Home » Teknologi » Cara Mengatur Fokus Canon 1300D

Cara Mengatur Fokus Canon 1300D

Bagi para pecinta fotografi baik pemula ataupun professional kamera dari canon yaitu canon 1300D pastinya sudah sangat dikenal, dimana kamera ini merupakan kamera berjenis DSLR. Kamera ini biasanya digunakan oleh beberapa fotografer professional untuk digunakan dalam mengambil objek yang memiliki banyak detail.

Jika kalian ingin tahu spesifikasi lengkap dari Kamera Canon 1300D bisa cek di website caramendapatuang.com Untuk sebagian orang mengambil gambar hanya sekedar menekan tombol shutter, namun apabila kita ingin mendapatkan gambar yang tajam dan detail, kita juga harus tahu tentang yang namanya fokus.

Didalam setting kamera canon 1300D ini kita akan menemukan 2 settingan yaitu Auto Focus (AF) dan Manual Focus (MF). Kita bisa menerapkan keduanya dengan situasi yang berbeda. Berikut ini cara mengatur fokus canon 1300d  yang dapat kalian lakukan:

Cara Setting Auto Focus Canon 1300D

Untuk melakukan fokus pada settingan Auto Focus (AF)

  1. Sebelumnya kita tekan dahulu menu setting pada kamera, kemudian kebagian Focus setting dimana kita tetapkan pada bagian AF.
  2. Untuk melakukan Auto Focus, terlebih dahulu kita harus mencari objek dari gambar yang akan kita ambil, kemudian kita tekan separuh saja tombol shutter dan yang terjadi adalah lensa akan secara otomatis mencari titik focus.
  3. Setelah titik focus sudah didapat kita bisa langsung menekan kebawah seluruhnya untuk mendapatkan foto yang tadi kita targetkan.

Keuntungan dari menggunakan auto focus adalah kita tidak perlu bersusah payah mencari titik fokus menggunakan tangan kita karena dengan menekan separuh tombul shutter maka kita akan langsung mendapatkan fokus, namun selain kelebihan pasti ada kekurangan, dimana apabila kita menggunakan auto focus ini, hanya terbatas pada objek tertentu saja bisa diterapkan fokusnya, di beberapa objek dengan keterbatasan pencahayaan biasanya auto focus ini tidak bisa mendukung.

Cara Setting Manual Focus Canon 1300D

Untuk melakukan pengaturan fikus pada settingan Manual Focus (MF)

  1. Pergi kebagian setting kamera dengan menekan tombil setting, kemudian ke bagian Focus setting dan pilih Manual Focus (MF).
  2. Bila kita akan menggunakan manual focus, yang pertama kita cari adalah objek foto, kemudian sebelum kita memotret objek tersebut kita harus melakukan beberapa penyesuaian.
  3. Penyesuaian yang pertama adalah pada bagian diafragma kamera, kita bisa memutar ke kiri untuk jarak yang jauh sedangkan memutar kekanan untuk mendekatkan objek.
  4. Setelah kita mendapatkan jarak yang bagus kita tekan separuh tombol shutter.
  5. Setelah tertekan setengah tombol, jempol tangan kanan kita memutar ring fokus yang ada di sebelah kanan untuk mendapatkan fokus yang kita inginkan.
  6. Setelah mendapatkan fokus sesuaikan badan kamera agar tidak goyang atau tidak miring, sehingga nantinya kita bisa mendapatkan gambar yang jelas dan tajam.

Keuntungan dari menggunakan manual focus adalah kita bisa dengan sesuai keinginan kita untuk bisa mendapatkan fokus yang kita inginkan, sedangkan untuk kelemahan dari manual focus ini adalah tidak cocok digunakan bagi para pemula fotografi karena selain agak rumit, untuk melakukan penyesuaiannya pun tidak mudah, maka dari itu bagi para pemula disarankan menggunakan auto focus.

Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan titik fokus pada kamera canon 1300D. bagi yang kesulitan dalam menentukan titik fokus disarankan untuk menggunakan auto focus, namun bila ingin belajar menjadi fotografer professional bisa melatih bidikan kamera menggunakan manual focus yang ada pada kamera ini

Skip to toolbar