Skip to toolbar

Home » Kesehatan » Manfaat Tak Terduga dari Lidah Buaya

Manfaat Tak Terduga dari Lidah Buaya

Indonesia merupakan Negara tropis yang memiliki kekayaan alam melimpah. Salah satunya lidah buaya , namun orang lebih  sering menyebutnya dengan sebutan aloe vera. Lidah buaya mempunyai nama latin yaitu Aloe barbadeniss Milleer. Kebanyakan orang sudah kenal dengan tanaman hijau ini karena memiliki khasiat yang sangat banyak.

Lidah buaya mengandung kaya akan vitamin, mineral lengkap, tinggi antioksidan,asam amino, enzim, asam lemak ,dan gula(monosakarida). Dari segi kandungan nutrisi, kandungan dalam lidah buaya bersumber dari gel lendirnya. Gel lidah buaya ini tidak bewarna, tidak berbau, tidak mempunyai rasa, serta aman digunakan bagi tubuh dan lingkungan.

Manfaat Tak Terduga dari Lidah Buaya

Selain untuk mempercantik rumah anda sebagai tanaman hias, dan sebagai bahan baku cuci piring, lidah buaya juga memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan anda seperti diulas di blog clubwanita.com. Mari kita bahas secara singkat satu persatu manfaatnya.

  1. Lidah buaya dapat bekerja sebagai pencahar, kejang, asma, pilek, radang, sembelit, depresi, diabetes, glaucoma sclerosis, varises, dan peradangan sendi.
  2. Lidah buaya juga dapat dioleskan pada kulit untuk membantu mengatasi masalah keriput pada area mata,  meredakan masalah kulit seperti jerawat, gatal pada kulit, luka bakar, kulit terbakar karena sinar matahari dan kulit kering.
  3. Kandungan vitamin C pada aloe vera berguna untuk mempercepat penyembuhan sariawan atau luka dimulut
  4. Meningkatkan kekebalan tubuh dengan bantuan vitamin C, polisakarida, antioksidan,mineral yang terdapat dalam lidah buaya. Nah, jus yang mengandung lidah buaya bisa jadi pilihan tepat agar daya tahan tubuh anda meningkat.
  5. Menurunkan berat badan dengan mengkonsumsi gel  lidah buaya setiap 2x hari. Kandungan serat yang tinggi dapat mengikat lemak dan melancarkan pencernaan sehingga penyerapan  nutrisi berjalan dengan baik serta mencegah adanya penimbunan lemak. Namun, jangan lupa diiringi dengan olahraga dan makan makanan yang sehat.
  6. Aloe vera juga  memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Kandungan anti mikorbanya bisa mengatasi infeksi pada kulit kepala dan mencegah kerontokan rambut. Anda bisa langsung mengaplikasikannya ke rambut. Jika ingin lebih praktis dan tidak ribet, anda bisa membeli sampo yang sudah mengandung  lidah buaya.

 

Namun, tidak semua orang bisa merasakan khasiat dari lidah buaya. Beberapa orang yang mengalami gangguan pada usus, penderita ginjal, wasir, dan orang yang mau menjalani operasi sebaiknya menghindari mengkonsumsi lidah buaya. Ibu hamil dan menyusui juga dianjurkan untuk menghindarinya agar kondisi janin tetap terjaga dengan baik.

Bahan alami lainnya seperti lidah buaya ini bisa digunakan sebagai cara memutihkan kulit badan, selain murah dan mudah dilakukan juga bahan ini tidak sulit ditemukan disekitar kita. Dan bahan ini adalah bahan yang sangat terkenal di dunia kesehatan dan perawatan kecantikan.

Dengan banyaknya manfaat lidah buaya yang sudah kita bahas tadi, sungguh bermanfaat bukan jika anda menanam tanaman hijau satu ini di halaman rumah! Perawatan aloe vera tidaklah sulit dengan intesitas cahaya matahari yang cukup, tanah yang kering, aloe vera akan mudah tumbuh jika disiram secara rutin.