Skip to toolbar

Home » Gaya Hidup » Tips Memilih Botol Tumbler yang Aman dan Baik Untuk Kesehatan

Tips Memilih Botol Tumbler yang Aman dan Baik Untuk Kesehatan

Memilih botol minum sama halnya seperti memilih barang elektronik, terlihat sepele namun memusingkan dan tak boleh sembarangan. Apalagi dengan banyak ragam jenis jual tumbler surabaya, tentu membuat kamu semakin bingung bukan?

Nah wadah minum atau yang kerap disebut tumbler ini memang sudah menjadi sebuah gaya hidup bagi masyarakat umum.

Selain untuk menghemat pengeluaran, membawa botol minum sendiri pun terbukti lebih menyehatkan jika dibanding membeli minum kemasan sekali pakai.

Kenyataanya botol minum kemasan plastik sangat tak menyehatkan bagi tubuh, mengingat ada bahan kimia yang sangat membahayakan.

Itulah mengapa kamu harus mempertimbangkan mengenai tips memilih botol minum yang aman dan baik untuk kesehatan :

Macam Macam Tumbler

Pilih berdasarkan materialnya

Banyak botol minum berbahan dasar plastik, mengingat bahannya lebih murah dan mudah dicari.

Ada berbagai jenis botol dari plastik dengan material poliester, polietilena, polikarbonat, hingga polipropilena.

Namun, bila kamu kurang tertarik dengan botol minum yang terbuat dari bahan plastik, kamu bisa memilih material stainless steel.

Material ini tentu tak berbahaya seperti plastik dan lebih tahan lama. Selain itu, bahan stainless steel juga kerap digunakan untuk minuman panas dan dingin.

Yang perlu di ingat, kamu wajib memerhatikan perawatannya, karena botol ini pun dapat membahayakan jika penggunaannya terlalu lama.

Botol Minum Wajib Bebas BPA

Selain material dan kode tingkat keamanannya, ketika memilih botol minum pun harus memerhatikan hal satu ini. Yap, kamu harus memilih botol minum BPA free yang mencantumkan tanda BPA-Free pada kemasannya.

BPA atau Bisphenol-A termasuk bahan kimia yang sangat berbahaya, tetapi kerap digunakan dalam kemasan makanan serta minuman. Saking bahayanya, ternyara BPA dapat menyebabkan cacat lahir, gangguan reproduksi, gangguan otak, hingga kanker bila kamu sering mengkonsumsinya.

Memilih Berdasarkan Cara Minumnya

Umumnya botol minum kekinian didesain dengan unik serta menarik baik dari segi tampilan ataupun pilihan cara minumnya.

Ada berbagai jenis botol minum yang cara minumnya langsung di teguk dari lubang mulut botolnya. Ada pula jenis yang dilengkapi sedotan supaya lebih memudahkan ketika diminum.

Tak hanya itu, kamu pun bisa memilih botol yang dilengkapi cangkir untuk menuangkan minuman. Biasanya jenis botol satu ini terbuat dari stainless steel.

Yang paling penting, gunakan botol yang cara minumnya lebih memudahkan dan membuat nyaman para penggunanya.

Perhatikan Tanda di Bagian Bawah

Cara mudah untuk mengetahui tingkat keamanan wadah minum yakni dengan melihat kode plastik di bagian bawah. Biasanya kamu akan menemukan kode berupa simbol segitiga dengan angka tertentu.

Nah botol material plastik yang aman digunakan berulang kali bisa ditandai dengan kode angka 5 di bawahnya. Dan yang cukup aman digunakan sampai beberapa kali pemakain yakni botol berangka 1, 2, dan 4.

Perlu di ingat! Jangan gunakan botol minum dengan kode angka 3, 6, dan 7 di bawahnya karena sangat berbahaya bagi kesehatan!

Gunakan Botol Minum yang Sesuai Kegunaan

Ada berbagai cetak tumbler minum khusus traveling, khusus untuk hiking, yang imut untuk anak-anak, hingga botol minum multifungsi.

Memilih botol minum dengan tujuan tertentu memang sangat menguntungkan karena akan memudahkan para penggunanya.

Jadi, jangan sampai salah pilih jenis botol minum ya, sahabat tumbler!