kegiatan tersebut sudah biasa. Beberapa orang, yang tentunya sudah berpengalaman, akan masuk ke air dan membersihkan ikan pari satu per satu di dalam air. Para ikan pun tidak keberatan disentuh dan dibersihkan oleh manusia. Bahkan katanya mereka sangat senang melakukan kegiatan ini selama berjam-jam sehingga Anda bisa menontonnya dengan puas. Pemandangan yang unik bukan?

 

  1. Spot fotografi

Anda memang bisa melakukan selfie dan berfoto bersama penduduk setempat dan pemandangan yang ada di pulau ini. Namun, Anda akan merugi jika tidak melakukan foto bawah air bersama makhluk-makhluk laut yang ramah dan tidak takut kepada manusia. Banyak juga fotografer profesional yang datang ke sini untuk mengabadikan keindahan bawah air Pulau Waigeo Raja Ampat. Sekali lagi, hati-hati ketika melakukan kegiatan bawah air, karena sekalipun bukan hewan yang benar-benar berbahaya, ada juga spesies yang beracun dan bsia membahayakan kesehatan Anda.

 

  1. Tempat hiu berenang dan tidur

Perairan sekitar pulau ini merupakan tempat favorit untuk berbagai jenis ikan. Setelah melihat ikan pari dan ikan-ikan kecil lainnya, Anda bisa melihat hiu dari dekat. Di kedalaman kurang dari 30 meter, Anda bisa melihat melalui jernihnya air biru para hiu yang sedang berenang atau bahkan tidur. Hanya ada beberapa spot yang disukai oleh para hiu sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk melakukan diving.

 

Pemandangan ini termasuk langka di Pulau Waigeo Raja Ampat, karena hiu terkenal sebagai hewan yang ganas dan suka menyerang manusia. Namun di sini, hanya ada hiu sirip putih dan hiu sirip hitam. Hiu sirip hitam sendiri ukurannya tidak terlalu besar sehingga tidak perlu diwaspadai sebagai ancaman.

 

  1. Mencari Mangkwap

Nama tersebut mungkin membuat Anda bertanya-tanya. Namun untuk para fotografer alam liar, nama ini bukanlah nama yang bisa Anda abaikan begitu saja. Mangkwap adalah nama lokal untuk kalkun Brujin berkepala merah, hewan yang dipercaya sudah punah sampai tahun 1999. Pada tahun 2001, pencarian hewan ini membuahkan hasil karena terbukti hewan tersebut masih hidup dan berkeliaran di Pulau Waigeo Raja Ampat, meskipun kemungkinan hanya tinggal sedikit. Fotografer yang berhasil mengabadikan sosoknya akan sangat dihargai, baik orangnya maupun hasil karyanya. Karena foto tersebut akan dianggap hampir setara dengan harta karun.

 

  1. Wayag

Puncak keindahan Raja Ampat ada di salah satu daerah Waigeo ini. Yaitu di kepulauan Wayag yang masih tercatat sebagai salah satu daerah di Waigeo. Meskipun namanya adalah kepulauan, namun kebanyakan pulau di tempat ini adalah gundukan karang yang ditumbuhi oleh pohon. Namun hamparan hijau dan biru yang tersebar tidak merata tersebut menjadi salah satu daya tarik yang sangat disarankan untuk dikunjungi. Bagi yang memiliki stamina yang kuat maka Anda bisa mencoba mendaki gunung karang yang berada di puncak pulau dengan kemiringan hampir 90 derajat. Tertarik mencobanya?

 

Tempat wisata di Raja Ampat tersebut bisa menjadi tempat pilihan untuk membuat pengalaman unik selama liburan. Pulau Waigeo Raja Ampat sendiri memiliki akomodasi yang cukup lengkap sehingga Anda tidak perlu khawatir tidak mendapat penginapan.