Skip to toolbar

Home » Berkebun » 3 Jenis Anggur Import Mudah Berbuah di Indonesia

3 Jenis Anggur Import Mudah Berbuah di Indonesia

Anggur merupakan tanaman buah merambat yang masuk dalam keluarga vitaceae. Buah anggur sangat disukai banyak orang, sehingga banyak yang tertarik untuk membudidayakan tanaman buah ini. Tanaman anggur mudah berbuah apabila ditanam pada daerah dataran rendah terutama di tepi-tepi pantai dan menggunakan media tanam tanah berpasir yang subur dan mengandung humus. 

Buah anggur dapat tumbuh pada daerah dengan curah hujan yang minim, dengan rata-rata curah hujan 800 mm pertahun. Serta memiliki suhu rata-rata 31 derajat pada siang hari dan 23 derajat pada malam hari. Beberapa syarat tersebut dipenuhi oleh negara tropis seperti Indonesia. Di indonesia sendiri terdapat beberapa jenis anggur yang terbukti hidup dan tumbuh beberapa diantaranya adalah jenis anggur import. Bukan hanya itu, jenis anggur import ini merupakan jenis anggur yang mudah berbuah ketika di tanam di tanah Indonesia.

Saat ini sudah sangat banyak jenis anggur import yang dibudidayakan di Indonesia, selangkapnya terkait jenis anggur import bisa anda cek disini https://www.bibitbuahku.com/. Sangking banyaknya, membuat banyak masyarakat bingung memilih varietas anggur yang mana yang akan ditanam. Dan berikut kami sederhanakan untuk anda 3 anggur paling direkomendasikan.

1. Anggur Carnival

Anggur carnival merupakan jenis anggur import asal Ukraina. Meskipun disebut sebagai jenis anggur mudah berbuah, anggur carnival masih terbilang jenis anggur baru.Bibit anggur carnival masih tergolong langka dan sulit dicari. Anggur ini memiliki bentuk dan warna yang menarik sehingga banyak diburu oleh penghobi tanaman anggur. Bentuk buahnya silindris dengan ujung buah agak mengerucut. Warna buah anggur ini merah saat sudah matang. Rasanya pun manis dengan sedikit rasa asam.

Anggur Carnival terkenal karena memiliki sifat genjah atau mudah berbuah. Bisa dibayangkan anggur mudah berbuah ini dapat mulai dipanen ketika baru berumur 1 sampai dua tahun setelah penanaman dengan menggunakan bibit grafting (sambung pucuk).

2. Anggur  Ninel

Anggur ninel juga merupakan jenis anggur import yang berasal dari Ukraina. Memiliki warna yang cantik serta citarasa yang menyegarkan serta termasuk jenis anggur mudah berbuah, membuat anggur ini menjadi primadona baru bagi pencinta anggur nusantara. Anggur ninel memiliki warna merah keunguan yang cantik serta rasa yang manis bercampur dengan rasa asam, tingkat kemanisan buah anggur ini bahkan mencapai 22 brix lebih tinggi dari jenis anggur lain yang rata-rata hanya mencapai 18 brix serta tingkat keasaman 8-9 g/1 kadar gula 17–18%.

Selain rasa dan warnanya, anggur ninel merupakan jenis anggur mudah berbuah yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Sifatnya yang genjah terlihat dari kecepatannya berbuah yang hanya membutuhkan waktu 1 sampai 2 tahun sejak masa penanamannya menggunakan bibit hasil dari  stek batang. Selain itu faktor berbuahnya sampai 80% dari tunas dengan semak-semak yang kuat.

Anggur ninel mencapai tingkat kematangan yang sempurna pada usia 130 hari, tandan buahnya besar mencapai 1.000-3000 gram, dengan berat 12 – 15 gram/butir. Kulit buah anggur ini tipis dengan bentuk bulat sedikit oval dengan tekstur daging buah yang padat dan juicy karena mengandung air yang cukup banyak.

3. Anggur Transfiguration

Jika anda asing dengan jenis anggur transfiguration, anggur ini merupakan jenis anggur meja (table grape) serta jenis anggur mudah berbuah. Anggur ini dikenal memiliki ukuran buah yang besar, satu buahnya memiliki rata-rata berat 12 sampai 18 gram perbutir. Selain itu anggur ini memiliki penampakan yang menarik, bentuk buahnya lonjong papiler dengan warna kulit merah kekuningan saat sudah matang.

Memiliki tekstur daging buah yang padat, renyah , dan juicy karena memiliki kandungan air yang cukup banyak, serta sedikit berbiji. Rasa buah anggur ini merupakan yang paling manis diantara jenis buah anggur meja lainnya.

Anggur transfiguration disebut anggur mudah berbuah karena tingkat produktifitasnya yang tinggi. Dalam satu tandan anggur ini bisa berbuah sekitar 50 sampai 100 butir anggur dengan berat sekitar 700 sampai 1500 gram. Sedangkan satu pohon dapat menghasilkan 20 dompolan. Selain itu anggur ini dikenal memiliki kemampuan adaptasi yang tinggi, kuat terhadap hama, penyakit, dan juga tahan terhadap jamur.

Jika anda berminat untuk membudidayakan anggur import. Ketiga jenis anggur mudah berbuah tersebut bisa menjadi alternatif bagi anda untuk memulai.

sumber:

Jual Bibit Anggur Ninel – Jenis Anggur Import Unggul Yang Genjah Mampu Berbuah di Indonesia

Cara menanam bibit anggur yang tepat