Skip to toolbar

Home » Teknologi » Apa Itu CCTV

Apa Itu CCTV

Kini kita akan membahas seputar pengertian CCTV. CCTV adalah singkatan dari Closed Circuit Television yang merupakan sistem keamanan dimana alat ini akan melakukan pengawasan dengan menggunakan kamera yang menghasilkan gambar visual dari tempat dimana CCTV tersebut dipasang. Dalam bahasa Indonesia yang baku, CCTV dinamakan dengan televisi sirkuit tertutup.

Ini dapat digunakan untuk mengawasi apa saja mulai dari halaman rumah, ruang tamu dan bayi. Selain itu dengan dipasangkan kamera kepada bagian tertentu ruangan, maka secara psikologi orang akan merasa selalu diawasi sehingga tindakan kriminal dapat diredam.

Penggunaan CCTV umumnya dipakai pada gedung perkantoran, sekolah, mall ataupun rumah biasa. Karena kini telah muncul kesadaran untuk mengamankan segala macam hal agar lebih aman, maka kebutuhan CCTV juga semakin meningkat.

Apa Itu CCTV

Bagian terpenting dan paling utama dari CCTV adalah kamera karena dengan kamera gambar dari tempat dipasangnya CCTV bisa dipantau. Bagian CCTV lainnya adalah monitor, dan juga DVR.

DVR mempunyai fungsi untuk merekam dan juga memutar kembali video yang direkam oleh kamera. Sedangkan monitor berguna untuk menampilkan hasil gambar yang telah ditangkap oleh kamera.

CCTV awalnya digunakan untuk kebutuhan militer Amerika Serikat dalam tes keselamatan. Namun dalam perkembangannya CCTV dipakai untuk kebutuhan keamanan. Ini dimulai pada tahun 1968 di daerah Olean, New York, Amerika Serikat. Ini dimaksudkan agar tindakan kejahatan dapat terekam dan kamera ini langsung terhubung dengan monitor di kantor kepolisian di daerah Olean.

Dengan adanya CCTV ini, pihak kepolisian jadi lebih mudah untuk memantau orang lain, dan juga mengenali orang yang melakukan tindakan kriminal. Kini CCTV telah sangat umum digunakan di gedung perkantoran atau bahkan digunakan di rumah.

Dengan adanya CCTV tindakan kriminal dapat diketahui dan buktinya bisa didapatkan. Di Inggris Raya, orang yang pertama kali menggunakan CCTV adalah King’s Lynn Norfok. Penelitian telah membuktikan bahwa tempat yang dipasangkan CCTV mendapatkan tindakan kriminal yang jauh lebih sedikit ketimbang yang tidak menggunakan kamera pengawas CCTV.

Daweta.net sebagai kontraktor dalam bidang teknologi siap melayani permintaan untuk kantor dan perumahan untuk pengadaan jasa dan barang CCTV.