Skip to toolbar

Home » Gadget » 10 Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y12i yang Harus Kamu Tahu

10 Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y12i yang Harus Kamu Tahu

Vivo Y12i rilis dengan RAM 3GB serta memori internal 32GB. Smatphone ini menyasar konsumen kelas entry-level dengan harga terjangkau, berkisar Rp 1,7 jutaan saja.

Secara kasta, vivo seri y12i ini merupakan versi downgrade dari vivo y12 yang sudah lebih dulu rilis di indonesia. Selisih harga dari kedua seri tersebut sangat tipis.

Buat kamu yang bingung untuk menentukan pilihan, berikut saya ulas beberapa kelebihan dan kekurangan dari vivo y12i ini, berdasarkan spesifikasi dan harga yang ditawarkan.

Namun sebelum melihat review singkat kelebihan dan kekurangannya, alangkah baiknya kamu lihat dulu spesifikasinya.

Spesifikasi Vivo Y12i

kelebihan dan kekurangan vivo y12i

  • Pilihan Warna : Agate red & Mineral blue
  • Memori : RAM 3GB, Internal 32GB + Slot microSD
  • Sistem Operasi : Android Pie 9.0
  • SoC : Snapdragon 439 (Octa-core 1.95 GHz)
  • GPU : Adreno 505
  • Layar : Panel IPS Berukuran 6,5 inchi
  • Resolusi : HD+ (720 x 1544 pixel), Kerapatan 268 ppi
  • Kamera Depan : 8 MP,¬† AI Beauty, Video 1080p
  • Kamera Belakang : 13 MP + 2 MP, Mode HDR, Bokeh, panorama, LED flash
  • Video : 1080p, fitur time-lapse dan slow motion
  • Sensor : akselerometer, proximity, giroskop (virtual), kompas dan sensor fingerprint
  • Jaringan : 4G LTE, wi-fi, hotspot
  • Jenis USB : Mikro, mendukung USB OTG
  • Kapasitas Baterai : 5000 mAh, jenis Li-po
  • Rilis : Bulan juli 2020

Nah, buat kamu yang tidak terlalu paham spesifikasi HP, atau bingung untuk menentukan pilihan. silahkan lihat ulasan seputar kelebihan dan kekurangan dibawah ini.

Kelebihan Vivo Y12i

1. Desain Bagus dengan Warna Ciamik

desain dan pilihan warna vivo y12i

Tak bisa di pungkiri, rata – rata desain HP buatan vivo memang bagus. Termasuk desain dari vivo y12i ini. Ya, meski bodinya masih terbuat dari bahan plastik, namun tidak terkesan murahan.

Karena vivo memberikan finishing glossy yang tampak mengkilap di bagian belakang bodinya. sehingga terlihat cukup mewah untuk sekelas hp harga 1 jutaan.

Untuk pilihan warna, tersedia warna merah (agate red) dan biru (mineral blue). kalau di tanya bagus yang mana, semuanya saya suka. cuma paling bagus adalah warna merah, lebih stylish.

2. Layar Lebar dan Luas

layar vivo y12i

Vivo Y12i ini memiliki layar yang lebar 6,35 inchi dengan tampilan penuh. Layarnya menggunakan panel IPS dengan resolusi HD+ 720 x 1544 pixel.

Untuk harga 1 jutaan, tentunya layar HP ini masih tergolong bagus. tingkat ketajaman dan kejernihan masuk kategori cukup, dengan kerapatan pixel 268 ppi.

3. Performa Cukup Kencang

Untuk sektor performa, vivo y12i ini ditenagai oleh chipset besutan qualcomm seri snapdragon 439 dengan fabrikasi 12 nanometer.

Prosesor octa-core dengan kecepatan maksimal 1.95 GHz berpadu dengan RAM 3GB.

Diatas kertas, performa vivo y12i tergolong kencang dan cukup tangguh. Masih nyaman untuk penggunaan harian, maupun bermain game yang tidak terlalu berat.

4. Kamera Mumpuni

kamera vivo y12i

Untuk fotografi, vivo y12i ini mengandalkan dual kamera belakang dengan resolusi 13 MP dan 2 MP. Untuk kamera depan, vivo menyempatkan kamera resolusi 8 MP dengan fitur beauty yang berbasis AI.

Untuk saat ini, konfigurasi dual kamera memang sudah cukup tertinggal. rata – rata hp 1 jutaan sekarang sudah pakai triple kamera, bahkan quad kamera.

Namun dikelas harga 1 jutaan, jumlah kamera tidak terlalu mempengaruhi hasil foto. Kamera vivo y12i ini masih mampu menghasilkan foto yang bagus, efek bokeh juga bisa dengan berbekal lensa depth beresolusi 2 MP.

5. Sensor Lengkap

Meski harganya cukup terjangkau, namun vivo y12i ini memiliki sensor yang tergolong lengkap.

Tersedia sensor fingerprint sebagai fitur keamanan dengan sidik jari, sensor kompas untuk menentukan arah, hingga giroskop yang berfungsi untuk menikmati konten virtual reality.

6. Baterai Awet

Baterai vivo y12i

Poin yang paling menarik dari vivo y12i ini adalah sektor daya. Karena memiliki baterai dengan kapasitas besar 5000 mAh.

Dengan kapasitas baterai besar, chipset cukup hemat daya, resolusi layar yang tidak terlalu tinggi. diatas kertas, maka daya tahan baterai vivo y12i ini akan awet.

Kekurangan

1. Belum Mendukung Fast Charging

Baterai besar dan awet memang iya, namun sayangnya belum dilengkapi dengan fitur fast charging. sehingga proses pengisian daya akan lama.

2. Giroskop masih virtual

Sensor giroskop pada vivo y12i ini masih jenis virtual, alias software. Saat digunakan main game untuk AIM, biasanya giroskop jenis ini memiliki tingkat akurasi yang rendah.

Soal akurasi memang giroskop berbasis hardware lebih bagus.

3. Hanya dual kamera

Seperti yang saya kutip pada bagian kelebihan, vivo Y12i ini masih menggunakan dual kamera belakang yang sudah banyak ditinggalkan berbagai merek smartphone saat ini.

Dengan kisaran harga Rp 1 jutaan, rata – rata sudah pakai triple kamera, seperti xiaomi dengan seri redmi 9C, realme dengan seri C12. Lalu vivo ? ada juga, yakni vivo Y12.

4. Kurang layak untuk dibeli

Dengan beberapa pertimbangan kekurangan, dan perbandingan spesifikasi dengan vivo Y12. maka vivo Y12 ini tidak layak untuk kamu beli.

Mengapa ? Karena vivo y12i masih pakai dual kamera, sementara kakaknya, vivo Y12 sudah menggunakan triple kamera. Harganya pun sama.

Tertarik dengan Vivo Y12 ? Silahkan lihat harga dan spesifikasinya di halaman Hp vivo terbaru di situs hpsaja.

Kesimpulan

Vivo Y12i ini sebenarnya bagus, performa oke, baterai awet, layar lebar dan kamera mumpuni. Namun dengan harga yang sama, vivo Y12 lebih menarik, karena menggunakan triple kamera.