Skip to toolbar

Home » Berkebun » Alat Pertanian yang Modern

Alat Pertanian yang Modern

Zaman semakin berkembang, begitu juga dengan hadirnya teknologi canggih seperti alat pertanian yang modern. Hal ini lebih memudahkan para petani dalam menggarap sawahnya lebih cepat dan efisien. Dengan demikian waktu tanam hingga panen akan sangat mudah sekali.

Alat Pertanian yang Modern

Perkembangan dunia teknologi kini merambah ke dalam area pertanian. Di mana fungsi dari alat tersebut menjadikan kemudian bagi para petani. Banyak sekali negara yang menggunakan kecanggihan peralatan tersebut. Berikut daftar alat-alatnya.

Kendaraan Traktor

Pada masa tradisional terdahulu kebanyakan para petani menggunakan hewan sapi atau kerbau ketika ingin menggarap ladangnya. Namun seiring berkembangnya zaman, terciptalah sebuah kendaraan modern bernama traktor. Kegunaannya sendiri untuk membajak tanah sebelum ditanami.

Kendaraan traktor ini mempunyai roda besar di bagian belakang dan lebih kecil yang didepan. Mesinnya sendiri sangat kuat dan bandel sehingga mampu menerjang setiap rintangan. Kelebihannya sendiri dapat dioperasikan hanya dengan satu pengendara saja.

Alat Garuk Berbentuk Sisir

Apabila dulu para petani menggunakan cangkul ketika ingin menggemburkan tanah di ladangnya. Memang alat tersebut lebih lama, karena fungsinya sangat terbatas dengan kemampuan sang pencangkul. Jika kekuatan tubuh mulai lemah, maka pekerjaan akan terhenti. Namun seiring dengan semakin berkembangnya teknologi modern, kini telah tercipta sebuah alat garuk berbentuk seperti sisir. Fungsi utamanya adalah sebagai penggembur tanah pada saat sawah dalam kondisi basah. Penggunaan peralatan ini tergolong cepat, karena digerakkan oleh mesin traktor.

Alat Garuk Berbentuk Piringan

Kembali kepada fungsi cangkul adalah untuk membolak balik tanah di bawah menuju keatas. Namun aktivitas tersebut sangat membutuhkan tenaga banyak serta durasi waktu yang lama. Oleh karena itu di ciptakanlah peralatan modern berupa garuk berbentuk piringan. Kemudian penggunaan garuk berbentuk piringan ini adalah untuk membolak-balik tanah dengan cepat. Sebab sedidi dari beberapa bagian yang terpasang tetap di bagian belakang traktor.

Selain itu juga dapat dengan maksimal membersihkan tumbuhan rumput liar. Demikianlah pembahasan tentang alat pertanian yang modern. Jadi zaman semakin berkembang, maka manfaatkan kecanggihan teknologi untuk menggarap sawah dengan maksimal.

Sumber: https://www.kebun.co.id/