Skip to toolbar

Home » Komputer » Ketahui 5 Hal Akan Terjadi Akibat Komputer Terkena Virus

Ketahui 5 Hal Akan Terjadi Akibat Komputer Terkena Virus

akibat kompter terkena virus
Ketahui 5 Hal Akan Terjadi Akibat Komputer Terkena Virus – pa jadinya kalau sebuah komputer tidak terpasang anti virus? Enteng si pastinya kinerjanya. Tetapi sangat riskan sekali terlebih sekarang ini setiap saat terkoneksi dengan internet. Yang bisa mendatangkan virus tanpa kita undang sekalipun.
 
Kalau di biarkan saja maka virus ini akan membahayakan perangkat tersebut. Sebab data – data penting yang ada bisa di ambil. Selain membahayakan kepemilikan akan data pastinya kalau di biarkan maka pasti akan merusak sistem operasi yang ada.
 
Bukan hanya itu ternyata bisa juga merusak dan menghilangkan data yang ada. Bahkan bisa juga merusak hardware yang ada. Mengapa begitu? Karena perangkat dan komponen nya di suruh bekerja lebih keras dan juga di luar batas maksimal. Sehingga lambat laun akan mengalami overload kerjanya.
 
Untuk lebih detail dan jelas, akan di jebarkan hal – hal yang menghawatirkan bila komputer terserang virus. Simak ya !!!
 
1. Program Error
Bila sebuah program itu teriveksi sebuah virus maka bisa jadi tidak akan bisa di gunakan. Saat di buka akan error dan bisa juga bisa bisa di buka tetapi tidak lama akan close sendiri atau hang. Tidak hanya itu beberapa aplikasi yang ekstensinya .EXE akan menghilang dan bila ketemu di buka tidak akan bisa di jalan.
 
2. Komputer jadi lemot
Ketika virus itu sudah menyerang komputer pastinya akan mengincar sistem operasinya sehingga menjadi lumpuh. Ketika sudah lumpuh yang terjadi adalah perangkatnya akan menjadi sangat lemot. Bila lemot maka akan mempengaruhi semuanya baik aplikasi yang ada juga.
Bila menyerangnya sampai parah yang terjadi adalah ketika menghidupkan komputernya akan membutuhkan waktu yang lebih lama. Dan bila sampai selesai booting pun akan tetap lambat kinerjanya. 
 
3. Komputer blue screen
Bila komputer sampai mengalami blue screen atau layar monitor berwarna biru menandakan bahwa OSnya sendiri sudah parah. Kalau sudah seperti ini maka jalan satu – satunya agar bisa berfungsi normal dengan melakukan install ulang. Bagi yang tidak tahu atau tidak sempat memperbaikinya maka memanggil service komputer panggilan bisa di lakukan. Bila di instal ulang datanya hilang dong? Tenang saja, itu tidak akan terjadi seharusnya bila yang melakukan ini adalah teknisi yang berpengalaman.
 
4. Data di sembunyikan
Banyak yang melakukan penyimpanan data di HD komputer pada umumnya. Dengan menyimpannya di HD yang ada akan memudahkan sekali dalam mengambil data ketika di perlukan. Tetapi bagaimana bila data penting itu kena virus? Ada 2 kemungkinan : pertama datanya akan rusak dan yang kedua akan di sembunyikan. Bila ternyata datanya rusak  jelas tak dapat di buka dan itu kerugian besar sekali. Bila di sembunyikan sebenarnya masih bisa di tarik kembali, tetapi tidak ada jaminan normal lagi. Bila di hidden / sembunyikan data bisa di akses hanya saja biasanya kosong. Dan masih bisa di tarik kembali dengan cara tertentu.  
 
5. File Rusak
Betul sekali bila virus sangat bisa merusak file yang ada pada penyimpanannya. Dari sekian banyak data yang di serang jenis data microsoft office dan juga aplakasi – aplikasi yang ada.
Bila file microsoft ofice rusak ketikan di buka seringnya isi yang di dalamnya beranakan alias hancur tidak beraturan. Umumnya aplikasi mentahan berskstesien .EXE bisa di serang sehingga ketika mau di install tidak bisa di gunakan.
 
Bila komputer sudah terserang virus bagaimana cara penangananya? Umumnya akan menginstall antivirus? Tidak salah melakuan itu, tetapi sebenarnya sia – sia saja karena sistem operasinya sendiri sudah bermasalah. Sehingga kalau ada pun akan menambah berat saja.
Langkah paling tepat adalah dengan install ulang seperti perjelasan di atas. Semua persoalan akan selesai. Untuk melakukanya di butuhkan waktu sekitar 2 – 4 jam agar bisa kembalai normal. 
 
Untuk yang di jakarta dan sekitarnya memilih jasa service komputer jakarta suatu cara tepat. Bila ada langsung kontak dan lakukan janji kapan bisa memperbaikinya. Banyak yang menyediakan jasa ini tetapi tidak banyak yang mampu memberikan pelayanan yang memuaskan. Sehingga anda harus lebih teliti lagi di dalam memilihnya.