Skip to toolbar

Home » Hewan » 4 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memutuskan Memelihara Kucing Persia

4 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memutuskan Memelihara Kucing Persia

Kucing Persia merupakan salah satu ras kucing favorit di kalangan cat lovers. Bentuk kucing persia yang waw dan warna bulunya yang indah membuat pamornya tak turun turun. Oleh sebab itu, harga untuk 1 ekor kucing Persia bisa mencapai hingga puluhan juta, tergantung usia dan gen yang dibawanya.

kucing persia
Yang perlu Anda tahu, kucing Persia memang sudah terkenal sebagai salah satu ras kucing yang perkembangbiakannya dilakukan secara sistematis oleh para peternak. Hal ini bertujuan demi menghasilkan kucing Persia dengan gen yang bagus. Sehingga diternakan sedemikian rupa.
Nah, ini juga yang membuat harga dari kucing Persia bisa dibilang cukup mahal. Karena memang ditangkarkan dan dipelihara dengan baik demi mendapatkan anakan yang bagus dengan bulu yang indah.
Oleh sebab itu, Dikutip dariĀ myhewan.com sebaiknya sebelum Anda memutuskan memelihara kucing Persia, perhatikan keempat hal ini.
1. Biaya Perawatan Kucing
Jadi faktor pertama yang harus Anda pertimbangkan dan Anda siapkan adalah perihal biaya perawatan kucing. Pasalnya kucing Persia biasa diternakan maka otomatis sudah terbiasa makan makanan kucing berkualitas. Jadi Anda harus bisa estimasi berapa biaya yang perlu digunakan untuk membeli makanan.
Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan seperti biaya grooming, biaya kesehatan, dan biaya asuransi hewan. Anda harus mengira ira dan mentotal kisaran pengeluaran perbulan atau pertahun untuk perawatan kucing Persia.
Jika Anda rasa bisa memenuhinya silahkan mulai mencari informasi mengenai kucing seperti apa yang akan Anda beli. Namun bila Anda merasa tidak bisa mencukupi, sebaiknya tunda dulu dan pikirkan lagi, atau coba untuk memelihara ras lain.
2. Tempat Tinggal / Kandang
Nah hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah masalah kandang. Anda perlu memikirkan akan bagaimana nantinya, apakah kucing akan dikandangkan atau dibebaskan berkeliaran. Kenapa ini sangat penting ? Karena untuk menghindari stress pada kucing dan juga menghindari bahaya lain.
Jadi misal kucing dikandangin terus, takut kucing jadi stress. Namun jika dibiarkan berkeliaran hingga keluar rumah. Maka takut membahayakan nyawanya. Apalagi jika rumah Anda di dekat jalan raya tanpa pintu gerbang. Sangat rawan kucing main di jalanan. Jadi Anda harus benar benar mempertimbangkanya.
3. Lingkungan kucing
Lingkungan kucing juga menjadi hal yang sangat penting. Pastikan jika Anda akan memelihara kucing Persia. Maka tidak ada hewan lain yang berpotensi menyerangnya. Misalnya kucing kampung yang galak, atau Anda memiliki hewan lain seperti anjing. Namun anjingnya gak suka kucing. Maka hal hal seperti itu patut Anda waspadai.
Pastikan lingkungan aman untuk kucing yang akan Anda pelihara nantinya. Ini demi menjaga tidak ada hal hal yang tidak diinginkan.
4. Memahami Karakteristik Watak Kucing Ras Persia
Jika Anda merupakan pecinta kucing yang sudah lama terjun ke dunia perkucingan, maka akan paham tentang bagaimana perbedaannya watak kucing masing-masing ras. Misal watak kucing Persia tentu akan berbeda dengan watak kucing kampung maupun Anggora.
Contoh sederhananya, kucing Persia telah dikenal memiliki watak yang cukup temperamental sehingga mudah sekali marah dan stress. Jadi intinya Anda harus mencari informasi selengkap lengkapnya agar ketika memeliharanya tidak terlalu kebingungan dengan berbagai kondisi yang terjadi.
Apalagi ini kucing Persia termasuk kucing mahal, jadi kalau terjadi hal yang tidak diinginkan, tentu selain Anda akan merasakan kehilangan yang sangat dahsyat, Anda juga dapat kehilangan peliharaan Anda yang mahal.