Skip to toolbar

Home » Pendidikan » Peran Klorofil A Dan B

Peran Klorofil A Dan B

Peran  Klorofil A Dan B – Klorofil merupakan salah satu bagian terpenting dalam susunan tumbuhan. Klorofil hanya dapat ditemukan di tumbuhan hijau. Selain itu, bagian yang bertanggung jawab dalam proses fotosintesis itu juga dapat ditemukan di ganggang atau alga hijau dan cyanobacteria atau bakteri fotosintetik. Klorofil sendiri ada dua jenis, yaitu klorofil A dan klorofil B.

Tahukah Kamu jika letak dari kedua jenis klorofil tersebut ternyata berada di dalam kloroplas. Lebih tepatnya terkait dengan protein membran integral yang terletak di dalam membran tilakoid. Kedua jenis klorofil tersebut memiliki peran masing-masing. Selain itu, ada perbedaan antara kedua jenis klorofil itu. Berikut adalah informasinya.

Peran Klorofil A dan Klorofil B

Peran Klorofil A

Klorofil A merupakan jenis klorofil yang paling banyak dijumpai dalam satu tumbuhan. Totalnya adalah 75% dari total jumlah klorofil. Klorofil jenis ini bertanggung jawab dalam proses fotosintensis, karena klorofil ini berperan untuk menyerap cahaya serta menyediakan energi agar fotosintesis dapat berlangsung.

Klorofil A dapat menyerap spektrum cahaya secara efektif pada panjang gelombang 429 nm dan 659 nm. Panjang gelombang 429 nm merupakan warna violet-biru, sedangkan panjang gelombang 659 nm merupakan warna oranye-merah. Klorofil A merupakan pencerminan dari warna biru-hijau atau hijau tua.

Peran Klorofil B

Klorofil B merupakan klorofil yang berperan untuk mengumpulkan cahaya. Cahaya yang telah terkumpul kemudian diteruskan ke klorofil A dimana pada klorofil ini terjadi proses fotosintesis fase I atau reaksi terang yang terdiri dari fotosistem I dan II. Jumlah klorofil B terbanyak terjadi pada fotosistem I.

Klorofil B sangat efektif menyerap spektrum cahaya yang memiliki panjang gelombang 455 nm dan 652 nm. Spektrum cahaya dengan panjang gelombang 455 nm merupakan cahaya dengan warna violet, sedangkan 652 nm merupakan warna merah. Klorofil B merupakan pencerminan warna kuning hijau atau hijau muda.

Perbedaan Klorofil A dan B

Rumus Kimia

Klorofil A memiliki rumus kimia C55H72O5N4Mg, sedangkan klorofil B memiliki rumus kimia C55H70O6N4Mg. Gugus pengikat dari klorofil A adalah CH3, sedangkan pada klorofil B adalah CH.

Penyerapan Cahaya

Klorofil A menyerap cahaya warna biru-violet dan merah, sedangkan klorofil B menyerap cahaya berwarna biru dan oranye. Tingkat penyerapan cahaya maksimum pada klorofil A terjadi pada panjang gelombang dari spektrum cahaya pada angka 673 nm, sedangkan untuk klorofil B lebih luas, yaitu 455-640 nm.

Fungsi Utama Klorofil

Secara umum, tidak mengacu pada kedua jenis klorofil yang telah disebutkan, yaitu klorofil A dan B, klorofil memang berperan dalam proses fotosintesis. Klorofil akan melakukan tiga proses dalam fotosintesis, yaitu memanfaatan energi matahari, memicu fiksasi CO2, dan menyediakan energi pada proses fotosintesis secara keseluruhan.

Fiksasi CO2 berfungsi untuk menghasilkan karbohidrat. Karbohidrat yang telah dihasilkan kemudian diubah menjadi protein, asam nukleat, lemak, dan molekul organik lainnya di dalam proses fotosintesis. Klorofil mampuh menampung cahaya yang diserap oleh pigmen lainnya melalui fotosintesis, sehingga klorofil juga disebut dengan pigmen pusat reaksi.

Klorofil merupakan Indikator Kekurangan Air pada Tumbuhan

Tumbuhan hijau yang sedang mengalami kekurangan air akan menyebabkan kandungan klorofilnya berkurang. Hal ini juga berkaitan dengan fotosintesis, karena fotosintesis pada tumbuhan berpembuluh angkut sangat sensitif terhadap kekeringan. Proses fotosintensis yang terganggu akibat kekeringan atau kekurangan air akan berimbas pada jumlah klorofil.

Kekeringan akan menyebabkan laju fotosintesis menjadi menurun. Hal ini juga dibarengi dengan peningkatan suhu dan transpirasi, sehingga menyebabkan terjadinya disentegrasi klorofil. Dengan demikian, kekurangan air pada tumbuhan dapat menyebabkan terhambatnya sintesis klorofil, sehingga jumlah klorofil semakin berkurang.

Bagaimana? Apakah Kamu sudah memahami peran klorofil A dan B pada tumbuhan? Jika Kamu merasa masih ingin tahu lebih lanjut terkait kedua jenis klorofil tersebut, maka Kamu bisa mendapatkannya di aplikasi belajar kekinian Edutore by Gramedia. Dengan aplikasi ini, Kamu bisa belajar tentang klorofil lebih mudah, lengkap, dan menyenangkan.

Tidak hanya itu saja, Kamu juga bisa melakukan berbagai macam Prediksi Soal UN SMA, mulai soal tes CPNS, STAN, STIS, SBMPTN, UNBK, dan tes sejenis lainnya. Edutore telah tersedia dan dapat diunduh secara gratis di Playstore. Jadi tunggu apalagi, segera gunakan aplikasi ini dengan mengunjungi Edutore.com.