Skip to toolbar

Home » Pendidikan » Bagaimana Menjawab Pertanyaan Wawancara Beasiswa Paling Umum

Bagaimana Menjawab Pertanyaan Wawancara Beasiswa Paling Umum

Setelah kamu melamar beasiswa, organisasi pemberi beasiswa mungkin mengundang untuk wawancara. Tanggapanmu terhadap pertanyaan wawancara beasiswa dapat menentukan kelayakan kamu untuk penghargaan tersebut. Luangkan waktu untuk menyiapkan jawaban yang mewakili diri kamu dengan baik karena berkaitan dengan beasiswa. Pada artikel ini, kami akan membagikan tips wawancara beasiswa dan metode untuk menjawabnya.

Apa Pertanyaan Wawancara Beasiswa?

Pertanyaan wawancara beasiswa biasanya merupakan pertanyaan terbuka yang akan ditanyakan oleh perwakilan dari organisasi pemberi beasiswa untuk mempelajari lebih lanjut tentang diri kamu. Berdasarkan jawaban kamu, pewawancara memutuskan apakah diri kamu memenuhi syarat untuk mendapatkan beasiswa dan apakah tujuan kamu sesuai dengan tujuan mereka.

Banyak perguruan tinggi seperti Kampus UPH dan organisasi mewawancarai pelamar beasiswa teratas mereka untuk menentukan pelamar mana yang akan menerima penghargaan. Mengetahui bagaimana mempersiapkan tanggapan wawancara beasiswa dapat membantu kamu merasa percaya diri dan siap selama wawancara.

Bagaimana Menjawab Pertanyaan Wawancara Beasiswa

Yang terbaik adalah menanggapi pertanyaan wawancara beasiswa seolah-olah kamu sedang berbicara dengan pewawancara. Berikut adalah lima langkah yang dapat Anda ambil untuk mempersiapkan jawaban yang tenang dan mengesankan:

Latihan

Untuk mendapatkan kenyamanan menjawab pertanyaan wawancara beasiswa, berlatihlah dengan teman, guru atau anggota keluarga. Mintalah umpan balik sehingga Anda dapat merencanakan tanggapan yang efektif. Selain itu, melatih postur yang baik dan sikap terbuka saat Anda berbicara. Yang terbaik adalah tidak mengingat jawaban Anda sehingga Anda tidak terdengar terlalu terlatih.

Lakukan riset tentang wawancara

Kunjungi situs web program atau institusi untuk mempelajari tentang latar belakang, misi, dan pengumuman terbarunya. Melakukannya dapat membantu Anda lebih memahami nilai dan tujuannya. Jika Anda tahu siapa yang akan melakukan wawancara Anda, Anda mungkin menemukan profil jaringan profesional mereka untuk meninjau latar belakang mereka dan koneksi atau minat yang mungkin Anda bagikan. Juga, luangkan waktu untuk meninjau persyaratan beasiswa dan esai beasiswa Anda, yang kemungkinan merupakan alasan utama Anda mendapatkan wawancara.

Tetap santai

Menjawab pertanyaan wawancara beasiswa biasanya lebih mudah saat Anda tenang. Lakukan latihan relaksasi, seperti pernapasan dalam, sebelum melakukan wawancara. Tersenyumlah, jabat tangan pewawancara dengan kuat dan jadilah diri sendiri. Bertindak percaya diri dan pantas mendapatkan beasiswa.

Jelas dan ringkas

Luangkan beberapa detik untuk memikirkan tanggapan Anda sebelum mulai berbicara. Kemudian, coba tanggapi dengan singkat. Bicaralah dengan jelas dan pertahankan kontak mata dengan pewawancara Anda.

Gunakan metode STAR

Akronim teknik respon wawancara ini adalah singkatan dari Situation (kejadian atau masalah tertentu), Task (peran Anda dalam situasi tersebut), Action (langkah apa pun yang Anda ambil untuk menyelesaikan atau memperbaiki situasi) dan Result (dampak dari tindakan Anda). Siapkan jawaban berdasarkan contoh kehidupan nyata sehingga keduanya menarik namun ringkas.

Dalam hal wawancara perilaku, teknik respons STAR akan membantu Anda menyusun respons yang menarik dan ringkas sambil menjawab pertanyaan pewawancara secara menyeluruh. Pastikan jawaban Anda jujur ​​dan berikan hasil yang positif saja.

Sedikit tips di atas semoga bisa membantu kamu untuk mempersiapkan wawancara beasiswa. Selalu latih atau minta bantuan orang terdekat untuk bermain peran seperti wawancara. Kamu juga bisa mencari informasi tentang beasiswa di Kampus UPH.